Logitech MX Keys Mini.
Logitech MX Keys Mini.

Review Keyboard

Logitech MX Keys Mini, Keyboard Minimalis Keren

Cahyandaru Kuncorojati • 29 Desember 2021 18:25
Jakarta: Keyboard merupakan salah satu komponen penting untuk mereka yang bekerja menggunakan PC atau laptop.
 
Keyboard dengan ukuran mungil dan tipis diperlukan mereka yang punya mobilitas tinggi, atau karyawan yang ingin meja kerjanya punya banyak ruang. Punya dukungan wireless merupakan nilai plus untuk keyboard tersebut.
 
Logitech MX Keys Mini adalah keyboard berikutnya yang ingin menjawab kebutuhan ini. Sebagian orang yang telah melihat desainnya mungkin akan berpikir keyboard ini hanya cocok untuk para pengguna Mac. Dalam review ini kami akan jelaskan kelebihan dan kekurangannya, dan mengapa ia cocok untuk PC dan laptop lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sesuai namanya Logitech MX Keys Mini, mengusung desain mini tanpa Numpad. Ini membuatnya punya dimensi cukup ringan dan tipis. Keyboard mini ini mengusung model elegan yang terlihat langsung dari sudutnya yang melengkung, membuatnya mudah dipegang ketika ingin digeser atau diangkat.
 
Logitech MX Keys Mini, Keyboard Minimalis Keren
 
Di saat yang sama ia punya nilai estetika yang cukup bagus. Meskipun gampang digeser, ia tetap punya grip yang bagus atau tidak licin, sehingga Anda harus memberikan cukup banyak tenaga saat ingin menggesernya. Model minimalis membuatnya harus mengorbankan beberapa komponen, seperti penyangga kaki yang biasanya bisa diatur dan tersedia pada beberapa keyboard di kelas yang sama.
 
Komponen baterai membuat Logitech MX Keys Mini punya proporsi bodi yang lebih besar di bagian ujung, sekaligus menjadi penyangga yang memberikan sudut kemiringan yang masih tepat. Pada bagian penyangga inilah terdapat grip material karet yang cukup kuat menahan tekanan dari tangan saat pemakaian.
 
Logitech MX Keys Mini, Keyboard Minimalis Keren
 
Desain tombol Logitech MX Keys Mini mirip seperti keyboard Mac, yang akan lebih familier untuk sebagian pengguna. Jarak antar tombol dan desain membran membuatnya punya gaya tekan yang pas dan memberikan kenyamanan saat mengetik.
 
Desain ini juga secara tidak langsung akan memberikan sugesti mengetik lebih cepat, tak lupa dengan backlit LED yang membuat setiap tombol lebih terang . Beberapa fungsi tombolnya juga dirancang untuk pengguna Mac, seperti tombol Command yang tak berbeda dengan tombol Windows. Sementara semua tata letak tombol lainnya sama persis dengan keyboard pada umumnya. 
 
Logitech MX Keys Mini, Keyboard Minimalis Keren
 
Logitech MX Keys Mini beroperasi secara wireless, hanya wireless. Cara pemasangannya sangat mudah, cukup dengan menyalakan keyboard via tombol power, kemudian keyboard bisa terhubung via bluetooth. Ia memerlukan autentikasi berupa kode yang muncul setelah perangkat mencoba sinkronisasi, kemudian tekan Enter.
 
Salah satu kelebihan keyboard ini adalah sinkronisasi tiga perangkat secara cepat, yang bisa diakses via tombol F1-F3. Ia juga bisa terhubung dengan receiver USB Logi Bolt, dan tidak bisa terhubung dengan receiver Logitech lain. 
 
Logitech MX Keys Mini, Keyboard Minimalis Keren
 
Terkait daya tahan baterainya, Logitech MX Keys Mini diklaim bisa bertahan selama 10 hari dengan intensitas tinggi, dan hingga 5 bulan dengan kondisi LED mati. Selama penggunaan, keyboard ini punya efisiensi daya yang baik karena LED backlit otomatis mati saat keyboard idle. Jika baterai habis, Anda bisa mengisinya langsung lewat port USB-C yang tersedia. 
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-112900K
Motherboard  ASUS ROG Maximus Z690 Hero
RAM  Kingston Fury beast DDR5 5200 MHz 32GB (2x16GB) (CL40-40-40)
VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge
Pendingin  Asus ROG Ryujin II
Storage WD Black SN750 1TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Kesimpulan
Harga Logitech MX Keys Mini di Indonesia adalah Rp1.499.000. Pengalaman penggunaan membuktikan bahwa ia merupakan keyboard minimalis yang nyaman dan sangat mampu mendukung produktivitas penggunaannya.
 
Desain mungil, bobot ringan, ditambah pengoperasian yang mudah membuat bisa dipakai di berbagai jenis perangkat, bahkan hingga tablet. Tak terbatas di pekerjaan, ia juga bisa dipakai bermain game ringan saat pengguna sedang ingin beristirahat. Jika Anda sedang mencari keyboard wireless minimalis berkualitas, Logitech MX Keys Mini bisa menjadi jawabannya.
 
 
 
9
Logitech MX Keys Mini
Plus
  • Desain elegan, tipis, dan ringan
  • Pengoperasian mudah
  • Baterai awet
  • Multi-device pairing
Minus
  • Konektivitas hanya wireless
  • Sudut keyboard terbatas

 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif