Samsung Galaxy M52 5G.
Samsung Galaxy M52 5G.

Review Smartphone

Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi

Teknologi gadget samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 04 Desember 2021 17:27
Jakarta: Samsung masih menjadi salah satu produsen smartphone yang rajin merilis perangkat baru dalam jangka waktu dekat, berkat cakupan segmen pasar konsumennya yang luas. Belum lama, Samsung menghadirkan perangkat 5G pertama pada seri Galaxy M, yaitu M52 5G.
 
Samsung Galaxy M52 5G ini menjadi salah satu upaya Samsung untuk memperluas ketersediaan perangkat dengan dukungan jaringan 5G ke segmen konsumen kelas menengah dan ditawarkan seharga Rp5,4 juta.
 
Tidak hanya soal 5G, Samsung Galaxy M52 5G ini juga menawarkan fitur lengkap di kelasnya, serta sejumlah peningkatan signifikan di beberapa bidang. Lantas bagaimana pengalaman penggunaan yang disuguhkannya? Simak ulasan berikut ini.
 

Desain

Samsung Galaxy M52 5G hadir dengan tampilan cukup berbeda jika dibandingkan dengan perangkat lain di seri Galaxy M. Merupakan perangkat yang mengunggulkan kapasitas baterai besar, umumnya perangkat di seri Galaxy M hadir dengan dimensi bodi yang cukup tebal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun tidak demikian dengan Galaxy M52 5G, yang hadir dengan bodi lebih tipis dan berbobot ringan, menjadi hal yang menarik perhatian kami saat menggenggam ponsel cerdas ini untuk pertama kalinya.
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Samsung Galaxy M52 5G ini hadir dengan ketebalan mencapai 7,4mm, berbeda dengan generasi pendahulunya yang umumnya hadir dengan ketebalan bodi perangkat mencapai 9,5mm. Sedangkan, bobot ponsel cerdas ini hanya seberat 173 gram, lebih ringan dari pendahulunya yang umumnya mencapai 213 gram.
 
Sementara itu, desain keseluruhan bodi yang diusung Galaxy M52 5G masih serupa dengan seri Galaxy M yang dirilis pada tahun 2021 ini. Hal ini terlihat dari bagian belakang bodi perangkat yang hadir dengan pola garis vertikal pada bahan plastik polikarbonat mengkilat.
 
Namun, Samsung Galaxy M52 5G ini hadir dengan desain lokasi penyematan kamera berbeda dengan perangkat seri M sebelumnya, yang tersusun secara vertikal dengan bagian lebih tinggi berbentuk persegi panjang membingkai tiga kamera dan satu lampu flash tersebut.
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Desain lokasi penyematan kamera belakang Galaxy M52 5G ini lebih menyerupai desain yang diusung perangkat Samsung Galaxy A Series, dan sekilas mengingatkan kami pada desain kamera perangkat premium Samsung keluaran tahun 2020 lalu, Galaxy Note 20 series.
 
Meskipun demikian, posisi tombol fisik pada bodi perangkat ini masih serupa dengan perangkat seri M lain, dengan tombol volume dan daya di sisi kanan perangkat, slot kartu SIM dan microSD di sisi kiri, serta lubang speaker dan port USB-C di sisi bawah, tanpa jack headphone 3.5mm.
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Dan sesuai dengan perkiraan kami, tombol daya Galaxy M52 5G yang hadir dengan bentuk pipih ini turut menjadi lokasi penyematan sensor pemindai sidik jari. Hal ini tergolong mampu menghadirkan kenyamanan saat mengakses sensor untuk membuka kunci layar.
 
Meski berdimensi tipis dan berbobot ringan, Samsung tidak lantas memperkecil ukuran layar perangkat ini. Secara ukuran, Samsung Galaxy M52 5G ini masih tergolong besar berkat bekal layar berukuran 6,7 inci.
 
Namun, mengusung bahan plastik mengkilat di bagian belakang, artinya Anda perlu lebih berhati-hati saat menggenggam perangkat ini, tidak hanya terhadap noda sidik jari yang menempel, tapi juga kesan licin yang muncul saat menggenggam ponsel dengan telapak tangan berkeringat.
 

Antarmuka dan Fitur

Samsung Galaxy M52 5G menggunakan sistem operasi Android 11 dengan One UI 3.1, menyuguhkan tampilan software serupa dengan sejumlah perangkat Samsung lain yang mengusung sistem operasi yang sama.
 
Namun seperti kebanyakan smartphone Samsung lainnya, Galaxy M52 5G ini juga telah berbekal banyak aplikasi bawaan yang dapat Anda temukan sejak pertama kali mengaktifkannya. Sejumlah aplikasi tersebut bisa dibilang merupakan aplikasi yang banyak digunakan pengguna smartphone saat ini, termasuk Netflix dan Spotify.
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Hal ini memudahkan Anda untuk menggunakan layanan yang disuguhkan aplikasi ini tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu dari Google Play Store. Namun, Anda masih dapat menghapus beberapa aplikasi bawaan ini secara manual jika merasa tidak membutuhkannya.
 
Soal fitur, Samsung membekali layar Galaxy M52 5G ini dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 120Hz, dan sudah didukung oleh fitur Always-On Display. Pembekalan refresh rate ini menjadi salah satu peningkatan signifikan yang disuguhkan Samsung jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya.
 
Kehadiran refresh rate tinggi ini juga didukung oleh mode Motion Smoothness dengan pengaturan di opsi High, yang akan diatur secara default saat perangkat mendeteksi konten dengan kebutuhan tampilan lebih tinggi.
 
Namun, Anda tetap dapat memilih mode dengan refresh rate 60Hz untuk dapat lebih menghemat daya baterai perangkat. Sementara itu soal audio, Samsung masih membekali Galaxy M52 5G ini dengan speaker mono dan belum stereo.
 

Kamera

Samsung Galaxy M52 5G hadir dengan tiga kamera di bagian belakang, terdiri dari kamera utama 64MP (f/1.8, 26 mm) PDAF, kamera ultra wide 12MP (f/2.2, 123 derajat), dan kamera makro 5MP (f/2.4).
 
Tidak mengunggulkan kinerja kamera, Samsung Galaxy M52 5G menawarkan kamera dengan kemampuan yang bisa diandalkan. Berkat dukungan fitur kecerdasan buatan yang mampu mendeteksi kondisi pencahayaan saat memotret, hasil foto ponsel cerdas ini tidak mengecewakan, terutama pada kondisi pencahayaan terang.
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Pada kondisi pencahayaan terang, kamera Samsung Galaxy M52 5G mampu menyuguhkan hasil foto dengan detail objek baik. Demikian juga dengan hasil foto yang dipotret pada kondisi pencahayaan redup, meski pada hasil foto ini, Anda masih dapat menemukan noise.
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Kamera depan Galaxy M52 5G juga menyuguhkan hasil dengan detail baik, tanpa perubahan warna drastis serta dengan terlihat natural dan sesuai keadaan sebenarnya. Menariknya pada layar kamera depan, Anda akan menemukan mode Fun.
 
Mode yang memanfaatkan lensa karya Snapchat ini memungkinkan Anda untuk memotret diri dan rekan menggunakan berbagai filter yang tersedia. Namun untuk memanfaatkan mode ini, Anda harus memastikan bahwa perangkat terhubung dengan internet.
 

Performa

Samsung Galaxy M52 5G didukung oleh chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 778 5G, dengan arsitektur 6nm. Chip tersebut dikombinasikan dengan RAM 8GB dan memori penyimpanan 128GB.
 
Peningkatannya cukup signifikan dibanding chipset generasi terdahulu. Chipset 6nm ini diklaim mampu memberikan performa GPU hingga 40 persen lebih tinggi, peningkatan performa CPU 40 persen, dan dua kali lipat daya pemrosesan AI.
 
Smartphone ini mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan tanpa gangguan lag, meski membuka beberapa media sosial secara terus menerus. Samsung juga menanamkan fitur RAM Plus untuk menambah lagi RAM ekstra sebesar 4 GB.
 
Performa perangkat ini kami rasakan salah satunya saat memainkan game PUBG Mobile dengan pengaturan default grafis diatur di HD dan frame rate di High. Namun, game masih bisa dimainkan dengan menyenangkan, pada pengaturan HDR dan Ultra.
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Selain itu, kami menguji performa ponsel ini menggunakan aplikasi benchmark seperti PCMark dan 3DMark for Android. Pada pengujian 3DMark Slingshot Extreme OpenGL, Samsung Galaxy M52 5G memperoleh skor sebesar 5058.
 
Sedangkan pada pengujian yang melibatkan 3DMark Slingshot, smartphone ini memperoleh skor 6392. Sementara itu, pada pengujian melibatkan PCMark Work 3.0, Samsung Galaxy M52 5G memperoleh skor sebesar 11640.
 
Samsung Galaxy M52 5G, Si Tipis Berperforma Tinggi
 
Menyoal baterai, Samsung membekali Galaxy M52 5G dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, lebih rendah jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sebesar 7.000mAh. Namun baterai perangkat ini masih mampu menyuguhkan masa penggunaan perangkat yang memuaskan.
 
Baterai yang juga didukung teknologi fast charging 25W ini mampu bertahan selama 11 jam 48 menit pada pengujian melibatkan aplikasi PCMark. Sayangnya, Samsung Galaxy M52 5G hanya hadir dengan charger 15W sehingga mengisi baterai perangkat ini membutuhkan waktu lebih dari satu setengah jam.
 
Kesimpulan
Dukungan konektivitas jaringan 5G menjadikan Samsung Galaxy M52 5G ini menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin membeli perangkat 5G namun tidak memiliki anggaran besar, dan juga menginginkan perangkat dengan performa baik.
 
Selain itu, meski tidak mengunggulkan kemampuan kamera, Samsung Galaxy M52 5G tetap mampu menyuguhkan hasil foto yang baik, termasuk berkat dukungan sejumlah fitur penunjang seperti Night Mode, Macro, Super Slowmo, hingga Portrait yang memungkinkan Anda untuk berkreasi.
 
Hadir dengan bodi tipis dan berbobot ringan, Anda justru harus berhati-hati saat menyimpan ponsel dalam saku, jangan sampai melupakannya. Pengguna Samsung Galaxy M52 5G juga disarankan untuk menggunakan sasis eksternal guna menghindari kesan licin dan noda sidik jari akibat lapisan mengkilat yang membalut bodi belakang ponsel ini.
 
Spesifikasi  Samsung Galaxy M52 5G
Prosesor Qualcomm Snapdragon 778 5G
GPU Adreno 642L
RAM 8GB
Memori Internal  128GB
Kamera Belakang 64MP+12MP+5MP
Depan 32MP
Baterai 5.000mAh
Layar AMOLED 6,7 inci, 1080 x 2400 piksel, 120Hz
Harga Rp5.399.000
 
 
8.5
Samsung Galaxy M52 5G
Plus
  • Layar Super AMOLED 120 Hz
  • Performa baik
  • Ada fitur RAM Plus untuk tambah RAM 4 GB
  • Kamera cukup baik
  • Mendukung 5G
  • Baterai tahan lama
  • Ada NFC
Minus
  • Speaker belum stereo
  • Tanpa port audio jack 3.5mm
  • Bodi belakang mudah menempel bekas jari

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif