Redmi Note 8.
Redmi Note 8.

Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik

Teknologi teknologi gadget xiaomi review gadget
Cahyandaru Kuncorojati • 21 November 2019 09:12
Jakarta: Beberapa smartphone telah meluncur di Indonesia menjelang akhir tahun. Xiaomi termasuk salah satu yang memamerkan dua smartphone anyar Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro. Keduanya tetap menyasar pasar menengah dan terjangkau.
 
Namun, mereka memberikan beberapa sentuhan baru yang bisa dibilang menghapus kesan murahan. Saya berkesempatan menjajal Redmi Note 8, yang dalam acara peluncurannya beberapa pekan lalu digadang sebagai ponsel berkamera 48MP keren dari berbagai aspek.
 
Dalam penjelasannya, pihak Xiaomi memamerkan desain bodi yang lebih menarik dan kekinian. Ini karena pilihan warnanya yang cukup memanjakan mata. Apa lagi kelebihannya? Bagaimana performanya dalam penggunaan sehari hari? Berikut ulasan Medcom.id.

Pilihan warna manjakan mata

Tampilan warna Redmi Note 8 memang sangat menarik. Elemen warna gradasi yang biasanya hanya tersedia pada ponsel dengan harga Rp5 juta atau lebih, kini ada pada ponsel kelas Rp3 juta. Unit Redmi Note 8 yang saya uji mengusung warna Moonlight White.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Warna ini memainkan elemen warna biru terang, yang jika dilihat secara rinci, terdiri dari warna biru, biru muda, sampai sangat muda cenderung putih. Warna ini memang memanjakan mata ketika smartphone diletakkan di meja dalam posisi terbalik. Unsur warna ini memang semakin terlihat berkat desain bodi belakang yang menggunkan lapisan kaca akrilik 2,5D.
 
Pilihan warna ini juga saya bilang cermat. Alasannya adalah bekas sidik jari yang menempel tidak akan begitu terlihat karena elemen yang terang. Dengan bodi seperti ini, ada risiko pecah saat jatuh, ditambah dengan kamera yang lebih menonjol.
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Anda disarankan menggunakan case tambahan. Bisa memakai case bawaan paket penjualan, atau membeli versi lain yang punya daya tahan lebih baik dan tetap bisa menonjolkan warna bodi Redmi Note 8. Jangan lupa juga untuk menggunakannya secara hati-hati.
 
Dari aspek ergonomis, ponsel ini masih nyaman dipegang satu tangan, karena mengusung dimensi bodi 158,3 x 75,3 x 8,4 mm, masih proporsional dengan layar 6,3 inci rasio ke bodi mencapai 81,7 persen.
 
Pada bodi belakang ini terpasang empat kamera dengan bingkai melingkar dan disusun secara vertikal. Empat kamera ini menggunakan satu bingkai yang sama, dan LED flash terpisah di sebelahnya. Pada sisi lainnya Anda bisa melihat logo Redmi, seperti kita tahu menjadi entitas mandiri di bawah Xiaomi.
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Terlepas dari pilihan warna yang keren, ada pengorbanan yang bagi saya cukup mengganggu. Desain Redmi Note 8 terlihat mengesampingkan model bodi pinggir yang sangat menonjolkan kesan ‘murahan’.
 
Balutan warna perak yang benar-benar terpisah dari elemen warna utama bodinya tidak enak dilihat dari sisi samping. Namun di satu sisi penggunaan warna perak atau metal ini jauh lebih baik dibandingkan seri terdahulu yang mengesankan smartphone ini punya frame plastik.
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
juga terlihat pada bagian port, yang rancangannya kurang halus. Memang, sisi ini paling jarang terlihat karena cukup tipis, tetapi tidak untuk penggunanya seiring pengalaman pemakaian.
 
Beralih ke sisi depan, Redmi Note 8 menggunakan rasio layar ke bodi 81,7 persen. Ini membuatnya menyisakan pinggiran hitam yang cukup tipis, dengan porsi cukup terlihat pada sisi atas poni dan bawah yang menampilkan logo Redmi. Ini tampilan yang cukup berbeda dengan produk kompetitor, karena pada umumnya merek ponsel hanya terpasang di bodi belakang.
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Untuk antarmuka, Redmi Note 8 menyematkan tombol volume dan power di pinggir kanan, dan slot triple SIM di pinggir kiri. Pada pinggir atas terdapat lubang mikrofon dan sensor inframerah, sementara pinggir bawah menyediakan dua lubang mikrofon, lubang speaker, dan port USB-C. Tak ketinggalan juga port audio 3,5mm.

Fitur Baru di MIUI 10

Redmi Note 8 mengadopsi antarmuka terkini buatan Xiaomi. MIUI 10 ini menggunakan Android 9 sebagai dasar, dengan kustomisasi mendalam dari aspek desain ikon, fitur tambahan, sampai elemen warna khas MIUI.
 
Antarmuka ini tidak menghapus fitur esensial yang sudah menjadi bawaan Android, dan menambah beberapa fungsi yang membuat penggunanya mengakses beberapa informasi yang lebih personal. Dari beberapa fitur tersebut, saya melihat ada tiga fitur yang tampil beda dari antarmuka merek lainnya.
 
Fitur pertama adalah Emergency SOS. Menu ini tersedia secara terpisah pada bagian Pengaturan. Sesuai namanya, Redmi Note 8 bisa mengaktifkan dan mengirimkan pesan darurat kepada kontak telepon yang dipilih.
 
Caranya adalah dengan menekan tombol power lima kali secara berturut-turut. Ada bisa memasukkan lebih dari satu nomor kontak darurat. Isi pesan teks yang dikirim adalah koordinat lokasi terakhir smartphone yang langsung dapat dilacak via Google Maps.
 
Akses izin aplikasi kini juga bisa dilihat secara spesifik pada menu Permissions. Pada menu yang menjadi fitur unik kedua ini, Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang mendapatkan akses ke perangkat tertentu, seperti kamera, daftar kontak, sampai memori penyimpanan.
 
Bisa lebih spesifik, Permissions memberikan informasi akses apa saja yang telah diizinkan untuk satu aplikasi. Pengguna juga dapat menentukan aplikasi yang bisa berjalan setiap ponsel baru menyala.
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Beralih ke fitur ketiga. Secara bawaan, Anda bisa mengakses langsung browser MI dengan menggeser panel ke atas pada home screen. Cukup eksklusif, peramban bawaan ini menampilkan sejumlah informasi dari YouTube mengenai video lokal populer terbaru, game simpel, sampai halaman Facebook jika Anda telah log in.
 
Saya melihat ini sebagai usaha Xiaomi menambah jumlah pengguna peramban mandiri mereka. Secara operasional, peramban ini cukup responsif, terlepas dari banyaknya add-on yang terpasang.
 
Terlepas dari kelebihan ini, Redmi Note 8 punya cukup banyak bloatware, dan aplikasi-aplikasi ini tidak akan dipakai. Anda bisa menghapus beberapa aplikasi ini, dan untuk menghapusnya tidak bisa secara cepat.
 
Anda harus mengakses informasi aplikasi terlebih dahulu, baru kemudian memilih Uninstall. Ini tidak seperti antarmuka lain yang menyediakan akses Uninstall langsung di halaman depan.

Kamera 48MP di harga Rp2 Juta

Redmi Note 8 sudah mengusung kemampuan spesifikasi kamera kelas kedua yang tengah populer. Apabila yang paligng populer saat ini adalah 64MP, di Redmi Note 8 ada kemampuan empat kamera belakang resolusi 48MP yang didukung 8MP lensa ultra-wide, 2MP lensa macro, dan 2MP lensa depth sensor.
 
Antarmuka dari kameranya sangat sederhana tapi membuatnya mudah dan cepat diakses. Mode kameranya terlihat masih tidak berbeda jauh dari seri sebelumnya, kecuali mode 49MP dan mode Night.
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Saya menjajal kemampuan kamera belakang Redmi Note dan hasilnya harus diakui cukup memuaskan. Kualitas warna foto yang dihasilkan tergolong tajam dan kaya. Di mode Night hasilnya juga masih terlihat menarik tapi warna yang dihasilkan kurang dramatis, ada bagian yang yang warnanya menjadi wash-out.
 
Kemudian saya menjajal kemampuan kamera depanya, Redmi Note 8 punya kamera depan beresolusi 13MP dan hasilnya bisa cukup diandakan.
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik

Baterai, RAM, dan memori jumbo

Di balik harganya yang terjangkau, Redmi Note 8 menyediakan hardware yang cukup mumpuni. Ia mengadopsi prosesor Snapdragon 665, yang berduet dengan RAM 6GB dan memori 128GB.
 
RAM dan memorinya memang sangat besar, apalagi pada rentang harga Rp2 juta. Prosesornya termasuk kelas menengah, tetapi secara performa tidak mengecewakan.
 
Membandingkan Redmi Note 8 dengan smartphone lain yang memiliki kapasitas RAM 6GB memang membuat smartphone ini punya harga paling murah. Dari sisi performa masih bisa unggul dan hanya terpaut jauh dengan smartphone lain yang chipsetnya lebih tinggi tapi bermodalkan kapasitas RAM sama.
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Kemampuan baterainya yang berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 18W juga bisa dibilang spesifikasinya sudah sangat lumayan. Daya tahannya berdasarkan simulasi pengujian PCMark for Android berhasil tercatat mampu bertahan hingga hampir 14 jam.
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Untuk kemampuan bermain game, misalnya PUBG Mobile, kualitas resolusinya mentok di Balanced dengan frame rate Medium. Apabila ingin bisa menyentuh frame rate High maka resolusi harus di tingkat smooth. Kemampuan ini tergolong sedikit kurang memuaskan karena terkendala prosesor kelas menengah Snapdragon yang bukan tergolong baru seperti seri 700.
 
Diuji untuk bermain game selama satu jam penuh tanpa henti, Redmi Note 8 hanya menghabiskan sekitar tiga persen baterainya tiap durasi permainan 10 menit. Dalam kondisi ruangan sekitar 35 derajat Celcius, smartphone ini terdeteksi oleh thermal gun menghasilkan suhu panas 38 derajat Celcius.
 
Redmi Note 8, Terjangkau tapi Lebih Menarik
 
Artinya, Redmi Note 8 tergolong menghasilkan suhu hangat dalam penggunaan yang intens. Diprediksi dalam kondisi di luar ruangan dan tanpa terpapar sinar matahari langsung, suhunya bisa cukup panas. Catatan ini bisa digunakan penggunanya untuk bisa mempertimbangkan kondisi ruangan saat ingin menggunakan smartphone ini untuk bermain game.
 

Kesimpulan
Redmi Note 8 adalah ponsel yang cukup menggiurkan. Untuk harga kurang dari Rp3 juta, Anda bisa mendapatkan smartphone dengan bodi keren. Tampilan warnanya yang mewah dan memanjakan mata pasti menarik perhatian orang lain ketika Anda meletakkannya di meja.
 
Ditambah lagi, desain warnanya tidak membuat bekas sidik jari sangat terlihat.
Ini belum termasuk RAM besar, memori luas, dan kamera yang mumpuni.
 
Antarmuka MIUI juga menyediakan fitur eksklusif yang lebih personal, terutama dari segi privasi data. Untuk performanya, ia sudah lebih dari cukup untuk memainkan game populer terkini yang menuntut grafis ciamik.
 
Di sisi lain, desain bodinya juga punya kekurangan yang masih terbilang minor. Kekurangan lainnya adalah aplikasi bawaan yang terlalu banyak. Beberapa aplikasi ini tidak esensial dan bisa dihapus selamanya.
 
Spesifikasi Redmi Note 8
Prosesor Qualcomm Snapdragon 665
GPU Adreno 610
OS Android 9.0
RAM 6GB
Memori Internal 128GB
Kamera Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Depan 13MP
Baterai 4.000mAh
Layar 6,3 inci (1080x2340p)
Harga Rp2.899.000 (RAM 6GB+128GB)
8.5
Redmi Note 8 (6/128GB)
Plus
  • Desain lebih menarik dari seri sebelumnya
  • RAM dan memroi internal besar di harga terjangkau
  • Kapasitas baterai besar
  • Kemampuan kamera memuaskan, lebih baik dari sebelumnya
  • Antarmuka lebih segar
Minus
  • Bodi belakang dan tepinya rentan pecah atau tergores
  • Performa gaming
  • Bloatware
  • Efek mode Night terlihat wash-out

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif