MSI Prestige 14 Evo.
MSI Prestige 14 Evo.

Review Laptop

MSI Prestige 14 Evo, Tipis, Ringan, Intel Evo

Mohammad Mamduh • 27 September 2022 22:11
Jakarta: Laptop yang kami review kali ini adalah MSI Prestige 14 Evo. Dirancang untuk segmen umum dan profesional, ia hadir sebagai jawaban dari MSI untuk mereka yang sedang mencari laptop dengan desain premium dan punya spesifikasi terkini.
 
Berkaca dari pengalaman mencoba laptop profesional mereka sebelumnya, MSI terlihat meningkatkan kualitas dari berbagai aspek. Berikut ulasan kami terkait kekurangan dan kelebihannya.
 

Desain 

Bodi dengan bentuk elegan pada MSI Prestige 14 Evo semakin lengkap berkat balutan warna abu-abu yang membungkus keseluruhan. Ukuran layar 14 inci juga membuat dimensinya ramping dan ideal untuk mobilitas tinggi.
 
Kesan simpel terlihat dari belakang layarnya yang hanya menampilkan logo MSI. Begitu layar dibuka, bodi laptop ini langsung terangkat, memungkinkan sirkulasi udara yang lebih optimal saat dipakai. Fitur engsel ini mungkin sudah pernah kamu dengar atau ditemui pada produk pesaingnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tata letak keyboard MSI Prestige 14 Evo punya kesan familier. Kamu yang pertama kali menggunakan laptop MSI mungkin akan terbiasa dengan keyboard ini. Jarak antar tombol terkesan sangat dekat, tetapi hal ini tidak begitu terasa karena ukuran tombol yang tepat.
 
Pada sisi kanan atas terlihat tombol power dengan efek sentuhan yang sama dengan tombol lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya untuk berhati-hati karena ada kemungkinan ia tak sengaja tertekan. 
 
MSI Prestige 14 Evo, Tipis, Ringan, Intel Evo
 
Di bawah keyboard terdapat touchpad yang ukurannya cenderung melebar. Keuntungannya, pergerakan tangan menjadi lebih jauh, dan cukup membantu saat kamu bekerja dengan aplikasi tertentu. Touchpad merupakan salah satu komponen yang cukup istimewa pada MSI Prestige 14 Evo. 
 
Selain menyediakan pemindai sidik jari pada pojok kiri atas, ia punya feedback tombol yang berbeda dengan laptop lainnya. Feedback ini punya sistem mekanik, sehingga lebih responsif dan memberikan nilai ergonomis. Material touchpad ini juga tak menggunakan plastik yang umumnya memberikan kesan murahan.
 
Sebagai laptop ringkas, MSI Prestige 14 Evo tak banyak menyediakan antarmuka fisik. Ia mengandalkan dua port USB-C untuk baterai dan keperluan lainnya pada pinggir kiri, bersama indikator power dan pengisian baterai.
 
MSI Prestige 14 Evo, Tipis, Ringan, Intel Evo
 
Sementara pada sisi lainnya satu port USB 3.0, pembaca kartu Micro SD, dan jack audio 3,5mm. Untuk menggunakan layar tambahan atau proyektor, kamu harus menggunakan converter dari USB-C ke HDMI atau port yang sesuai.
 

Fitur

MSI Prestige 14 Evo membawa beberapa fitur esensial, baik dari hardware maupun software. Pengunci laptop menggunakan pemindai sidik jari, juga ditambah pengenal wajah melalui webcam 720p yang memanfaatkan infra merah. Kemudian dua port USB-C yang mendukung Thunderbolt 4, tak lupa dengan konektivitas WiFi 6E. 
 
MSI Prestige 14 Evo, Tipis, Ringan, Intel Evo
 
Untuk software, MSI Center Pro hadir untuk membantu mengoptimalkan laptop dalam menjalankan salah satu aplikasi prioritas. Selain itu ia juga bisa mengaktifkan noise cancelling pada mikrofon, sesuai dengan standar laptop Intel Evo generasi ke-3. Dari aplikasi ini kamu juga bisa melihat berapa ruang penyimpanan yang tersisa pada storage yang terpasang.
 

Performa

Masuk dalam jajaran laptop Intel Evo, MSI Prestige 14 Evo menyematkan prosesor Intel Core i5-1240P, dan tentunya GPU Intel Iris Xe. Prosesor ini mungkin bukan yang terkencang, tetapi ia menyediakan efisiensi dan performa yang sangat baik. Perlu diketahui, prosesor Intel P Series menggunakan dua klaster core prosesor, P-Core dan E-Core. P mengacu pada performa, dan E mengacu pada efisiensi.
 
Dengan kata lain, efisiensi baterai merupakan salah satu keunggulannya. Performa lebih jauh bisa Anda lihat pada data di bawah ini. Kami mengujinya dengan beberapa aplikasi benchmark, seperti PCMark, 3DMark, dan Cinebench.
 
PENGUJIAN: PCMark 10 3DMark Night Raid Cinebench R23 (multi/single)
SKOR: 2.647 13.362 7.049/490

Sebagai laptop yang punya baterai efisien, MSI Prestige 14 Evo dapat bertahan selama 9 jam 12 menit saat dipacu dengan benchmark PCMark. Ini cukup bersaing dengan laptop besutan kompetitor yang menggunakan prosesor sama. Dengan skenario penggunaan aplikasi produktif seperti Microsoft Office atau telekonferensi, ia dapat digunakan seharian. Ia juga masih bisa dipakai untuk bermain game ringan.
 
Kesimpulan
Dihargai Rp15.999.000, MSI Prestige 14 Evo adalah laptop dengan desain ringan, ringkas, dan elegan. Bobotnya hanya 1,29 kg, menjadikannya termasuk salah satu laptop teringan di kelasnya.
 
Selain itu, masuknya ke dalam jajaran Intel Evo membuatnya punya berbagai fitur eksklusif yang sangat membantu pengguna bekerja jarak jauh. Satu kekurangan yang mungkin cukup terasa ketika ia telah dipakai beberapa waktu adalah layarnya yang mungkin bisa lebih cerah.
 
SPESIFIKASI MSI Prestige 14 Evo
Prosesor: Intel Core i5-1240P
RAM: 16GB
Storage: 512GB
GPU: Intel Iris Xe
Layar:  14 inci FHD 1920x1080
Berat: 1,27kg
Dimensi: 319mm x 219mm x 15,9mm
Harga: Rp15,9 juta

 
9
MSI Prestige 14 Evo
Plus
  • Ringan dan desain ringkas
  • Performa bagus
Minus
  • Kecerahan layar

 
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif