Xiaomi Pad 5.
Xiaomi Pad 5.

Review Tablet

Menjajal Tablet Powerful Xiaomi Pad 5

Teknologi gadget xiaomi review gadget
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 28 November 2021 12:53
Pasar tablet yang menunjukkan tren positif membuat beberapa produsen yang biasanya fokus mengembangkan smartphone kini ikut membawa kembali portofolio tablet mereka. Xiaomi merupakan salah satunya.
 
Membawa penyegaran, mereka sudah tak lagi menggunakan nama MiPad, melainkan Xiaomi Pad. Untuk pasar Indonesia, mereka sudah meluncurkan Xiaomi Pad 5, yang sempat menyita perhatian publik karena spesifikasi dan harga yang ditawarkan. Agar mengetahui keunggulan dan kekurangannya, simak review tablet ini oleh redaksi teknologi Medcom.id.
 

Desain

Xiaomi Pad 5 mengusung layar IPS berukuran 11 inci, beresolusi WQHD+ 2560 x 1600 piksel, kecerahan hingga 650 nits, dan dengan refresh rate 120Hz. Layar perangkat ini juga didukung oleh teknologi Dolby Vision dan HDR+. Spesifikasi seperti ini seharusnya dibungkus dengan desain bodi yang bagus.
 
Menjajal Tablet Powerful Xiaomi Pad 5

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut kami, desain bodi tablet ini tergolong mumpuni, dan mampu merepresentasikan performa yang dimilikinya. Layar 11 inci ini dilengkapi empat speaker (quad speaker), yang terpasang pada kedua pinggiran. Fungsinya adalah memberikan pengalaman audio yang tepat saat tablet dipakai pada posisi landscape, terutama untuk bermain game dan menonton film. 
 
Melanjutkan aspek desain, Xiaomi terlihat memberikan sentuhan mewah pada bodi belakangnya. Unit yang kami uji menyematkan warna Cosmic Grey, paduan antara warna abu-abu cenderung gelap, yang akan menghadirkan elemen warna lebih cerah saat terkena pantulan cahaya.
 
Menjajal Tablet Powerful Xiaomi Pad 5
 
Begitu juga dengan desain bingkai kamera yang tak berbeda dengan smartphone seri Mi yang sudah meluncur. Bingkai ini punya ukuran cukup besar, sehingga cukup mencolok dan membuat orang tertuju melihatnya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bodi belakang yang mudah menyisakan bekas sidik jari.
 
Xiaomi Pad 5 tidak menyediakan dukungan kartu SIM, sehingga penggunaannya secara maksimal harus pada lokasi yang menyediakan jaringan WiFi. Sebenarnya, hal ini masih tergolong wajar karena peran tablet yang menjadi perangkat kedua dalam produktivitas.
 
Menjajal Tablet Powerful Xiaomi Pad 5
 
Ia juga tidak menyediakan slot ekspansi untuk ruang penyimpanan. Sebagai gantinya, tablet ini telah mengadopsi UFS 3.1 untuk kecepatan transmisi data. Jika melihat bodinya secara keseluruhan, Xiaomi Pad 5 tetap menyediakan bezel di setiap sisi, namun selama kami mencobanya, impresi terhadap layar masih terasa luas.
 

Antarmuka

MIUI 12.5 berbasis Android 11 menjadi antarmuka utama Xiaomi Pad 5. Secara umum, tampilannya sama dengan versi smartphone, dengan penambahan resolusi layar yang menyesuaikan. Di dalamnya sudah tersedia beberapa aplikasi dan game bawaan.
 
Ada juga game atau aplikasi rekomendasi yang siap dipasang hanya dengan menekan logo aplikasinya.  Di sini ada hal yang sedikit berbeda dan mungkin asing bagi pengguna baru. Apabila Anda melakukan swipe dari sisi atas layar sebelah kiri maka akan muncul halaman notifikasi aplikasi.
 
Menjajal Tablet Powerful Xiaomi Pad 5
 
Swipe dari sisi atas layar di sebelah kanan akan memunculkan deretan shortcut ke fungsi seperti mengaktifkan koneksi mobile, wifi, senter dan lainnya. Desain ini cukup menarik ditambah tampilannya yang terasa mirip dengan antarmuka di iPhone, namun akan sedikit menyulitkan bagi pengguna baru.
 

Kamera

Di balik bingkai kamera yang cukup besar, tersimpan lensa kamera 13MP, yang sudah dilengkapi beberapa fitur seperti kecerdasan buatan dan efek lainnya yang sudah menjadi standar kamera gadget saat ini.
 
Selama kami menggunakannya, kualitas foto yang dihasilkan tergolong mumpuni untuk sebuah tablet, baik dalam kondisi pencahayaan terang maupun redup. Beberapa elemen warna mampu tampil secara akurat, dengan porsi elemen warna biru yang mungkin tak setebal produk pesaing. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat beberapa hasil foto di bawah ini.
 
Menjajal Tablet Powerful Xiaomi Pad 5
 
Menjajal Tablet Powerful Xiaomi Pad 5
 
Menjajal Tablet Powerful Xiaomi Pad 5
 

Performa

Di balik harganya yang kurang dari Rp6 juta, Xiaomi Pad 5 menyimpan performa luar biasa. Ini karena ia menggunakan Snapdragon 860, chipset kelas atas yang mengandalkan fabrikasi 7 nm. Sebagai anggota dari rumpun Snapdragon 800, ia tentunya lebih dari sanggup menduku produktivitas harian pengguna, baik untuk belajar, bermain game dengan grafis tertinggi, hingga menonton dengan resolusi paling tajam.
 
Kami mencobanya dengan memainkan game Genshin Impact pada pengaturan rata kanan. Ia mampu menjalankannya pada kecepatan 60fps, ditambah dengan pengalaman layar lebar yang membuat dunia permainan lebih luas. Selama bermain game, panas yang ditimbulkan tak mengganggu kenyamanan tangan.
 
Untuk pengisian daya, Xiaomi Pad 5 melengkapi baterai 8.720 mAh miliknya dengan teknologi fast charge 33W. Dayanya memang lebih rendah dari beberapa seri Mi yang sudah lebih dulu mengadopsi kecepatan yang lebih tinggi. Namun, pengisian ini masih tergolong proporsional. 
 

Kesimpulan
Xiaomi Pad 5 adalah tablet menggiurkan untuk mereka yang sudah lama mengenal produk Xiaomi. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, ia mampu menghadirkan performa yang mendukung semua jenis produktivitas, ditambah dengan kemampuan audio yang mumpuni untuk keperluan belajar sekaligus hiburan.
 
Harga Rp4.999.000 memang menjadi poin keunggulan utama yang ditawarkannya. Di sisi lain, ketersediaan slot kartu SIM atau Micro SD bisa membuatnya lebih menarik.
 
 
Spesifikasi  Xiaomi Pad 5
Prosesor Qualcomm Snapdragon 860
GPU Adreno 640
OS Android 11/MIUI 12.5
RAM  6GB
Memori Internal 256GB
Kamera Belakang 13MP
Depan 8MP
Baterai 8720 mAh
Layar  11 inci WQHD+ 120Hz
Harga Rp4.999.000
 
8.8
Xiaomi Pad 5
Plus
  • Spesifikasi tinggi untuk harga yang ditawarkan
  • Kualitas audio mumpuni
  • Desain bagus
Minus
  • Tidak ada slot MicroSD dan SIM card
  • Posisi kamera depan aneh untuk posisi horizontal atau landscape

 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif