Tecware Nexus C.
Tecware Nexus C.

Tecware Nexus C, Casing PC Menawan Ramah Kantong

Teknologi review pc gaming
Cahyandaru Kuncorojati • 19 Juni 2019 14:30
Jakarta: Baru ini Medcom.id kedatangan casing PC merek Tecware. Dari informasi di situs resminya, merek ini menawarkan banyak varian casing. Salah satu yang sempat kami coba adalah seri Nexus C.
 
Seri Nexus adalah seri bujet. Hal ini terlihat dari desainnya yang minimalis tapi tidak murahan. Casing ini mengusung ukuran mid-tower yang mampu memuat motherboard jenis ATX, m-ATX, dan ITX. Di pasar, harganya dibanderol mulai dari Rp400 ribu.
 
Tecware Nexus C juga demikian. Ini bisa dilihat dari panel depan yang polos dengan lubang aliran udara di sisi kanan dan kirinya. Salah satu panel sampingnya juga polos sementara panel satu lagi menggunakan tempered glass yang ukurannya tidak sampai kaki casing dan hanya mencapai sisi chamber PSU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tecware Nexus C, Casing PC Menawan Ramah Kantong
 
Beberapa I/O Port tersedia di panel bagian atas. Pada casing ini, Anda akan menemukan satu port USB 3.0 dan dua port USB 2.0. Tersedia juga port audio jack untuk mikrofon dan headset serta tombol Power dan Reset sekaligus dua buah indikator LED. Di bagian tengah panel tersebut terdapat lubang ventilasi yang sudah dilengkapi dengan lapisan filter.
 
Lapisan filter ini juga tersedia di panel bagian bawah yang berfungsi sebagai ventilasi udara PSU. Tecware Nexus C sudah hadir dengan tiga chasis fan. Dua buah kipas ukuran 210mm ada di balik panel depan (front) dan satu lagi dengan ukuran sama di panel belakang (rear).
 
Tecware Nexus C, Casing PC Menawan Ramah Kantong
 
Di situs Tecware disebutkan bahwa produk ini masih bisa mendukung dua buah chasis fan ukuran 120mm atau 140 mm di bagian atas atau dipasang radiator liquid cooler dengan ukuran yang disebutkan. Pemasangan radiator liquid cooler ini juga bisa dipasang menggantikan chasis fan di panel depan.
 
Panel tempered glass padaTecware Nexus Cmenggunakan empat baut sebagai kunci, jadi bukan mengusung mode engsel. Desain ini jauh lebih memudahkan akses ke chamber utama untuk memasang komponen di dalamnya.
 
Tecware Nexus C, Casing PC Menawan Ramah Kantong
 
Dalam proses uji coba pemasangan, Medcom.id memasang motherboard ukuran ATX yang berasal dari testbed milik kami. Kami akui, proses pemasanganya tidak terlalu sulit meski tim Medcom.id baru beberapa kali berhasil merakit PC.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i7-8700K, Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard ASUS Z370-A Prime
RAM Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

 
Dalam paket penjualannya, Tecware Nexus C hadir dengan beragam baut yang dibutuhkan termasuk cable tie untuk membuat manajemen kabel lebih rapi. Hal ini karena chamber utama casing memiliki banyak lubang sebagai jalur masuk kabel yang akhirnya bisa diikat menggunakan cable tie pada lubang kecil khusus yang disediakan pada rangka casing.
 
Akses motherboard dan komponen di atasnya serta SSD diakses lewat panel tempered glass. Sementara PSU chamber dan slot HDD diakses lewat panel salah satunya. Tray pemasangan SSD mengusung model removeable yang dikunci di bagian atas PSU chamber atau persis di depan motherboard.
 
Tecware Nexus C, Casing PC Menawan Ramah Kantong
 
Tersedia dua buah tray SSD 2,5 inci. Sementara untuk HDD, tersedia dua buah tray untuk HDD 3,5 inci. Di dekatnya, terdapat lubang manajemen kabel yang langsung menghadap ke arah port SATA di motherboard.
 
Kesimpulan
Melihat harga dan tampilannya Tecware Nexus C, Medcom.id setuju bahwa produk ini memang ditujukan untuk kelas bujet. Tampilannya yang minimalis plus tanpa sedikit pun aksesori LED RGB membuat posisi segmennya sangat jelas.
 
Unsur estetikanya masih memikat. Penggunaan tempered glass memberikan kesempatan penggunanya untuk memamerkan spesifikasi komponen yang digunakan termasuk apabila menggunakan komponen dengan LED RGB di dalamnya.
 
Sayangnya, sedikit kesulitan sepanjang proses penggunaan yang kami alami adalah Tecware Nexus C belum mendukung konsep tool-less dalam pemasangan komponen. Untungnya, produk ini masih ingat untuk menyediakan konsep manajemen kabel yang mudah termasuk lubang untuk pemasang cable tie.
 
Patut diacungi jempol bahwa tersedia cukup banyak fitur di Tecware Nexus C. Mulai dari PSU chamber, tray SSD dan HDD yang sangat mencukupi, hingga dukungan sistem pendingin jenis liquid cooler yang membutuhkan ruang untuk pemasangan radiator.
Tecware Nexus C
Plus
  • Harga terjangkau
  • Desain minimalis tidak murahan
  • Panel tempered glass
  • Fitur tergolong lengkap
  • Manajemen kabel mudah
Minus
  • Tidak ada ornamen RGB
  • Belum menggunakan konsep tool-less dalam pemasangan

 

 

(MMI, ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif