Corsair K70 RGB MK.2 SE.
Corsair K70 RGB MK.2 SE.

Corsair K70 RGB MK.2 SE, Tampil Beda Sekaligus Gesit

Teknologi corsair review keyboard
Cahyandaru Kuncorojati • 15 Januari 2019 07:22
Jakarta: Medcom.id menjajal keyboard gaming Corsair K70 RGB MK.2 SE. Apa perbedaan dengan K70 RGB MK.2? Sebetulnya perbedaannya hanya dari segi tampilan. Corsair K70 RGB MK.2 SE jauh lebih menarik.
 
K70 RGB MK.2 SE berbeda dari keyboard gaming Corsair lainnya yang didominasi warnah hitam. Keyboard gaming ini memiliki tampilan silver aluminium dengan finishing metal brush. Keycap yang digunakan berbalut warna putih, sehingga cocok dengan warna bodinya.
 
Medcom.id menemukan bahwa ada plus dan minus yang hadir dengan desain tampilan ini. Efek positifnya adalah setiap tombol K70 RGB MK.2 SE memiliki backlit LED RGB, membuat warnanya semakin berpendar berkat bodinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



 
Perlu diketahui bahwa LED RGB ini bisa dikustomisasi lewat Corsair iCUE. Tersedia juga tombol shortcut untuk mengatur profil efek atau pola menyalanya serta tingkat kecerahan cahayanya.
 
Di atas deretan tombol F1 hingga F4 berjajar dedicated button yang terdiri dari pengaturan profil, tingkat kecerahan cahayanya, dan tombol untuk mengunci fungsi tombol Start menu sehingga tidak terpencet di tengah game.
 
K70 RGB MK.2 SE memiliki on-board memory8GB. Tombol profil dan pengaturan intensitas cahayanya bisa digunakan untuk mengakses tiga profil fungsi makro dan efek LED RGB yang sudah diatur dan disimpan lewat Corsair iCUE.
 

 
Beralih ke efek atau negatifnya, keycap warna putih tersebut akan cepat sekali terlihat kotor atau bernoda apabila penggunanya enggan membersihkan tangannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
 
Masih membahas desain dari K70 RGB MK.2 SE. Keyboard ini hadir dengan ukuran full size, lengkap dengan deretan tombol numpad di sisi kanan. Persis di bagaian atas setelah tombol numpad terdapat jajaran dedicated button.
 
Jajaran pertama adalah tombol untuk kontrol konten multimedia, yaitu tombol stop, play/pause, next, dan previous. Kemudian di atas lagi, jajaran kedua berisi wheel scroller untuk mengatur volume suara sekaligus tombol mute.
 

 
Menurut Medcom.id kehadiran beberapa dedicated button yang disebut sangat membantu. K70 RGB MK.2 SE juga memiliki wrist rest yang bisa dilepaskan atau detachable.
 
Kini kita membahas pengalaman menggunakannya. K70 RGB MK.2 SE memiliki bobot 1,25kg mengandalkan konektivitas kabel dengan dua USB Type-A. Hal ini akan cukup memusingkan gamer yang memiliki PC atau mungkin laptop gaming dengan USB port terbatas.
 

 
Tepat disebelah kabelnya terdapat satu port USB yang bisa digunakan untuk menghubungkan colokan kabel atau dongle mouse maupun headset. Medcom.id menggunakan K70 RGB MK.2 SE pada testbed pengujian.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
RAM Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Hal paling berkesan dari Medcom.id selain tampilannya adalah pengalaman dari switch yang digunakan oleh K70 RGB MK.2 SE. Keyboard gaming ini menggunakan komponen Cherry MX Speed, yang dikenal tidak menyajikan pengalaman tactile atau bunyi klik. Namun, ia mampu memberikan input atau respons paling cepat.
 
Pengalaman ini sangat dibutuhkan bagi gamer yang ingin memastikan respons keyboard mereka sangat cepat. Di sisi lain, keyboard ini masih pas untuk kebutuhan profesional seperti mengetik cepat tanpa perlu menekan tombol keyboard cukup dalam.
 

 
Tidak ketinggalan bagi para gamer K70 RGB MK.2 SE sudah mendukung fitur 100 persen anti ghosting dan full-key rollover. Jadi semua tombol yang ditekan secara bersamaan maupun berurutan dengan tempo yang cepat akan tetap direspon dan diterima dengan cepat sekaligus presisi.
 

Kesimpulan
K70 RGB MK.2 SE berhasil menunjukkan bahwa kehadiran tampilan berbeda bukan satu-satunya nilai jual. Fitur dan performa ala keyboard gaming premium tetap disajikan di K70 RGB MK.2 SE.
 
K70 RGB MK.2 SE layak disebut keyboard gaming premium karena memadukan tampilan dan performa menjajikan. Tidak hanya untuk gamer, kalangan profesional juga masih pas menggunakan keyboard ini.
 
Tidak heran apabila K70 RGB MK.2 SE dibanderol di rentang harga Rp2,5 juta.
9.5
Corsair K70 RGB MK.2 SE
Plus
  • Tampilan silver aluminium finishing brush metal
  • Ukuran full size
  • Responsif dengan switch Cherry MX Speed
  • Dedicated button lengkap
Minus
  • Membutuhkan dua port USB Type-A untuk koneksi
  • Keycap warna putih mudah kotor atau bernoda

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi