Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi.
Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi.

Review Motherboard

Menjajal Motherboard Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi

Cahyandaru Kuncorojati • 02 Agustus 2022 09:12
Jakarta:  Asus konsisten menyediakan motherboard untuk semua segmen atau kategori, terutama di kelas high-end dengan jumlah yang banyak, satu di antaranya yang sempat Medcom.id uji coba adalah Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi.
 
Motherboard tersebut hadir mengusung chipset untuk prosesor Intel Core Generasi ke-12. Seri Z690 bisa dibilang yang segmen tertinggi sehingga motherboard ini hadir dengan tampilan yang mewah serta fitur yang banyak.
 
Bentuknya yang kokoh diperkuat dengan ornamen ragam tulisan “ROG” dan “Strix” yang juga dilengkapi dengan area VRM yang menggunakan material sejenis akrilik dan ada efek RGB di baliknya sehingga logo ROG menyala.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menjajal Motherboard Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi
 
Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi mengusung form factor ATX dengan soket Intel LGA 1700. Chipset yang digunakan juga membawa sejumlah fitur yaitu PCIe 5.0 termasuk di slot NVMe, 18+1 Power Stages hingga dukungan DDR5.
 
Pada bagian RAM tersedia empat slot DIMM DDR5 dengan dukungan dual channel serta mode OC yang diklaim mumpuni untuk kecepatan frekuensi hingga 6400 MHz. Di atas motherboard ini disediakan tiga slot M.2 yang slot pertamanya menyediakan dukungan PCIe 5.0 x4 dengan cover yang memiliki heatsink.
 
Apabila masih kurang, Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi juga menyediakan aksesori tambahan berupa ROG Hyper M.2 Card yang menyediakan dua slot M.2  tambahan dengan fitur PCIe 4.0.
 
Menjajal Motherboard Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi
 
Hal menyenangkan dari motherboard ini salah satunya adalah M.2 Q-Latch yang memudah proses pemasangan slot M.2 tanpa menggunakan baut tambahan untuk menahan bagian ujung. Tombol  PCIe Slot Q-Release membuat melepaskan kartu grafis dari slot PCIe lebih mudah dari pada menekan ejector yang posisinya terjepit di antara kartu grafis dan CPU cooler.
 
Tidak hanya itu, ada LED Q-Dimm dan Q-LED untuk indikator CPU, DRAM, VGA, dan boot device. Jadi memudahkan menemukan kendala saat sistem atau setup di motherboard tidak berjalan atau bermasalah.
 
I/O Port Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi sangat lengkap, di sini ada BIOS FlashBack Button dan LED serta Clear CMOS yang memudahkan ketika melakukan update BIOS atau recovery saat kinerja overclocking oleh pengguna gagal.
 
Bagaimana Performanya?
Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi kami uji menggunakan komponen yang ada di daftar testbed Medcom.id. Di sini prosesor Intel Core i9-12900K dan motherboard tidak kami operasikan dalam mode overclocking alias default untuk melihat performa bawaannya.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-12900K
RAM  Kingston Fury Beast DDR5 16GB (2x8GB)
VGA  Nvidia GeForce RTX 3070 Ti Reference
Pendingin  Noctua NH-U12A Chromax Black
Storage WD Black SN770 1TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Logitech MX Master 3
Mousepad Logitech Desk Mat
Keyboard Logitech Keys
Headset Corsair HS70

Medcom.id kemudian melakukan benchmark dengan sejumlah software dan hasil performa dengan komponen testbed yang kami gunakan menunjukan skor yang cukup memuaskan.
 
PENGUJIAN: PCMark 10 3D Time Spy Cinebench R23 single/multi
SKOR:  8036 15.57 2008/27269

Tidak hanya benchmark, kami juga mencoba untuk melakukan simulasi lewat benchmark in-game yaitu memainkan Far Cry grafis Ultra dan Cyberpunk 2077 grafis Ray Tracing Ultra di resolusi 1920x1080.
 
Catatan kami menyebutkan bahwa motherboard Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi dengan setup komponen testbed Medcom.id mampu menyajikan performa yang sangat mumpuni. Average frame rate alias rata-rata fps di Far Cry 6 berada di 131fps dan Cyberpunk 2077 di 72fps selama benchmark berjalan.
 
Kesimpulan
Melihat desain dan fitur serta performanya, motherboard Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi jelas sangat bertenaga dan menunjukan kelasnya ada di seri high-end. Harganya yang dibanderol mulai dari Rp8 juta tidak heran, anggap saja saat produk ini sebagai investasi jangka panjang upgrade PC gaming Anda beberapa tahun ke depan.
 
 
9
Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi
Plus
  • Fitur lengkap
  • Performa mumpuni
  • M.2 Q-Latch dan PCIe Q-Slot Release Button
Minus
  • Ukuran heatsink VRM cukup besar, CPU cooler harus menyesuaikan

 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif