Samsung Galaxy Watch Active 2
Samsung Galaxy Watch Active 2

Review Smartwatch

Samsung Galaxy Watch Active 2 Elegan dan Responsif, Baterainya?

Teknologi teknologi samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 11 Februari 2020 10:03
Jakarta: Smartwatch kini mulai diminati oleh konsumen, mendorong perusahaan teknologi berbondong-bondong menghadirkan jam tangan cerdas karya mereka dengan berbagai teknologi dan fitur yang dinilai akan mampu memenuhi kebutuhan konsumen.
 
Popularitas smartwatch di kalangan konsumen ini salah satunya juga didorong oleh Samsung yang telah menghadirkan perangkat ini sejak tahun 2013 lalu, melalui Galaxy Gear generasi pertama yang diumumkan di Berlin, Jerman.
 
Sejak saat itu, Samsung terus berinovasi dan menghadirkan generasi baru dengan dukungan teknologi lebih baik, namun tetap sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dan generasi terbaru dari smartwatch Samsung adalah Galaxy Watch Active 2, diperkenalkan bersamaan dengan lini Galaxy Note 10.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Samsung Galaxy Watch Active 2 hadir dengan desain hasil kombinasi dua generasi smartwatch karya Samsung sebelumnya, yaitu Galaxy Watch Active dan Galaxy Watch. Smartwatch ini meneruskan garis desain sederhana namun elegan yang diusung Galaxy Watch Active, namun dengan dukungan bezel berputar seperti Galaxy Watch.
 
Sedikit berbeda dari Galaxy Watch, bezel berputar yang diusung oleh Galaxy Watch Active 2 bukanlah bezel fisik. Kemampuan serupa bezel putar ini dihadirkan Samsung pada bagian tepi kanan layar sentuh, yang menyuguhkan efek putar saat layar pada bagian tersebut diusap dengan gerakan dari atas ke bawah di sepanjang tepian tersebut.
 
Samsung Galaxy Watch Active 2 Elegan dan Responsif, Baterainya?
 
Kehadiran fungsi di layar sentuh serupa bezel putar ini mungkin tidak memuaskan layaknya bezel fisik pada Galaxy Watch jika berkenaan dengan umpan balik taktil. Samsung tetap berusaha menyuguhkan pengalaman tidak jauh berbeda dengan membenamkan fitur getar setiap kali Anda beralih ke aplikasi atau pengaturan selanjutnya.
 
Menyoal layar, Samsung Galaxy Watch Active 2 hadir dengan layar sentuh berpanel Super AMOLED berbentuk bulat dengan dua ukuran diameter, yaitu 40mm dan 44mm, dan dengan resolusi 360 x 360 piksel.
 
Untuk Anda pemilik pergelangan kecil, kami sarankan untuk menggunakan smartwatch ini dengan ukuran 40mm. Perangkat ini memang mampu mengukur detak jantung jika Anda menggunakan versi ukuran lebih besar, ukuran lebih besar ini akan mengurangi kenyamanan saat dikenakan.
 
Kami juga menyarankan Anda dengan pergelangan tangan kecil untuk menggunakan tali dengan ukuran lebih kecil. Sebab tali dengan ukuran lebih besar hadir dengan lubang pengunci jam tangan terakhir yang tetap akan menyebabkan tali tidak memeluk pergelangan tangan dengan erat.
 
Hal ini menyebabkan posisi jam tangan tidak sempurna sehingga perangkat tidak dapat mendeteksi langkah atau detak jantung dengan baik saat Anda bergerak. Selain itu, menggunakan desain kunci tali serupa Gear Fit, mengenakan jam tangan saat mengetik di laptop tetap terasa nyaman tanpa kesan mengganjal atau mengganggu saat dikenakan di balik jaket tipis.
 
Samsung Galaxy Watch Active 2 Elegan dan Responsif, Baterainya?
 
Jam tangan cerdas ini juga mengusung dua tombol di bagian sisi bodi perangkat serupa pendahulunya. Dua tombol fisik ini terdiri dari tombol Back di bagian atas dan tombol Home yang menampilkan aplikasi pada perangkat di bagian bawah.
 
Menekan tombol Home sebanyak dua kali akan memunculkan asisten digital karya Samsung, yaitu Bixby, secara default. Namun, Anda juga dapat mengubah peruntukan tombol ini untuk kegunaan lain seperti shortcut ke aplikasi favorit.
 
Untuk mengubah peruntukan gestur tekan dua kali pada tombol Home, Anda perlu mengakses menu Settings pada Galaxy Watch Active 2, lalu ke menu Advanced, dan ke menu Double press Home key, kemudian pilih aplikasi yang Anda inginkan.
 
Menyoal layar, Samsung Galaxy Watch Active 2 mampu menghadirkan pengalaman penggunaan menyenangkan berkat layar sentuhnya yang responsif. Selain itu, tampilan bagian awal jam juga menyenangkan untuk dilihat berkat kesederhanaan informasi yang disuguhkannya.
 
Menyoal dapur pacu, Galaxy Watch Active 2 hadir dengan dukungan Exynos 9110 dual-core, serupa dengan Galaxy Watch. Namun, pada generasi terbaru ini, Samsung membekali jam tangan tersebut dengan kecepatan 1.15GHz.
 
Selain itu, jam tangan cerdas ini juga berbekal RAM 768MB, yang mampu menyuguhkan pengalaman mulus saat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Selain itu, Galaxy Watch Active 2 ini juga dibekali dengan ruang penyimpanan sebesar 4GB.
 
Serupa pendahulunya, Galaxy Watch Active 2 menggunakan antarmuka pengguna khas Samsung, yaitu One UI, dan sistem operasi Tizen. Antarmuka jam tangan ini tergolong sederhana, hanya menampilkan cuaca, kalendar, deteksi detak jantung, olahraga yang ditargetkan, dan sebagainya.
 
Samsung Galaxy Watch Active 2 Elegan dan Responsif, Baterainya?
 
Semua menu tersebut dapat ditampilkan dengan mengusap layar dari kanan ke kiri. Khusus untuk menu notifikasi, Anda dapat menampilkannya dengan mengusap layar dari kiri ke kanan.
 
Namun, butuh waktu sedikit lebih lama untuk dapat terbiasa sehingga dapat menavigasikan jam tangan ini secara presisi, seperti saat melakukan zoom di titik yang tepat.
 
Selain itu, berkat integrasi mulus yang dihadirkan Samsung antar perangkat di ekosistemnya, Anda juga dapat memanfaatkan Galaxy Watch Active 2 sebagai alat bantu saat memotret. Sebab, jam tangan ini kini memiliki kemampuan yang juga dimiliki oleh S Pen pada Galaxy Note 9 dan Note 10, yaitu sebagai tombol shutter jarak jauh pada fitur bertajuk Camera Controller.
 
Menariknya, layar Samsung Galaxy Watch Active 2 ini juga berfungsi sebagai viewfinder dari kamera smartphone, meski untuk dapat menikmatinya, pengguna harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu dari Samsung Galaxy Store.
 
Sayangnya, Tizen belum mendapat dukungan dari banyak aplikasi pihak ketiga, sehingga Anda harus mengandalkan aplikasi pihak pertama untuk menjalankan sebagian besar interaktivitas di perangkat, selain untuk lampu senter, penghitung kalori dan peta lari.
 
Serupa Watch Active generasi pertama, Watch Active 2 juga berbekal fitur pelacak kualitas tidur, level stress, dan detak jantung, Perangkat wearable ini juga didukung oleh fitur Running Trainer, diklaim Samsung berbeda dari fitur yang juga ditawarkan pada aplikasi S Health.
 
Menyoal baterai, Samsung Galaxy Watch Active 2 ini mampu bertahan selama sekitar dua hari dalam satu kali pengisian daya baterai. Sementara itu, untuk mengisi baterai dari kondisi kosong hingga penuh, Anda perlu menunggu selama sekitar dua jam.
 
Mengusung daya tahan baterai lebih singkat jika dibandingkan dengan pendahulunya, Samsung Galaxy Watch Active 2 tetap mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan dan dukungan untuk tampilan bergaya berkat desain elegan yang diusungnya.
Samsung Galaxy Watch Active 2
Plus
  • Desain sederhana namun elegan
  • Tersedia fitur serupa bezel putar Galaxy Watch
  • Fitur kesehatan menarik
Minus
  • Dukungan aplikasi untuk Tizen sedikit
  • Daya tahan baterai lebih singkat dari pendahulunya

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif