NEWSTICKER
realme 6 pro.
realme 6 pro.

Review Smartphone

realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G

Teknologi teknologi review gadget realme
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Maret 2020 12:23
Jakarta: realme kembali hadir di Indonesia dengan merilis dua smartphone kelas menengah terbarunya yaitu realme 6 Pro dan realme 6. Dua model ini membawa perubahan signifikan dan bakal menjadi terobosan di segmen kelas menengah.
 
Ya, realme membawa teknologi yang biasa ada di smartphone kelas atas ke kelas menengah. Bawaan teknologi dari kelas flagship inilah yang kami prediksi akan memperketat kompetisi di segmen menengah.
 
Kami mendapatkan kesempatan menjajal lebih dulu realme 6 Pro. Perangkat ini merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang memakai chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Snapdragon 700 Series sendiri merupakan chipset kelas mid-high atau menengah ke atas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagaimana performa realme 6 Pro? Berikut ini ulasan dari pengalaman dan pengujian Medcom.id.

Desain Bodi Belakang Berbeda dan Menarik Perhatian

realme mengklaim bahwa realme 6 Pro merupakan upgrade dari realme XT. Apabila melihat desainnya, Medcom.id cukup setuju. Smartphone ini punya daya tarik dari tampilan bodi belakangnya. Siapapun yang melihatnya pasti tahu realme 6 Pro menampilkan sebuah kilat.
 
Bodi belakang realme 6 Pro memiliki tampilan gradasi warna yang bisa memperlihat pola seperti sebuah kilat saat memantulkan cahaya. realme menyebut desain tersebut menggunakan teknologi cetak offset UV-curving yang belum dilakukan merek lain.
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
Terlepas dari tampilannya, desain fisik atau bodi realme 6 Pro masih terasa sama seperti seri sebelumnya. Hal lain yang membedakannya dan membuat terasa lebih mewah adalah kamera depannya. realme 6 Pro kini mengadopsi kamera depan ganda desain punch-hole.
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
Diketahui bahwa kamera depan ganda model punch-hole sempat dipamerkan smartphone high-end Samsung Galaxy S Series. Kini desain tersebut sudah bisa dijumpai pada realme 6 Pro. Artinya, realme 6 Pro punya enam kamera yaitu empat di belakang dan dua di depan, sehingga mereka berani mengusung slogan "The Most Powerful 6-Camera Phone”.
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
Setelah tampilan bodi belakang dan desain kamera depannya, hal baru di realme 6 Pro adalah pemindai sidik jarinya. realme 6 Pro mengubah tombol Power menjadi sebuah permukaan yang juga tertanam pemindai sidik jari. Desain ini bukan hal baru di industri smartphone Sony Xperia Series pernah mempopulerkannya, kini fitur mewah tersebut bisa dijumpai di realme 6 Pro. Desain ini juga menurut Medcom.id jauh lebih praktis.
 
Di sisi layar, realme 6 Pro mau ikut menghadirkan pengalaman gaming yang sebenarnya. Smartphone ini menawarkan fitur untuk meningkatkan refresh rate layar dari 60Hz menjadi 90Hz ke layar 6,6 inci yang disediakan. Layar lega, resolusi 2400x1080 FHD+, dengan refresh rate 90Hz sudah sesuai sebagai paket smartphone lengkap kelas menengah.
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G

Kemampuan Enam Kamera Mumpuni

realme 6 Pro membawa kemampuan empat kamera belakang dengan dukungan AI. Kamera yang paling atas yang dilingkari dengan aksen kuning merupakan lensa ultra lebar beresolusi 8MP lalu diikuti oleh lensa utama 64MP, lensa tele 12MP dan lensa makro 2MP
 
Hasil kualitas kamera realme 6 Pro menurut Medcom.id sudah memuaskan di kelasnya dan bisa diandalkan. Berikut merupakan sampel foto yang Medcom.id kumpulkan dengan mode 64MP.
 
Kamera belakang realme 6 Pro juga masih tetap memiliki fitur Nightscape tapi versi terbaru yaitu Nightscape 3.0. Di dalamnya kualitas foto Nightscape telah ditingkatkan dengan menambahkan dua mode baru yaitu Mode Tripod dan Mode Ultra Nightscape.
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
Mode Tripod membuat kamera di mode Nightscape minim guncangan. Diketahui bahwa kemampuan untuk membuat foto malam terbaik membutuhkan waktu exposure lebih lama, dengan catatan harus tidak ada guncangan. Sementara pengguna kerap tidak menyadari bahwa tangan mereka goyang sedikit saat mengabadikan foto.
 
Jadi fitur Mode Tripod sangat membantu. Kemudian mode satu lagi adalah Ultra Nightscape, di sini kemampuan kamera realme 6 Pro untuk membuat foto malam dengan efek long exposure seperti garis cahaya yang dihasilkan dari lampu kendaraan yang melaju.
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
Beralih ke kemampuan foto kamera depan ganda realme 6 Pro yang disebut Dual in-Display Selfie. Kamera ini menyediakan kemampuan 16MP sensor Sony IMX471 wide-angle dan 8MP super wide-angle.
 
Kamera ini juga didukung kemampuan HDR dan Super Portrait Nightscape Selfie untuk menghasilkan foto yang tajam di kondisi minim cahaya. Menurut Medcom.id kualitas foto yang dihasilkan cukup memuaskan.
 
Menyoal kemampuan merekam video, kamera belakang dan depan realme 6 Pro sama-sama memiliki kemampuan Ultra Image Stabilisation (UIS) sehingga membuat kualitas video stabil atau minim guncangan. Kamera belakangnya bisa menyediakan kemampuan merekam video 4K.
 
Tak cuma UIS, realme 6 Pro juga sudah didukung oleh penstabilan guncangan UIS Max. Selain itu, terdapat fitur baru pada kamera depannya ketika merekam video, yaitu slo-mo selfie.

realme UI, Android 10, dan Audio Dolby Atmos

realme 6 Pro sudah mengadopsi sistem operasi Android 10 yang dipoles dengan antarmuka realme UI. Tampilan realme UI ini sudah digunakan pada realme C3 yang menyajikan antarmuka lebih segar.
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
Fitur akses cepat seperti Smart Sidebar juga jadi daya tarik realme UI yang sudah hadir di realme C3. realme UI juga punya fitur untuk secara otomatis mengelompokan file media berdasarkan label tertentu. Jadi mereka yang gemar mengumpulkan foto dengan realme 6 Pro bisa dengan mudah mengelompokan fotonya dengan bantuan realme UI.
 
Mengingat smartphone realme 6 Pro menggunakan chipset gaming maka fitur seperti Game Space masih tersedia di sini. Fungsinya adalah mengakselerasi game yang ada di smartphone dengan lebih dulu memasukan game ke dalam kolom Game Space.
 
Opsi yang tersedia di Game Space realme 6 Pro masih sama. Ada opsi pengaturan otomatis performa berdasarkan tiga preset yang dipilih, yaitu Competition Mode, Balanced Mode, dan Low Power Mode.
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
realme 6 Pro juga sudah mengantongi sertifikasi Dolby Atmos dan audio Hi-res sehingga kualitas audio yang dihasilkan menurut kami cukup memuaskan.

Performa Snapdragon 720G

Medcom.id kemudian menguji performa dari realme 6 Pro. Perangkat yang kami pegang menggunakan Qualcomm Snapdragon 720G didukung RAM 8GB dan memori internal 128GB yang bisa ditambah MicroSD 256GB berkat desain Triple-SIM slot.
 
realme 6 Pro kami uji dengan aplikasi PCMark dan 3D Mark. Hasilnya skor yang dihasilkan cukup tinggi. Kami membandingkannya dengan beberapa smartphone yang chipset di kelas menengah. realme 6 Pro cukup unggul.
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
Di sisi daya tahan baterainya, pengujian dari PCMark mencatat bahwa baterai realme 6 Pro 4.300 mAh bisa bertahan hingga 11 jam dengan catatan refresh rate layar di 60Hz dan tingkat kecerahan layar 50 persen.
 
Pengisian baterai realme 6 Pro mendukung pengisian cepat atau Flash Charge dengan daya 30W yang diklaim bisa terisi penuh dalam waktu 60 menit. Saat digunakan bermain PUBG Mobile selama 60 menit tanpa henti suhu realme 6 Pro terasa hangat namun masih bisa ditoleransi alias masih wajar.
 
realme 6 Pro, Smartphone Pertama di Dunia Pakai Snapdragon 720G
 
Kualitas grafisnya sudah kami buat maksimal tapi resolusi grafis mentok di HD dengan frame rate High. Sayang sekali kualitas refresh rate 90Hz yang disediakan tidak bisa mendukung kualitas grafis PUBG Mobile di HDR.
 

Kesimpulan
realme 6 Pro patut dipertimbangkan sebagai smartphone gaming kelas menengah atau mereka yang ingin mencari paket lengkap smartphone yang bisa bermain game sekaligus kemampuan fotografi yang bisa diandalkan.
 
Performa Qualcomm Snapdragon 720G di realme 6 Pro tersaji dengan memuaskan. Soal desain, realme 6 Pro membawa tampilan segar yang seharusnya membuat smartphone ini bisa melekat di benak konsumen di Indonesia serta diburu oleh penggemarnya. Dengan harga Rp 4,4 juta, desain bodi yang keren dan hasil jepret yang baik bikin realme 6 pro layak jadi pertimbangan.
Spesifikasi realme 6 Pro
Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G
GPU Adreno 618
OS Android 10/realme UI
RAM 8GB
Memori Internal 128GB
Kamera Belakang 64MP+8MP+12MP+2MP
Depan 16MP+8MP
Baterai 4300 mAh
Layar 6,6 inci FHD+ 90Hz
Harga Rp4.499.000
8.8
realme 6 Pro
Plus
  • Desain bodi menarik
  • Banyak perubahan di desain dibandingkan seri sebelumnya
  • Performa Snapdragon 720G dan spesifikasi memuaskan
  • Baterai tahan lama
  • Refresh rate layar 90Hz
Minus
  • Tidak mendukung kualitas HDR di PUBG Mobile


 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif