Logitech M720 Triathlon.
Logitech M720 Triathlon.

Review Mouse

Logitech M720 Triathlon, Jagokan Fitur Scroller dan Multi-Device

Teknologi teknologi hardware logitech review mouse
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Juli 2020 20:55
Jakarta: Medcom.id berkesempatan menjajal salah satu mouse nirkabel terbaru Logitech yang bernama Logitech M720 Triathlon. Mendengar namanya memang mengingatkan dengan sebuah cabang olahraga multidisiplin.
 
Mengapa nama tersebut dijadikan menjadi produk terbaru Logitech? Berdasarkan pengalaman menggunakan Logitech M720 Triathlon kami bisa menemukan jawaban atas nama yang mewakili fitur utama perangkat ini.
 
Mouse ini menawarkan fitur untuk bekerja multi-device alias beberapa perangkat sekaligus tanpa rasa lelah. Pertama yang kami temukan adalah kemampuan wheel-scroller yang super cepat, dan kedua adalah dukungan penggunaan di multi-perangkat sekaligus lewat tombol pintas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum masuk lebih dalam ke fungsinya, Medcom.id mau lebih dulu mengulas desainnya. Logitec M720 Triathlon punya delapan tombol yang bisa dikustomisasi fungsinya, mirip seperti fitur di mouse gaming.
 
Kemampuan ini juga didukung fitur untuk membuat kustomisasi khusus untuk aplikasi yang berbeda-beda. Pengguna bsia mengubahnya lewat aplikasi pendamping bernama Logitech Option.
 
Masih soal desain, Logitech M720 Triathlon punya desain dengan bodi cukup besar dengan grip yang sangat nyaman.Posisi tombol yang ada juga ergonomis. Ada tiga tombol di grip jempol sebelah kiri bodi mouse yang bisa dijangkau dengan mudah.
 
Logitech M720 Triathlon, Jagokan Fitur Scroller dan Multi-Device
 
Area tombol kiri dan kanan cukup lebar. Semua tombol terasa cukup tactile saat digunakan. Kami mendapatkan pengalaman menggunakan yang sangat nyaman dari Logitech M720, build quality yang dihadirkan juga terlihat awet.
 
Mouse ini mengandalkan baterai AA yang ada di bagian bawah dan sekaligus menjadi tempat menyimpan Bluetooth dongle. Di bagian atas dekat tombol klik kiri dan kanan sebetulya terdapat LED yang menjadi indikator usia baterai.
 
Saat pertama kali USB Bluetooth dongle terpasang ke laptop maka akan langsung muncul permintaan untuk memasang aplikasi Logitech Options. Namun menurut kami, proses instal atau pemasangannya cukup lama.
 
Logitech M720 Triathlon, Jagokan Fitur Scroller dan Multi-Device
 
Di sini tersedia fitur untuk mengatur fungsi setiap tombol tadi termasuk di aplikasi tertentu. Hal ini akan sangat memudahkan pengguna yang sangat mengandalkan mouse untuk bekerja. Kecepatan pergerakan pointer juga bisa diubah seperti mouse gaming.
 
Logitech M720 Triathlon punya kemampuan kecepatan sensor hingga 1000dpi tapi pengaturannya dilakukan lewat aplikasi Logitech Options, bukan tombol yang ada di atas bodi. Ada satu tombol yang terletak di antara tombol left click dan right click.
 
Kami sempat mengira kalau tombol ini sebagai pengatur DPI namun fungsinya ternyata sebagai pengatur sensitivitas wheel-scroller. Komponen ini jadi fitur utama Logitech M720 Triathlon yaitu memberikan scroller yang super cepat untuk kebutuhan membuka dokumen panjang.
 
Logitech M720 Triathlon, Jagokan Fitur Scroller dan Multi-Device
 
Efeknya bagi pengguna adalah jari mereka tidak akan pegal. Apabila tombol tadi dipencet maka akan terasa perbedaan pergerakan wheel-scroller yaitu yang cepat ditandai bunyi desis pelan dan pergerakan yang agak lambat ditandai bunyi "krek-krek" saat diputar.
 
Fitur ini menarik namun menurut kami kadang perputaran wheel-scroller jadi terlalu sensitif alias tidak akurat. Masih menyimpan kejutan ternyata wheel-scroller ini bisa ditekan ke sisi kanan maupun kiri yang menyediakan scroll left/right.
 
Kini beralih ke satu fitur unggulan lain yaitu multi-device yang bisa terhubung enam perangkat sekaligus mulai dari sistem operasi Windows, Chrome OS, macOS, Android, Linux, dan iPadOS. Konektivitasnya bisa dua jenis sekaligus yaitu lewat USB dongle maupun Bluetooth pairing tanpa dongle.
 
Logitech M720 Triathlon, Jagokan Fitur Scroller dan Multi-Device
 
Kemampuan tersebut terhubung ke tombol Easy Switch yang ada di sisi kiri Logitech M720 Triathlon yang ditandai LED dengan angka "123". Tombol ini berfungsi untuk berpindah perangkat dengan cepat hingga tiga perangkat. Kemampuan ini sebenarnya sudah ada sejak lama di keyboard wireless Logitech.
 
Semakin canggih, kemampuan pindah perangkat cepat ini juga didukung kemampuan click-drag serta copy-paste file dengan forma tertentu antar perangkat lewat fitur Logitech Flow. Sayangnya fitur ini masih terdapat kekurangan.
 
Logitech M720 Triathlon, Jagokan Fitur Scroller dan Multi-Device
 
Proses pairing Bluetooth maupun antar perangkat untuk mensinkronisasi fitur Logitech Flow cukup lama. Kami sempat beberapa kali gagal di percobaan pairing pertama.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz 16GB (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

 
Kesimpulan
Logitech M720 Triathlon menurut kami merupakan mouse yang memuaskan dengan fitur yang kaya untuk pekerja terutama yang menggunakan beberapa perangkat sekaligus. Fitur multi-device dengan Easy Switch dan kemampuan berbagi file click-drag sangat membantu.
 
Desainnya juga sangat ergonomis, tidak mungil seperti mouse buatan Logitech yang umum dijumpai. Pengguna dengan tangan berukuran besar dijamin nyaman menggunakannya.
 
Menyoal beberapa kekurangannya sudah kami sebutkan di bagian atas. Di laman resmi Logitech Indonesia, mouse Logitech M720 Triathlon dibanderol Rp929.000. Harga ini termasuk tinggi, apabila pengguna juga merangkap gamer, mungkin mereka akan lebih memilih mouse gaming terjangkau di kisaran Rp500 ribu.
8
Logitech M720
Plus
  • Desain ergonomis
  • Fitur lengkap dan multi-device
  • Build quality bagus
Minus
  • Harga
  • Wheel scroller kurang presisi
  • Pairing bluetooth

 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif