MSI Trident X.
MSI Trident X.

MSI Trident X, Ramping dan Sangat Mumpuni

Teknologi msi review peripheral
Cahyandaru Kuncorojati • 09 Januari 2019 16:48
Jakarta: Tahun lalu, Medcom.id mengulas PC gaming unggulan dari MSI, MSI Trident 3 yang ditawarkan sebagai PC gaming portabel, karena hadir dalam bentuk slim tower yang sudah dipasangkan komponen spesifikasi PC gaming kelas menengah.

Kini Medcom.id mengulas seri terbaru, yaitu MSI Trident X. Pada versi terbaru ini MSI melakukan peningkatan menyeluruh dengan menggunakan komponen dan spesifikasi kelas high end.

Di Indonesia, MSI Trident X hadir dengan sedikit penyesuaian komponen sehingga harganya masih terjangkau, di sini harganya USD 2699 atau sekitar Rp38 juta menurut pantauan Medcom.id di internet. Bagimana pengalaman yang ditawarkan produk ini?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



 

Desain Berbeda dari MSI Trident 3


MSi Trident X memiliki desain sedikit berbeda dari MSI Trident 3. Pada MSI Trident X posisinya hanya bisa dalam mode tower alias berdiri dengan kaki penyangga, yang tidak bisa dilepas. Berbeda dari MSI Trident 3 yang bisa digunakan dalam posisi horizontal. Hal ini dikarenakan pada panel kiri MSI Trident X terdapat lubang ventilasi untuk kartu grafis dan PSU, sementara panel sisi kanan ada lubang ventilasi CPU. Selain itu, ukuran produk ini lebih besar yaitu 15 x 15,6 inci dengan ketebalan 5,1 inci serta bobot 6,55kg.



Panel sisi kanan dan kiri serta bagian atasnya menggunakan panel material metal, tetapi bisa diganti dengan panel jenis tempered glass. Panel bagian depannya menggunakan material sejenis plastik finishing glossy.

Medcom.id tidak masalah apabila MSI Trident X tidak bisa digunakan dalam posisi horizontal, karena posisi tersebut justru akan memakan tempat.


 

I/O Port Tetap Lengkap


Bodinya yang tipis masih bisa memuat I/O Port yang sangat lengkap. I/O Port bagian belakang terdapat port PS/2 Combo, dua port USB 2.0, satu USB 3.1 Gen2 Type-A dan Type-C, dua USB 3.1 Gen1 (Type-A), serta port RJ45 dan lima audio jack.

Untuk kebutuhan visual, disediakan satu port Display Port 1.2 dan port HDMI 1.4. Tidak ketinggalan konektivitas Intel Dual Band Wireless-AC dan Bluetooth 4.2 serta modul Intel I219-V.



Jumlah port tersebut jauh lebih banyak ketimbang di MSI Trident 3. Medcom.id menemukan bahwa port khsusus untuk fitur VR Link menghubungkan perangkat headset VR absen dari MSI Trident X.

Pada bagian depan terdapat beberapa I/O Port yang terdiri dari satu port USB 3.1 Gen1 (Type-C), satu USB 3.2 Gen1 (Type-A), satu USB 2.0 (Type-A), dan dua audio jack untuk mikrofon dan headphone.



 

Bagaimana Performanya?


MSI Trident X sebetulnya hadir dengan dua opsi prosesor, Intel Core i9-9900K dan i7-9700K. Unit yang Medcom.id jajal adalah yang opsi kedua. Kartu grafisnya juga disebut MSI hadir dalam tiga opsi:  MSI NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti, 2080, dan 2070. Unit pengujian kali ini memakai RTX 2080 8GB.

Untuk memenuhi kebutuhan memori internal, tersedia satu slot M.2 SSD dan dua slot HDD ukuran 2,5 inci. Dalam paket penjualannya, MSI Trident X menggunakan satu Samsung PM981 512GB NVMe SSD dan HDD 2TB. Kapasitas RAM yang diberikan sebesar 32GB DDR4 2666 MHz.

Medcom.id kemudian melakukan pengujian performa MSI Trident X didukung dengan periferal dari testbed dan monitor gaming MSI Optix MAG271CQR yang memiliki refresh rate 144Hz.Pengujian pertama adalah performa komputasi menggunakan software benchmark.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard  ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA  Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin  Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

MSI Trident X juga hadir dengan software MSI Command Center untuk melakukan overclocking atau tuning lebih mudah dan manual. Jadi meskipun MSI Trident X merupakan PC gaming ringkas, performa dapur pacunya masih bisa ditingkatkan lagi.



Hasil skor MSI Trident X terpantau tergolong bagus untuk PC gaming model slim tower yang dibekali kartu grafis dna prosesor generasi terbaru. Pengujian selanjutnya dilakukan dengan menggunakan game untuk mengetahui performa saat gaming.
 
Pengujian PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R15 Single Core Cinebench R15 Multi Core
Skor 6.571 22.351 205cb 1445cb


Dari empat game yang kami jadikan pengujian di kualitas grafis ultra dan resolusi 1920x1080 rupanya MSI Trident X bisa menampilkan kualitas grafis sangat memuaskan dengan framerate melebihi 60fps.



Kesimpulan
MSI Trident X tidak mengecewakan dari segi performa, sehingga harga yang dipatok juga sesuai. Beberapa konsumen mungkin menilai bahwa merakit PC sekelas produk ini tidak akan semahal harga yang ditawarkan. Namun, MSI Trident X adalah PC gaming ukuran compact.

Desain dan performa menjadi nilai jual utama MSI Trident X. Di sisi lain, Medcom.id kurang menyukai tampilannya karena masih lebih menarik MSI Trident 3.

Berbekal komponen dapur pacu generasi terbaru, tidak heran MSI Trident X mampu memiliki skor pengujian yang tinggi termasuk memainkan game kelas AAA dengan grafis kualitas ultra. Perlu diketahui bahwa MSI Trident X sendiri mengantongi penghargaan dari CES 2019.

Apabila Anda adalah konsumen yang enggan pusing memiliki komponen terbaik untuk merakit PC, MSI Trident X bisa dipertimbangkan terutama bagi konsumen yang enggan membeli laptop gaming dengan harga fantastis.
 
Spesifikasi MSI Trident X
Prosesor Intel Core i7-9700K
RAM 32GB GDDR4
VGA NVIDIA GeForce RTX 2080 8GB
Memori internal  NVMe SSD 512GB + HDD 2TB
Harga Rp38 juta

 
9.4
MSI Trident X
Plus
  • Performa dan spesifikasi memuaskan
  • Software untuk overclocking
  • Desain compact
  • I/O Port lengkap
Minus
  • Tampilannya kurang menarik dibandingkan MSI Trident 3
  • Harga agak tinggi

 


(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi