Smartfren Andromax E2+ berbekal konektivitas jaringan VoLTE.
Smartfren Andromax E2+ berbekal konektivitas jaringan VoLTE.

Smartfren Andromax E2+, Sederhana, Terjangkau, VoLTE

Teknologi smartfren andromax
Lufthi Anggraeni • 18 Juli 2016 22:18
medcom.id, Jakarta: Penetrasi smartphone di Indonesia yang semakin tinggi turut didukung oleh berbagai faktor. Selain dukungan konektivitas jaringan yang semakin cepat, kehadiran perangkat dengan spesifikasi cukup tinggi dan dapat diandalkan juga menjadi faktor pendorong percepatan ini.
 
Tidak hanya faktor tersebut, semakin banyaknya produsen yang menawarkan perangkat dengan harga terjangkau dan berbekal teknologi baru turut menarik minat konsumen, terutama konsumen dengan anggaran terbatas. Hal tersebut juga menjadi cara yang hingga saat ini masih diusung oleh Smartfren, salah satunya melalui Andromax E2+.
 

Desain

Perangkat yang resmi diluncurkan Juni lalu ini, hadir dengan desain tidak jauh berbeda dari perangkat pendahulunya. Mengusung desain berdimensi mungil, perangkat ini tampil elegan dengan bodi berbalut warna hitam. Kesan elegan juga didukung oleh bahan plastik kesat, yang juga menghadirkan kesan tidak licin saat digenggam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Smartfren Andromax E2+, Sederhana, Terjangkau, VoLTE
 
Selain itu, perangkat ini menggunakan bahan serupa metal bertekstur pada bagian sisi perangkat. Pada bagian sisi ini, Anda akan menemukan tomobol volume dan daya di sisi kanan, port USB dan charger di sisi bawah, dan jack audio 3,5mm di sisi atas.
 
Perangkat ini hadir dengan layar 4,5 inci, mampu menghadirkan kemudahan saat mengoperasikannya dengan satu tangan, namun tidak mengurangi kenyamanan saat menikmati konten pada layar. Smartfren juga membekali perangkat dengan tombol sentuh kapasitif Home, Back dan fungsi lain di bawah layar.
 
Pada penutup belakang, Anda akan menemukan lensa kamera yang didampingi lampu flash LED, dan logo 4G LTE di bawahnya, menandakan perangkat ini telah didukung oleh konektivitas jaringan tersebut. Selain itu, Anda juga akan menemukan logo Hisense sebagai produsen rekan Smartfren, berdampingan dengan logo Andromax, sebagai nama resmi perangkat, serta speaker di bawahnya.
 
Smartfren Andromax E2+, Sederhana, Terjangkau, VoLTE
 
Serupa beberapa pendahulunya, ponsel cerdas Smartfren ini masih mengusung desain dengan penutup belakang yang dapat dilepas dan pasang kembali. Melepas penutup ini akan menampilkan baterai yang juga dapat dilepaskan, dan slot kartu SIM ganda dan slot kartu MicroSD. Satu slot kartu SIM hanya dapat digunakan oleh kartu Smartfren, sementara slot lain mendukung kartu SIM dari operator lainnya.


Software & Antarmuka

Andromax E2+ hadir dengan tampilan antarmuka pengguna khas Smartfren, yang tergolong sederhana, tanpa banyak perubahan berarti dari antarmuka perangkat pendahulunya. Hanya saja, antarmuka pada perangkat bersistem operasi Android 5.1.1 Lollipop ini telah dibekali dengan kemampuan gesture.
 
Smartfren Andromax E2+, Sederhana, Terjangkau, VoLTE
 
Kemampuan gestur tersebut seperti ketuk ganda untuk mengaktifkan layar perangkat, membalikkan perangkat untuk mengaktifkan mode Sunyi, atau menggambarkan ikon tertentu untuk mengakses menu yang telah dipilih dan diatur sebelumnya, meski lag masih sedikit terasa.
 
Meskipun demikian, konsumsi RAM antarmuka pengguna perangkat ini tergolong sedikit, yaitu sekitar 500 MB dari kapasitas memori internal sebesar 16GB. Smartfren juga membekali perangkat ini dengan sejumlah aplikasi bawaan khasnya, seperti MySmartfren, Smartfren World, dan aplikasi Smartfren lainnya, juga Sale Stock, Baidu Browser dan BukaLapak.
 
Selain itu, tidak hanya jaringan 4G LTE, Anda juga dapat menikmati teknologi Voice Over LTE atau VoLTE melalui perangkat ini, menyuguhkan kualitas suara jernih saat melakukan panggilan melalui jaringan tersebut. Smartfren juga membekali perangkat ini dengan speaker yang didukung teknologi Dolby. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk menikmati konten dengan keluaran audio lebih detil dan lebih keras dibandingkan perangkat Android lainnya.
 

Kamera

Hanya mengusung resolusi 5MP pada kamera depan dan belakang, Anda sebaiknya tidak berharap banyak pada kamera perangkat ini. Namun, meski demikian, pada pencahayaan baik, foto yang dihasilkan perangkat ini cukup dapat menghibur dengan ketajaman dan detil yang baik.
 
Smartfren Andromax E2+, Sederhana, Terjangkau, VoLTE
 
Smartfren Andromax E2+, Sederhana, Terjangkau, VoLTE
 
Sementara itu, pada kondisi pencahayaan minim, Anda harus puas dengan hasil foto yang terganggu oleh noise serta dengan detil yang kurang memadai. Selain itu, rasa kurang nyaman saat mengoperasikan kamera juga terasa akibat kemampuan fokus pada obyek yang tergolong lambat.
 
Smartfren Andromax E2+, Sederhana, Terjangkau, VoLTE
 
Smartfren Andromax E2+, Sederhana, Terjangkau, VoLTE
 
Untuk Anda penyuka kegiatan memotret diri, Smartfren membekali perangkat dengan lampu flash untuk kamera depan dengan wide angle. Hal ini akan membantu saat Anda memotret selfie atau bersama dengan kelompok dengan jumlah anggota cukup banyak dengan kondisi pencahayaan minim. Untuk mengaktifkan lampu flash ini, Anda hanya perlu mengetuk ikon petir pada menu kamera hingga menjadi otomatis atau aktif.


Performa & Baterai

Menggunakan chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 212 1,3 GHzquad-core dan RAM 2GB, performa yang disuguhkan perangkat ini tergolong baik. Lag tidak terasa saat kami memainkan gamer Ashpalt 8: Airbone pada perangkat ini. Selain itu, tampilan kota pada game disuguhkan dengan baik dan detil yang tidak mengecewakan. Demikian juga dengan perpindahan dari satu menu dan aplikasi lainnya.
 
Smartfren Andromax E2+, Sederhana, Terjangkau, VoLTE
Selain didukung speaker Dolby yang mampu menghadirkan suguhan audio yang baik, pengalaman menikmati konten video baik dari ruang penyimpanan maupun internet juga menyenangkan berkat tampilan layar yan detil dan tergolong tajam.
 
Menggunakan perangkat di luar ruangan pun tetap mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang baik berkat layar yang tidak terlalu memantulkan cahaya matahari. Sementara itu, perangkat ini belum dilengkapi dengan lapisan pelindung sehingga Anda perlu sedikit berhati-hati saat menyimpannya di tas.
 
Smartfren Andromax E2+, Sederhana, Terjangkau, VoLTE
Pada pengujian Mozilla Kraken, Smartfren Andromax E2+ memperoleh nilai 15.138,0ms, sementara pada pada uji Google Octane, perangkat ini mendapatkan nilai 2.087. Berbekal baterai dengan kapasitas 1.900 mAh, ponsel cerdas ini dapat bertahan selama lebih dari 8 jam saat diuji menggunakan aplikasi. Sementara itu, saat digunakan dalam keseharian, baterai mampu bertahan selama lebih dari 9 jam.


Kesimpulan

Hadir dengan spesifikasi tidak terlalu wah, penawaran harga terjangkau serta kehadiran dukungan konektivitas jaringan LTE dan teknologi VoLTE akan dapat mampu menarik perhatian konsumen. Selain hal tersebut, tampilan antarmuka pengguna dan desain yang terkesan terlalu sederhana mungkin sesuai dengan konsumen yang tidak menyukai kerumitan.
 
Smartfren Andromax E2+
Prosesor Qualcomm Snapdragon 212 1,3GHz quad-core
RAM 2GB
OS Android 5.1.1
GPU Adreno 304
Memori Internal 16GB
Kamera 5MP (belakang), 5MP (depan)
Baterai 1.900 mAh
Layar 4,5 inci 854 x 480piksel
Harga Rp1.199.000

Smartfren Andromax E2+

8,0

  • Harga terjangkau
  • Mendukung teknologi VoLTE
  • Antamuka sederhana tanpa tampilan khusus


 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif