NEWSTICKER
Samsung Galaxy Note 10 Lite
Samsung Galaxy Note 10 Lite

Review Smartphone

Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan

Teknologi teknologi samsung review gadget
Mohammad Mamduh, Lufthi Anggraeni • 13 Maret 2020 10:45
Jakarta: Sebelum memperkenalkan generasi baru, Samsung masih melengkapi rumpun Galaxy Note 10 pada awal tahun 2020 ini. Seperti yang kita ketahui bahwa satu rumpun unggulan tak lagi hadir dalam satu macam.
 
Galaxy Note 10 juga demikian, pada awal tahun ini meja redaksi teknologi Medcom.id kedatangan varian paling terjangkau. Galaxy Note 10 Lite, inilah nama smartphone dari kelas premium yang diharapkan bisa menjangkau konsumen yang tidak punya dana untuk meminang versi standar atau versi Plus.
 
Walaupun harga dipangkas, Samsung tetap mencoba menghadirkan semua sentuhan premium yang mutlak harus ada pada kelas Galaxy Note. Artikel kami kali ini akan mengulas secara mendalam kelebihan dan kekurangan Galaxy Note 10 Lite.

Bodi Tetap Galaxy Note

Tak seperti versi standar dan Plus, Samsung Galaxy Note 10 Lite telah mengadopsi desain terkini. Ini langsung terlihat dari model bingkai kamera belakang dengan bentuk tampil beda. Tiga kamera dan satu LED flash terpasang dalam satu bingkai kotak yang cukup besar dan pastinya memakan ruang di bodi belakang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kesan memakan ruang ini tidak terasa karena pada bodi belakang tak banyak komponen yang terpasang. Selain kamera belakang, Anda hanya akan melihat logo Samsung dengan posisi agak ke bawah. Balutan warna yang tersedia juga berbeda dengan varian lainnya.
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite yang kami jajal mengusung warna Aura Black, sedangkan dua warna lain terdiri dari Aura Glow dan Aura Red. Beralih ke sisi depan, Samsung Galaxy Note 10 Lite punya layar 6,7 inci dengan panel Super AMOLED dan resolusi 1080 x 2400 piksel.
 
Rasio layar ke bodi bisa dibilang cukup rendah, yaitu 86,6 persen. Namun, bezel tipis masih tetap terlihat setelah pengalaman penggunaan, apalagi dengan model poni punch hole yang hanya menyisakan kamera depan.
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Sebagai anggota keluarga Galaxy Note, smartphone ini tetap menyediakan S-Pen. S-Pen ini juga tersimpan pada slot yang sama, pinggir bawah yang juga tempat hadirnya port USB-C, lubang speaker, dan jack audio 3,5mm.
 
Keberadaan jack audio tampaknya tetap esensial dan lebih bisa diterima masyarakat, setelah beberapa vendor mencoba menyederhanakan antarmuka agar komponen yang terpasang di dalam smartphone bisa lebih ringkas. Samsung termasuk yang konsisten dalam hal ini. Untuk tombol power dan volume ada di pinggir kanan, dan slot kartu SIM di sisi berlawanan.
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Android 10 dan OneUI 2
Samsung Galaxy Note 10 Lite menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka One UI 2 khas Samsung. Karenanya, perangkat ini hadir dengan dukungan fitur perekam layar terintegrasi, Edge Screen, Edge Lighting, dan shortcut Link to Windows untuk aplikasi Microsoft Your Phone Companion.
 
Selain itu, Galaxy Note 10 Lite juga berbekal fitur Bixby Voice, Bixby Routine, dan kemampuan melakukan kustomisasi tombol daya. Seluruh fitur ini mendampingi fitur umum Samsung yaitu mode satu tangan, gestur navigasi, gesture angkat untuk membangunkan, Always On Display, dukungan tema, dan lainnya.
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite juga berbekal fitur Mode Gelap seluruh sistem, yang telah tersedia sejak One UI, meski kala itu terbatas pada aplikasi bawaan Samsung. Menyoal biometrik, Samsung Galaxy Note 10 Lite menawarkan dua pilihan, yaitu pemindai sidik jari dan pengenal wajah.
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Serupa Galaxy Note 10 versi reguler, versi Lite ini juga menghadirkan sensor pemindai sidik jari di layar. Menyoal S Pen, Anda juga akan menemukan fungsi-fungsi serupa S Pen pada Galaxy Note 10 versi reguler.
 
Saat menarik keluar S Pen dari ponsel dalam kondisi terkunci, menu Air Command akan muncul, menampilkan sejumlah shortcut yang telah ditentukan oleh Apple. Namun Anda dapat mengubahnya sehingga dapat menampilkan jalan pintas ke aplikasi.
 
Menu Air Command Samsung Galaxy Note 10 Lite juga tidak berbeda dari Galaxy Note 10 versi reguler, termasuk membuat catatan, memilih bagian di foto untuk dibuat sebagai GIF atau gambar baru, dan membuat AR Doodle. Anda juga dapat memanfaatkan S Pen Galaxy Note 10 Lite sebagai remote kendali shutter kamera.

Duet Kamera 12MP

Kamera Samsung Galaxy Note 10 Lite merupakan perpaduan antara sensor versi baru dan sensor generasi sebelumnya. Smartphone ini hadir dengan bekal kamera utama beresolusi 12MP dan kamera telefoto 12MP.
 
Kedua kamera ini serupa dengan kamera yang mendukung Samsung Galaxy Note S8 dan Galaxy Note 8. Di segi sensor versi baru, Samsung Galaxy Note 10 Lite berbekal kamera ultra-wide 12MP serupa Galaxy S10 Lite dan Galaxy A51.
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Memotret dengan kamera Galaxy Note 10 Lite, Anda mungkin tidak akan heran jika perangkat ini menghasilkan foto dengan gambar tajam, jernih dan warna cerah dalam kondisi pencahayaan cukup, mengingat perangkat ini masih termasuk dalam lini ponsel unggulan Samsung.
 
Hasil dengan kualitas baik juga kami dapati pada hasil kamera belakang, baik pencahayaan cukup maupun redup. Pada kondisi pencahayaan redup, noise masih terlihat pada hasil foto kamera depan, jika Anda perhatikan secara seksama. Noise ini tidak mengganggu tampilan foto secara keseluruhan.
 
Sementara itu, kamera pada smartphone ini hadir dengan tampilan standar One UI 2.0 dengan metode pengoperasian sederhana. Anda dapat beralih dari satu mode ke mode lain dengan mengusap dari layar ke arah kanan atau kiri.
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Samsung juga menyuguhkan opsi untuk mengubah susunan mode ini atau menghapus sejumlah mode dari viewfinder. Mengusap layar pada menu kamera dari atas ke bawah akan mengalihkan kamera dari depan ke belakang atau sebaliknya.
 
Samsung juga membekali ponsel ini dengan fitur bertajuk Super Steady, merupakan Optical Image Stabilization (OIS), mampu menyuguhkan hasil perekaman video minim guncangan dan stabil, meski direkam sambil berjalan.
 
Namun suguhan kinerja fitur Super Steady ini lebih maksimal pada hasil perekaman dengan menggunakan kamera belakang. Pada hasil perekaman video dengan kamera depan, Anda tetap dapat menemukan upaya stabilisasi perangkat ini jika memperhatikan dengan seksama.
 
Exynos 9810 dan RAM 8GB
Samsung Galaxy Note 10 Lite menggunakan chipset Exynos 9810. Dari aspek penamaan dan performa, ia berbeda dengan Exynos 9825 yang punya fabrikasi lebih kecil. Chipset ini berduet dengan GPU Mali-G72 MP18, RAM 8GB, dan memori 128GB.
 
Dengan spesifikasi ini, Anda sudah bisa membayangkan bahwa harganya tetap masuk dalam smartphone kelas atas. Pada grafik di bawah ini Anda bisa melihat performa Samsung Galaxy Note 10 Lite menggunakan aplikasi PCMark dan 3DMark.
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Tercatat bahwa ia cukup unggul dalam performa visual, mengalahkan Huawei P30 dan Samsung Galaxy A80. Namun dari sisi komputasi, ia masih kalah dengan chipset besutan Qualcomm.
 
Meskipun begitu, bukan berarti ia tidak layak untuk bermain game. Saat digunakan untuk memainkan game PUBG, Samsung Galaxy Note 10 Lite menyuguhkan pengalaman yang mulus dan menyenangkan.
 
Game itu mampu berjalan dengan mulus saat dimainkan pada pengaturan grafis default HD dan Frame Rate High. Pengalaman tidak jauh berbeda juga kami dapati saat mengubah pengaturan Frame Rate menjadi Ultra.
 
Hanya saja, memainkan game ini selama 30 menit di ruangan yang dingin, bodi perangkat mulai menghangat meski tidak mengganggu tampilan permainan. Kondisi berbeda terjadi saat game dimainkan di lokasi tanpa pendingin, sebab suhu bodi perangkat lebih cepat panas.
 
Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Terjangkau Tak Kalah Menawan
 
Sementara untuk baterai, Samsung Galaxy Note 10 Lite punya daya tahan yang cukup baik. Daya 4.500 mAh membuatnya mampu bertahan selama 12 jam saat dijajal dengan PCMark. Konsumsi baterai ini tergolong efisien, dan salah satu faktor pendukungnya adalah sistem operasi dan antarmuka yang optimal.
 
Daya tahan ini juga berarti ia hanya perlu diisi sekali dalam satu hari, dengan kondisi 100 persen saat akan berangkat kerja pukul 07.00 pagi, hingga kembali ke rumah sekitar pukul 20.00.
 
Kesimpulan
Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Note 10 Lite menyuguhkan pengalaman penggunaan yang tidak jauh berbeda dengan versi non Lite. Perangkat ini dapat menjadi opsi alternatif bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman ala Note 10, namun dengan harga terjangkau.
 
Pengalaman ini juga didukung oleh dukungan S Pen yang menghadirkan fitur serupa pada versi non Lite, serta dukungan daya tahan baterai yang tahan lama. Hanya saja, untuk melakukan kerja berat seperti bermain PUBG, Anda perlu memperhatikan suhu di sekitar, guna mendukung pengalaman bermain lebih baik.
Spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 Lite
Prosesor Exynos 9810
GPU Mali-G72 MP18
OS Android 10
RAM 8GB
Memori Internal 128GB
Kamera 12MP wide, 12MP telephoto, 12MP ultrawide, depan 32MP
Baterai 4.500 mAh
Layar Super AMOLED 6,7 inci, 1080 x 2400 piksel
Harga Rp8.199.000
8.5
Samsung Galaxy Note 10 Lite
Plus
  • S Pen dukung fitur serupa versi non Lite, namun lebih presisi
  • Dukungan One UI 2.0 dan Android 10
  • Baterai tahan lama
Minus
  • Suhu bodi memanas saat main game cukup lama

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif