Razer Huntsman V2 Tenkeyles (TKL).
Razer Huntsman V2 Tenkeyles (TKL).

Review Keyboard

Begini Pengalaman Menjajal Keyboard Gaming Razer Huntsman V2 TKL

Cahyandaru Kuncorojati • 10 Oktober 2021 20:26
Jakarta: Beberapa waktu lalu Razer merilis produk terbaru di kategori keyboard gaming di seri Huntsman. Mereka merilis versi generasi kedua yaitu Razer Huntsman V2 yang hadir dalam dua model, full-sized dan tenkeyless (TKL). Medcom.id berkesempatan menjajal versi yang ringkas alias pendek yaitu tenkeyles.
 
Berdasarkan namanya sudah jelas bahwa versi ini tidak memiliki area numpad sehingga membuat ukurannya lebih pendek, Razer Huntsman V2 TKL menjadi sangat ramping. Desain khas Razer juga bisa terlihat langsung, keyboard gaming ini punya tampilan sederhana yang elegan tapi build quality cukup bagus.
 
Pada bagian bawahnya bodi Razer Huntsman V2 TKL tidak polos melainkan diukur teks “By Gamers. For Games” secara diagonal yang memenuhi seluruh permukaan. Teks tersebut memang tagline dari merek Razer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begini Pengalaman Menjajal Keyboard Gaming Razer Huntsman V2 TKL
 
Di sini Anda bisa melihat sepasang kaki penyangga keyboard. Desainnya memang selalu menarik karena Razer menyediakan dua pilihan ukuran kaki penyangga, rendah dan tinggi, yang membuat sudut kemiringan keyboard ergonomis sesuai selera penggunanya.
 
Anda juga akan menjumpai sebuah rongga kecil yang menjadi ruang untuk memasang port USB-C kabel Razer Huntsman V2 TKL. Ya, keyboard gaming ini memang mengusung model koneksi kabel (wired) namun kelebihannya adalah kabel tersebut bisa dilepas dan posisinya yang dipinggir membuat desainnya lebih sederhana.
 
Begini Pengalaman Menjajal Keyboard Gaming Razer Huntsman V2 TKL
 
Kabel koneksi Razer Huntsman V2 menggunakan model braided sehingga tergolong awet dan tidak mudah rusak akibat gesekan dengan benda lain. Kami sempat mencoba menggunakan kabel lain dengan model interface yang sama dan ternyata tidak bisa berfungsi optimal.
 
Razer Huntsman V2 TKL juga dilengkapi aksesori berupa wrist rest yang menurut kami sangat nyaman dan biasanya hanya tersedia di versi full-sized. Faktanya, sebagian besar pengguna keyboard gaming TKL mungkin akan jarang menggunakan wrist rest karena justru memakan ruang di meja.
 
Begini Pengalaman Menjajal Keyboard Gaming Razer Huntsman V2 TKL
 
Pada bagian utamanya, Razer Huntsman V2 TKL diklaim menggunakan Doubleshot PBT keycap yang diklaim tangguh sehingga warna atau cat yang menyelimutinya tidak akan luntur. Tidak cuma dilengkapi backlit RGB Razer Chroma, keyboard ini juga menggunakan optical switch yang diklaim lebih responsif.
 
Razer Huntsman V2 TKL menggunakan dua pilihan switch yaitu Linear dan Clicky. Kami menjajal varian Clicky yang dibedakan dari warna switch yaitu ungu. Versi ini punya suara yang lebih bising alias ramai dengan tapi tactile dan sangat responsif.
 
Begini Pengalaman Menjajal Keyboard Gaming Razer Huntsman V2 TKL
 
Keyboard gaming ini diklaim punya polling rate tertinggi di dunia yaitu hingga 8.000Hz yang membuatnya memiliki input latency paling rendah. Hal ini mengagumkan namun pada penggunaan hal tersebut tidak terlalu terasa perbedaannya, mungkin karena sejauh ini belum ada yang bisa mengejar inovasi Razer sehingga ada komparasi.
 
Meskipun tidak memiliki tombol multimedia khusus, sejumlah tombol memiliki fungsi rangkap yang bisa diakses dengan ikut menekan tombol Fn. Hal ini juga berlaku pada tombol profile Macro yang ada di F9 dan Game Mode di F10.
 
Semua pengaturan seperti efek RGB lewat Chroma Studio dan profile Macro bisa akses di software Razer Synapse. Razer Huntsman V2 TKL punya memory on-board untuk menyimpan lima profile sekaligus.
 
Begini Pengalaman Menjajal Keyboard Gaming Razer Huntsman V2 TKL
 
Saat tombol Macro diaktifkan maka backlit RGB di F9 akan menyala mengikuti warna profile Macro yang sudah dibuat dan disimpan lewat Razer Synapse. Gaming Mode yang aktif membuat fungsi Windows Key, Menu/App Key, Alt+F4, dan Alt+Tab+F4 nonaktif menghindari momen tidak sengaja ditekan saat bermain game.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 5 5600X
Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM  Team Dark Alpha Z, T-Force Xtreem ARGB
VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
Storage WD Black SN750 1TB, TeamGroup MP34 1TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

 
Kesimpulan
Menurut Medcom.id keyboard gaming Razer Huntsman V2 TKL menawarkan pilihan keyboard gaming ringkas kelas premium yang sangat bisa diandalkan. Meskipun begitu tetap ada beberapa kekurangan yang bisa dijumpai seperti disebutkan sebelumnya.  
 
Harga Razer Huntsman V2 Tenkeyless jenis switch Clicky Purple dibanderol Rp2.499.000 harga ini tergolong cukup tinggi dengan kompetitor yang masih menawarkan fitur esensial serupa.
 
9
Razer Huntsman V2 TKL
Plus
  • Desain sederhana tapi premium
  • Fitur esensial lengkap
  • Dua pilihan kaki penyangga
Minus
  • Harga
  • Wristpad

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif