Samsung Galaxy A21s hadir dengan dukungan kapasitas RAM lebih besar, 6GB.
Samsung Galaxy A21s hadir dengan dukungan kapasitas RAM lebih besar, 6GB.

Review Smartphone

Samsung Galaxy A21s RAM 6GB, Sama Kencang

Teknologi teknologi samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 02 Januari 2021 12:25
Jakarta: Samsung Galaxy A21s bukanlah perangkat baru Samsung, sebab perusahaan asal Korea Selatan ini pertama kali menghadirkannya pada bulan Juli 2020 lalu. Namun kala itu, Samsung Galaxy A21s lebih menyasar pada generasi Z yang gemar menggunakan media sosial.
 
Namun seiring dengan perkembangan kebutuhan konsumen, Samsung mengubah segmen konsumen lain sebagai target pemasaran produk karyanya yaitu konsumen yang kerap memanfaatkan smartphone untuk mendukung aktivitas bisnis via internet.
 
Sebab konsumen pada kedua segmen tersebut dinilai Samsung memiliki kebutuhan akan smartphone yang serupa, termasuk dalam hal kamera, kapasitas ruang penyimpanan dan konektivitas jaringan internet. Karenanya, Samsung menghadirkan versi pembaruan dari Galaxy A21s pada akhir bulan November 2020 lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Versi upgrade ini menawarkan kapasitas RAM lebih besar jika dibandingkan dengan varian sebelumnya. Namun apakah pembaruan ini mengusung perbedaan signifikan pada Galaxy A21s jika dibandingkan dengan versi sebelumnya? Simak ulasannya berikut ini.
 

Desain

Mengunggulkan pembaruan di bidang RAM, bukan berarti Samsung melupakan desain untuk varian Galaxy A21s ini. Jika pada varian terdahulu Galaxy A21s hadir dengan bodi berbalut bahan mengkilat, Galaxy A21s versi upgrade ini hadir dengan bodi belakang berbalut bahan plastik dengan tingkatan kilauan lebih rendah.
 
Samsung membekali Galaxy A21s varian upgrade ini dengan pola garis asimetris yang merupakan perpaduan dari arsiran diagonal, vertikal dan horisontal di bagian belakang bodi smartphone ini.
 
Samsung Galaxy A21s RAM 6GB, Sama Kencang
 
Selain pola arsir pada bodi bagian belakang, Samsung juga menghadirkan varian warna baru yaitu perak sebagai opsi warna yang dapat dipilih oleh pembeli Galaxy A21s versi upgrade ini. Varian warna perak tersebut melengkapi varian warna lain yang telah tersedia di versi sebelumnya, yaitu hitam, putih, merah dan biru.
 
Selain warna dan pola arsir di bodi belakang, ponsel cerdas baru Samsung ini tidak menghadirkan perubahan berarti dari segi desain. Samsung Galaxy A21s dengan kapasitas RAM dan warna perak ini masih hadir dengan desain kamera yang tersusun serupa huruf L, serta tersemat pada bagian persegi panjang dengan warna hitam.
 
Selain itu, Samsung juga masih membekali perangkat ini dengan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang, mendampingi jajaran kamera. Menyoal penempatan komponen lain seperti port USB-C, slot kartu SIM dan microSD, serta audio, Samsung Galaxy A21s versi upgrade ini juga tidak mengalami perubahan.
 
Samsung Galaxy A21s RAM 6GB, Sama Kencang
 
Samsung Galaxy A21s versi upgrade ini juga masih hadir dengan layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ dan dengan desain lubang di layar sebagai lokasi penyematan kamera depan, atau disebut dengan istilah Punch Hole.
 
Bezel yang mengelilingi layar juga masih tergolong tipis sehingga menghadirkan kesan lebih luas pada layar perangkat. Sementara itu mengingat suguhan tampilan konten bukan fokus utama smartphone ini, resolusi HD+ mungkin akan kurang mampu memuaskan pengguna penyuka aktivitas menonton konten video via ponsel.
 

Antarmuka dan Software

Di bagian pengaturan layar atau display smartphone ini, Anda akan menemukan sejumlah fitur menarik, termasuk fungsi Light dan Dark Mode yang dapat diatur secara manual. Fitur ini mampu membantu mengurangi kelelahan di mata akibat harus menatap layar dalam jangka waktu lama.
 
Sebab, melihat layar tampilan latar belakang berwarna hitam atau lebih gelap ini akan lebih bersahabat dengan mata. Selain itu, ponsel cerdas ini juga berbekal pengaturan huruf atau font, zoom pada layar atau screen zoom, aplikasi layar penuh atau full screen apps, bar navigasi, dan screen saver.
 
Samsung Galaxy A21s RAM 6GB, Sama Kencang
 
Samsung Galaxy A21s juga hadir dengan dukungan fitur di bidang keamanan melalui fitur Samsung Knox. Sebagai pengingat, fitur pengamanan berlapis yang mengombinasikan fungsi perangkat keras dan perangkat lunak ini dapat ditemukan pada sejumlah perangkat karya Samsung lainnya.
 
Samsung Galaxy A21s versi upgrade juga mengaplikasikan dua langkah pengamanan melalui fitur pemindai sidik jari dan wajah. Kedua fitur ini juga didampingi oleh metode penggunaan kode serta pola rahasia.
 
Didukung sensor pemindai sidik jari di bagian belakang, fitur keamanan ini akan memungkinkan Anda menyimpan hingga lima sidik jari berbeda. Selain pemindai sidik jari, Samsung juga membekali Galaxy A21s dengan fitur keamanan Face Unlock, berkemampuan mendeteksi wajah dengan baik dalam kondisi pencahayaan redup.
 
Selain itu masih ada fitur tambahan pada aplikasi Galaxy A21s, seperti Samsung Pay, Samsung Members, Samsung Gift, dan Appstation. Sementara itu, antarmuka pengguna pada Galaxy A21s versi upgrade ini mampu menyuguhkan pengalaman menavigasikan perangkat secara lebih mudah. Hal ini didukung oleh ikon aplikasi dan menu berukuran lebih besar.
 

Kamera

Samsung membekali Galaxy A21s dengan empat kamera belakang, dengan kamera utama beresolusi 48MP. Kamera utama ini didampingi oleh kamera ultrawide 8MP, makro 2MP dan lensa kedalaman 2MP.
 
Kamera yang diusung Samsung Galaxy A21s juga mampu menghadirkan hasil foto yang baik, tidak hanya dalam kondisi pencahayaan cukup, tapi juga dalam kondisi pencahayaan redup meski Samsung tidak membekalinya dengan fitur mode malam.
 
Samsung Galaxy A21s RAM 6GB, Sama Kencang
 
Samsung Galaxy A21s RAM 6GB, Sama Kencang
 
Dengan dukungan kamera depth, Anda juga dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh atau buram yang baik dengan menggunakan Samsung Galaxy A21s ini. Dan dengan dukungan lensa ultrawide, Anda dapat memperluas cakupan area yang terfoto atau terekam di video hingga 123 derajat.
 
Dengan lensa ultrawide ini, Samsung Galaxy A21s versi upgrade juga mampu menghasilkan foto dengan ketajaman, detail, dan warna baik pada kondisi pencahayaan cukup. Hasil serupa juga dihadirkan pada foto dengan kamera utama.
 
Samsung Galaxy A21s RAM 6GB, Sama Kencang
 
Samsung Galaxy A21s RAM 6GB, Sama Kencang
 
Namun hasil sedikit berbeda kami dapati pada hasil foto dalam kondisi pencahayaan redup. Foto dalam kondisi ini dengan memanfaatkan kamera ultra wide sedikit lebih gelap jika dibandingkan dengan hasil foto non-ultrawide.
 
Sementara itu, pada kondisi pencahayaan redup, hasil foto kamera belakang Samsung Galaxy A21s versi upgrade ini masih menampilkan noise yang cukup kentara. Menyoal kamera depan, kamera tunggal beresolusi 13MP masih setia membekali Samsung Galaxy A21s versi upgrade ini.
 
Kamera ini cukup mampu menghadirkan foto dengan kualitas yang baik meski didukung fitur yang tidak terlalu istimewa. Sementara itu pada kondisi pencahayaan redup, hasil tidak jauh berbeda dengan noise kentara dan warna serta ketajaman gambar kurang memanjakan mata disuguhkan oleh foto dari smartphone ini.
 

Performa

Pada Galaxy A21s, Samsung membenamkan chipset prosesor karyanya, yaitu Exynos 850 dengan delapan inti terdiri dari empat core 2GHz Cortex-A55 dan empat core 2GHz Cortex-A55. Dengan dukungan RAM 6GB, perangkat ini mampu menghadirkan pengalaman penggunaan lebih kencang jika dibandingkan dengan varian sebelumnya.
 
Salah satunya kami dapati saat menggunakan ponsel ini untuk menjalankan sejumlah aplikasi secara bersamaan, yang disajikan dengan lancar dan berperforma baik. Suguhan performa lancar ini juga kami rasakan selama beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, atau membuka peramban dengan banyak tab.
 
Pengalaman penggunaan serupa juga kami dapati saat memainkan game PUBG Mobile dan Asphalt: 9, dengan suguhan game tanpa gangguan lag. Performa baik juga dicatatkan Galaxy A21s varian upgrade ini melalui hasil pengujian menggunakan sejumlah aplikasi benchmark.
 
Samsung Galaxy A21s RAM 6GB, Sama Kencang
 
Pada pengujian 3DMark Slingshot Extreme Open GL, Samsung Galaxy A21s memperoleh nilai sebesar 866, sedangkan pada pengujian 3DMark Slingshot, memperoleh nilai 1.257. Dan pada pengujian benchmark PCMark 2.0, ponsel cerdas ini memperoleh nilai sebesar 4.946. 
 
Perolehan nilai ini mungkin tidak lebih tinggi jika dibandingkan dengan varian Galaxy A21s sebelumnya, namun tetap mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang kencang dan tanpa gangguan lag.
 
Sementara itu menyoal baterai, Samsung Galaxy A21s varian upgrade ini masih mengusung baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Baterai ini juga didukung oleh teknologi pengisian daya cepat atau fast charging dengan daya 15W.
 
Samsung Galaxy A21s RAM 6GB, Sama Kencang
 
Dalam skenario penggunaan sehari-hari yang tidak terlalu aktif, Samsung Galaxy A21s dengan RAM 6GB ini mampu bertahan selama hampir satu hari penuh, meski hal ini juga bergantung pada stabilitas internet saat digunakan untuk menjelajahi jagat maya.
 
Sedangkan saat diuji menggunakan aplikasi benchmark, Samsung Galaxy A21s versi lebih baru ini mampu bertahan selama 19 jam 36 menit. Durasi ini tergolong panjang, meski tidak mengejutkan bagi kami mengingat pembekalan baterainya yang besar.
 
Kesimpulan
Soal angka dalam pengujian performa via aplikasi benchmark, Samsung Galaxy A21s mungkin menampilkan perolehan nilai sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan varian pendahulunya dengan bekal RAM 3GB.
 
Namun hal ini tidak terlalu berdampak pada suguhan performa dalam penggunaan sehari-hari yang kami rasakan tetap menyenangkan tanpa gangguan lag. Begitu juga soal kamera yang tetap mampu menyuguhkan kualitas foto yang tergolong baik.
 
Baterai menjadi salah satu faktor yang kami dapati mengalami peningkatan performa, sebab mampu bertahan lebih lama dibandingkan dengan pendahulunya, meski mengusung kapasitas baterai yang sama.
 
Sehingga smartphone ini sesuai bagi Anda yang menjalani aktivitas lebih padat namun jarang berada di sekitar soket listrik untuk mengisi daya, termasuk untuk Anda yang beranggaran tidak besar sebab Samsung memasarkan Galaxy A21s ini seharga Rp3.099.000.
 
Spesifikasi  Samsung Galaxy A21s RAM 6GB
Prosesor Exynos 850
GPU Mali-G52
OS Android 10 + OneUI 2.0
RAM 6GB
Memori Internal  128GB
Kamera  Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Depan 13MP
Baterai 5.000mAh
Layar 6,5 inci PLS 1.600 x 720 piksel
Harga Rp3.099.000
 
8.3
Samsung Galaxy A21s RAM 6GB
Plus
  • Baterai lebih tahan sedikit
  • Layar luas infinity-O
  • Performa baik
Minus
  • Hasil foto di pencahayaan redup

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif