Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini.
Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini.

Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini, Ukuran Mini Kemampuan RTX

Teknologi zotac review kartu grafis geforce rtx vga
Cahyandaru Kuncorojati • 19 Agustus 2019 10:35
Jakarta: Nama Zotac di pasar komponen PC Gaming sudah dikenal sebagai penyedia jajaran produk untuk PC ramping. Mereka jadi andalan konsumen awal yang baru mencoba merakit PC dengan sasis tower ukuran kecil.
 
Meskipun masih baru tapi konsumen biasanya selalu ingin menggunakan komponen terbaik dan terbaru dipasar, selama bujet mereka mencukupi. Zotac harus diakui cukup pandai melihat peluang. Beberapa waktu lalu mereka merilis kartu grafis berbasis NVIDIA SUPER di ukuran mini.
 
Zotac merilis seri Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini. Seperti yang diketahui bahwa seri NVIDIA GeForce RTX SUPER dirilis dengan membawa peningkat performa lumayan dibandingkan seri GeForce RTX sebelumnya. Dikemas dalam ukuran mini jelas menjadi keahlian dari Zotac.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini, Ukuran Mini Kemampuan RTX
 
Medcom.id beberapa waktu lalu mendapatkan kesempatan dari Zotac untuk menjajal kartu grafis tersebut. Sesuai namanya, Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini hadir dengan ukuran bodi atau frame ramping yang mengusung form factor dua kipas pendingin.
 
Desainnya sangat ringkas dengan panjang sekitar 220mm. Kartu grafis ini diklaim mampu terpasang di sasis PC terkecil sekalipun. Hal ini tidak diragukan, melihat bodi luarnya yang berusaha menyesuaikan ukuran komponen di dalamnya.
 
Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini, Ukuran Mini Kemampuan RTX
 
Dari luar, memang kartu grafis ini tidak memiliki tampilan memikat. Desainnya sederhana, tapi sudah memiliki backplate di bagian belakang PCB. Bagi penggemar efek visual RGB mungkin akan sedikit kecewa karena produk ini tidak menawarkan hal tersebut.
 
Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini hanya menggunakan satu 8-pin power connector. Selain itu dari informasi yang disediakan Zotac, disebutkan juga bahwa produk ini tidak mendukung fitur NVIDIA SLI.
 
Pada sistem pendingin, Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini menggunakan dukungan Zotac Icestorm 2.0. Sistem pendingin ini menggunakan desain heatpipe yang terhubung ke heatsink dengan permukaan yang lebih luas. Zotac mengklaim sistem pendinginnya tetap bekerja maksimal dengan tingkat kebisingan sangat rendah.
 
Terlepas dari tampilan luarnya, Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini memiliki build quality yang tergolong bagus. Mengingat seri NVIDIA RTX Super memilki banyak peningkatan, ukurannya yang mini membuat kartu grafis ini bisa digunakan pada motherboard ukuran apa saja.
 
Bagaimana Performanya?
Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini membawa spesifikasi yang masih mengacu ke NVIDIA GeForce RTX 2060 SUPER versi reference. Keunggulannya adalah spesifikasi tersebut masih lebih baik dari versi non-SUPER.
 
Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini memiliki 2176 core CUDA dan base clock 1470MHz serta boost clock 1650 MHz. Berbeda dari RTX 2060 non-SUPER yang memiiliki 1920 core CUDA dengan base clock 1365MHz dan boost clock 1689MHz.
 
Kemudian Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini dibekali VRAM 8GB 256-bit dan memory bandwidth 448Gbps. Di versi reference,non-SUPER hanya dibekali VRAM 6GB dengan memory interface 192-bit dan bandwidth 336GBps.
 
Jadi yang dilakukan Zotac bisa dibilang membuat kartu grafis NVIDIA tersebut menjadi mini tanpa mengurangi performanya, tapi juga tidak memberikan peningkatan dari versi reference. Kemudian kartu grafis ini diuji pada testbed miliki Medcom.id.
 
Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini dipasang pada motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming dipasang prosesor Intel Core i9-9900K dan menggunakan komponen pendukung lainnya dari testbed.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i7-8700K, Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 2700X, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS Z370-A Prime, ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Pada pengujian pertama Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini diuji menggunakan software 3DMark Fire Strike diperoleh skor 20.086. Angka ini masih tergolong tinggi. Performa selanjutnya diperokeh dari hasil pengujian karti grafis ini untuk memainkan game kelas AAA di resolusi 1080p dengan grafis Ultra.
 
Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini, Ukuran Mini Kemampuan RTX
 
Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini kami uji menggunakan game The Witcher 3: Wild Hunt, World War Z, dan Assassin's Creed Odyssey. Hasilnya, kartu grafis ini mampu memainkan tiga game tersebut di frame rate-rata mencapai di atas 60fps.
 
Artinya, kartu grafis ini berhasil menyajikan performa tinggi dari NVIDIA GeForce RTX 2060 SUPER di dalamnya meskipun tampi dengan ukuran luar yang mini. Kebutuhan I/O Port ditunjang dengan tiga DisplayPort 1.4 dan satu port HDMI 2.0.
 
Kesimpulan
Melihat performa yang ditawarkan Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini masih jadi pilihan terbaik bagi konsumen yang menginginkan kartu grafis terkini di ukuran mini. Mereka yang memiliki membangun PC gaming dengan sasis berukuran kecil tetap bisa mempunyai komonen powerful.
 
Tampil tanpa visual RGB yang menarik perhatian, seharusnya tidak terlalu menjadi masalah apabila performa adalah yang jadi incaran utama. Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini dibanderol di pasar mulai dari harga Rp6 juta.
Zotac Gaming GeForce RTX 2060 SUPER Mini
Plus
  • Desain compact mendukung semua ukuran sasis atau motherboard
  • Spesifikasi tidak mengalami penurunan karena ukuran
  • Performa memuaskan
Minus
  • Tampilan sederhana, tidak ada RGB
  • Spesifikasi harusnya bisa ditingkatkan dari versi reference

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif