NEWSTICKER
Asus Zenbook Edition 30 UX334FL.
Asus Zenbook Edition 30 UX334FL.

Review Notebook

Menjajal Notebook Spesial Asus Zenbook Edition 30 UX334FL

Teknologi teknologi asus review laptop
Lufthi Anggraeni • 22 Februari 2020 10:17
Jakarta: Pertengahan tahun lalu, Asus merayakan usia ke-30 dalam ajang Computex 2019. Sebagai bentuk apresiasi, mereka mengumumkan jajaran produk edisi spesial, dari motherboard sampai notebook.
 
Jajaran produk ini menggunakan tema spesial, dengan logo bergaya futuristik dan elemen warna yang elegan. Tak lupa juga desain eksklusif yang mungkin mampu menarik perhatian pengguna loyal produk Asus, bahkan kolektor elektronik.
 
Salah satu produk spesial ini adalah Asus Zenbook Edition 30 UX334FL. Saat datang ke meja pengujian kami, notebook ini sudah memberikan kesan awal yang berbeda. Impresi kami terus berlanjut begitu membuka kotak penjualan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagaimana pengalaman penggunaannya? Seperti apa kelebihan dan kekurangannya? Berikut ulasan Medcom.id.

Desain

Asus Zenbook Edition 30 UX334FL mengusung desain warna putih yang Asus namai Pearl White, dengan logo futuristik yang mengingatkan saya pada film-film seperti Star Trek atau Star Wars. Paket penjualannya telah kami bahas secara terpisah dalam artikel ini.
 
Tak lagi menggunakan material pada umumnya, notebook ini menyematkan bodi berlapis kulit yang memberikan kesan berkualitas tinggi. Lapisan kulit ini hanya terpasang di belakang layar, tak lupa dengan logo edisi 30 tahun.
 
Menjajal Notebook Spesial Asus Zenbook Edition 30 UX334FL
 
Logo ini punya warna yang sama dengan pinggiran layar, Rose Gold. Asus mengklaim logo ini menggunakan emas 18 karat. Sementara untuk material kulit, Asus mengklaim hanya 40 persen yang dipilih oleh tim Asus, untuk memasuki 50 tahap proses sampai pemasangan.
 
Saat pemasangan, setiap lapisan kulit punya ketebalan 0,9 mm, dan pinggirannya dipangkas hingga 0.45 mm agar dapat menyatu dengan bodi. Saat layar dibuka, Anda akan kembali melihat logo edisi 30 tahun dengan balutan warna Rose Gold pada sisi kiri.
 
Menjajal Notebook Spesial Asus Zenbook Edition 30 UX334FL
 
Asus Zenbook Edition 30 UX334FL mengusung layar 13 inci yang memang cukup ringkas tetapi tetap menyediakan pengalaman penggunaan yang luas. Ini karena rasio layar ke bodi mencapai 95 persen.
 
Dengan begitu, dimensi bodinya yang setara dengan kertas A4 ini masih sanggup memberikan bentang layar yang memadai. Secara keseluruhan, desain keyboard dan antarmukanya tidak berbeda dengan rumpun Zenbook yang sudah beredar di pasar. Tak lupa juga kehadiran ScreenPad 2.0 yang kini menghadirkan fungsi tambahan pada trackpad.
 
Menjajal Notebook Spesial Asus Zenbook Edition 30 UX334FL
 
Untuk antarmukanya, Asus Zenbook Edition 30 UX334FL menyediakan masing-masing satu port USB di kedua pinggirnya. Satu port HDMI, USB-C, dan charger ada pada pinggir kiri, sementara indikator power, baterai, jack audio, dan pembaca kartu Micro SD ada di pinggir kanan.
 
Notebook ini juga tetap mengadopsi Ergolift, yang mengangkat bodi saat layar dibuka dan mencapai sudut tertentu. Selain memberikan ruang sirkulasi udara di bawah bodi, ia juga dapat meningkatkan kenyamanan saat mengetik.
 
Menjajal Notebook Spesial Asus Zenbook Edition 30 UX334FL

Fitur

Serupa dengan ASUS ZenBook 13 UX334F yang sebelumnya pernah kami review, Asus Zenbook Edition 30 UX334FL juga berbekal fitur unik berupa trackpad yang juga berfungsi sebagai layar sekunder.
 
Sayangnya, menggunakan trackpad sebagai layar sekunder, Anda tidak akan menemukan sensor pemindai sidik jari pada trackpad ini, serupa laptop lain yang ada di pasaran. Namun, trackpad ini mampu menghadirkan kenyamanan saat digunakan berkat responsifitasnya yang baik, serta tidak mudah berminyak dan tetap kesat meski digunakan dalam jangka waktu lama.
 
Pengalaman penggunaan menyenangkan dihadirkan oleh trackpad ini, sebab Anda dapat memanfaatkannya sebagai bagian untuk shortcut ke sejumlah menu, salah satunya adalah aplikasi streaming musik Spotify.
 
Dengan demikian, Anda dapat mengakses dan menavigasikan aplikasi lain tanpa mengganggu aplikasi di layar utama. Mengusung fungsi sebagai layar sekunder ini, Anda dapat menampilkan jendela baru untuk file Word sangat mengetik, dengan file lain pada layar utama.
 
Menjajal Notebook Spesial Asus Zenbook Edition 30 UX334FL
 
Anda dapat memanfaatkannya dengan menarik file ke arah bawah hingga muncul di trackpad. Tersedia opsi ini sesuai untuk Anda yang kerap harus multitasking di laptop tanpa butuh layar tambahan, yang merepotkan saat dalam perjalanan. Opsi lainnya termasuk Number Key, Handwriting, Jalan pintas menuju aplikasi My Asus, dan lainnya.
 
Menggunakan fitur Handwriting pada trackpad laptop ini menghadirkan pengalaman baru dan unik, juga menyenangkan. Sebab secara default, ketebalan goresan kuas yang dihadirkan ujung jari tidaklah terlalu tebal, dan responsivitas layar sekunder ini yang tidak diwarnai tanpa lag menyuguhkan pengalaman menulis layaknya di kertas.
 
Meskipun demikian, Anda tetap dapat menggunakan layar sekunder ini sebagai trackpad pada umumnya, melalui opsi yang memungkinkan Anda hanya menggunakannya sebagai trackpad. \Anda juga harus sedikit lebih berhati-hati dalam memposisikan jari saat mengetik atau menggunakan keyboard, agar tidak menonaktifkan fungsi ini secara tidak sengaja.
 
Layar sekunder ini juga memiliki pengaturan tersendiri, yang dapat diakses melalui ikon gerigi roda di sudut kanan bawah layar tersebut. Pada pengaturan ini, Anda dapat mengatur kecerahan, latar belakang, mode penghemat daya dan lainnya secara terpisah dari layar utama.
 
Menjajal Notebook Spesial Asus Zenbook Edition 30 UX334FL

Performa

Asus Zenbook Edition 30 UX334FL memiliki dapur pacu bertenaga Intel Core i7-8565U 1.80Ghz - 1.9GHz dengan dukungan RAM DDR4 16GB dan ruang penyimpanan internal SSD 1TB. Dukungan spesifikasi ini memungkinkan laptop menampilkan performa baik saat digunakan untuk aktivitas multitasking.
 
Laptop ini juga menyuguhkan pengalaman menyenangkan berkat waktu boot lebih cepat dan tidak terganggu oleh lag saat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Selain itu, digunakan dalam jangka waktu lama, suhu laptop ini tergolong tidak cepat meningkat.
 
S\elama penggunaan, kami juga tidak terganggu oleh suara kipas pendingin perangkat. Suara kipas tergolong senyap bahkan tidak terdengar meski laptop digunakan dalam pengujian benchmark intensif.
 
Bukan sebagai laptop gaming, Asus membekali Asus Zenbook Edition 30 UX334FL dengan kartu grafis diskrit Nvidia GeForce MX 250. Bekal kartu grafis ini menjadi faktor pendukung performa mulus yang disuguhkan oleh perangkat ini, terlihat saat membuka banyak tab di browser dan menikmati video youtube secara bersamaan, serta sejumlah aplikasi lain tidak mengalami kendala dan gangguan berarti.
Pengujian PCMark 10 3DMark Sky Diver 3DMark Night Raid Cinebench R20 Single Cinebench R20 Multi
Skor 3948 8650 10350 443 1281

Dalam pengujian baterainya, Medcom.id menguji dalam simulasi kondisi kecerahan layar paling rendah, backlit dinonaktifkan, tidak terkoneksi WiFi, dan baterai di mode hemat daya. Skenario pengujian baterai yang dipilih di software PCMark adalah Modern Office.
 
Dari hasil pengujian baterai via aplikasi benchmark ini, Asus Zenbook Edition 30 UX334FL mampu bertahan selama sekitar 10 jam. Namun, dalam penggunaan dalam kehidupan sehari-hari, daya tahan baterai laptop ini akan bertahan lebih lama.
 

Kesimpulan
Tidak hanya tampilan yang menawan berkat balutan warna putih dan emas yang elegan dan memanjakan mata, perangkat ini memanjakan kami menyoal performa, juga dengan suhu yang tidak mudah meningkat meski digunakan untuk aktivitas lebih berat.
 
Selain itu, bagi Anda yang kerap menggunakan laptop untuk mengetik dalam jangka waktu lama, keyboard perangkat ini juga sangat nyaman digunakan. Baterai yang mampu bertahan lama juga mampu mendukung kenyamanan Anda saat menggunakannya.
 
Dan untuk menebus laptop ini, Anda harus menggelontorkan dana sebesar Rp25.999.000.
Spesifikasi Asus Zenbook Edition 30 UX334FL
Prosesor Intel Core i7-8565U 1.80GHz
RAM 16GB
Memori Internal PCIe Gen3x4 SSD 1TB
GPU Nvidia GeForce MX 250
Bobot 1,29 Kg
Dimensi 30,2 x 18,9 cm
Harga Rp25.999.000
8.5
Asus Zenbook Edition 30 UX334FL
Plus
  • Desain menawan
  • Keyboard nyaman
  • Layar cukup luas
  • Trackpad mulus namun juga menjadi layar sekunder
Minus
  • Bahan kulit di bagian sisi mudah tergores

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif