NEWSTICKER
MSI Optix MPG341CQR.
MSI Optix MPG341CQR.

Review Monitor

MSI Optix MPG341CQR, RGB Kini tak Cuma Hiasan

Teknologi teknologi msi hardware review monitor
Cahyandaru Kuncorojati • 18 Maret 2020 15:40
Jakarta: Kompetisi perangkat PC gaming terus memanas, tidak cuma dari hardware seperti komponen tapi juga monitor gaming. MSI beberapa waktu merilis produk terbaru di seri monitor gaming lengkung Optix dengan MSI Optix MPG341CQR.
 
Sekilas, desain MSI Optix MPG341CQR tidak berbeda dengan form factor monitor gaming seri MSI Optix MPG Series lainnya, milalnya dari desain bezel dan bentuk kaki penyangga. Perbedaannya di seri ini adalah ukuran layar lengkung yang mengusung 34 inci.
 
Layar lengung MSI Optix MPG341CQR menyediakan sudut pandang 178 derajat yang menurut kami sudah terasa sangat lebar. Ukuran ini lebih pas untuk bermain game atau menonton video ketimbang untuk bekerja. Bezel sangat tipis di bagian kiri-kanan serta atasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bezel dibagian bawah cukup tebal karena menyediakan fitur unggulan dari MSI Optix MPG341CQR yaitu LED RGB GameSense yang nanti akan kami jelaskan. Desin tersebut membuat posisi webcam berada di bezel bagian bawah.
 
Kehadiran webcam di monitor gaming ini memang menjadi nilai plus karena langsung tersedia di perangkat tersebut. Namun posisinya menjadi nilai minus karena memberikan sudut pandang yang aneh.
 
MSI Optix MPG341CQR, RGB Kini tak Cuma Hiasan
 
MSI Optix MPG341CQR menggunakan panel jenis VA dengan yang memiliki dukungan resolusi 3440x1440 UWQHD. Resolusi ini memang belum tentu didukung oleh banyak game sehingga ada beberapa game yang terasa kurang nyaman akibat tampilannya menjadi sangat lebar alias tidak native.
 
Meskpun begitu spesifikasi performa monitor gaming MSI Optix MPG341CQR cukup bagus. Produk ini bisa menyajikan refresh rate hingga 144Hz dengan response time 1ms serta fitur anti-glare. Layarnya masih bisa mendukung konfigurasi tilt and swivel serta mounting VESA.
 
Kontrol menu OSD di monitor gaming MSI Optix MPG341CQR menggunakan 5-way joystik yang ada di balik layar. Di bagian belakang tersedia cukup banyak port. Mulai dari satu DisplayPort, dua port HDMI dan port USB Type-C sebagai alternatif DisplayPort.
 
Kemudian di audio port, MSI Optix MPG341CQR punya audio combo jack. Kemudian di USB port tersedia tiga port USB 3.2 Gen1 Type-A dan satu port USB 3.2 Gen1 Type-B. Port ini bisa mendukung aksesori seperti kamera tambahan dengan menggunakan bracket khusus.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512G, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Di saat perkenalkan produk ini, MSI menyebutkan aksesoris mulai dari bracket kamera atau camera cradle yang bisa dipasang di bagian atas MSI Optix MPG341CQR. Hal ini untuk mendukung kebutuhan para streamer. Juga ada aksesori mouse bunge untuk mengatur kabel mouse gaming di meja sehingag tidak kusut dan mengganggu permainan.
 
MSI Optix MPG341CQR, RGB Kini tak Cuma Hiasan
 
Kini Medcom.id akan menjelaskan fitur GameSense yang hadir pada deretan LED RGB di bagian bawah bezel monitor MSI Optix MPG341CQR. Fitur ini juga mulai hadir di beberapa monitor gaming MSI seri yang lain. GameSense merupakan fitur yang dihadirkan oleh SteelSeries Engine 3.
 
GameSense membuat LED RGB di monitor bisa menjadi indikator HUD dari game yang dimainkan. Cara menggunakannya dengan mengunduh aplikasi SteelSeries Engine 3 dan menghubungkan kabel USB dari monitor ke desktop.
 
MSI Optix MPG341CQR, RGB Kini tak Cuma Hiasan
 
Di dalam software tersebut, Anda bisa memiliki warna dan baris LED RGB yang diinginkan untuk masing-masing HUD pada game. Misalnya dua kolom LED RGB di sisi kiri untuk indikator health dan dua kolom paling kanan untuk indikator ammo.
 
LED RGB tersebut akan berkurang mengikut indikator HUD di dalam game. Fitur ini bisa dikonfigurasi lebih dalam, misalnya berkedip saat status sudah 40 persen kemudian menampilkan dual color atau dua warna yang berubah saat tergantung HUD.
 
Konfigurasi untuk masing-masing game sudah tersedia melalui preset yang ada di fitur GameSenses SteelSeries Engine. Sayangnya, game yang didukung hanya sedikit mulai dari CS:GO, DOTA 2, Minecraft, Gigantic, Utopia 9, dan iFeelPixel.
 
Kesimpulan
MSI Optix MPG341CQRmerupakan monitor gaming yang menurut Medcom.id cukup nyaman digunakan dengan menyajikan layar lengkung dan ukuran 34 inci. Namun desain tersebut tidak akan nyaman saat digunakan untuk bekerja meskipun Anda bisa membuka hingga tiga window aplikasi dengan ukuran yang cukup besar.
 
Monitor gaming ini juga punya kualitas dan performa yang memuaskan. Refresh rate 144Hz dengan response time 1ms tapi resolusi 3440x1440 tadi mungkin membuat beberapa game jadi tidak nyaman. Medcom.id menemukan resolusi di beberapa game jadi tidak tajam karena tidak mendukung secara native resolusi ini.
 
Fitur GameSense membuat LED RGB di monitor gaming tidak hanya sekadar gimmick. Sayangnya, fitur tersebut tidak didukung dengan ekosistem yang siap karena hanya beberapa game saja yang bisa kompatibel dengan GameSense.
 
MSI Optix MPG341CQRdibanderol di kisaran harga Rp16-17 juta. Harga tersebut cukup sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.
MSI Optix MPG341CQR
Plus
  • Ukuran 34 inci lega
  • Refresh rate 144Hz
  • Fitur GameSense
Minus
  • Resolusi tidak didukung banyak game
  • Dukungan GameSense terbatas di beberapa game saja

 

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif