PC gaming Asus ROG Strix GA15 (G15DH).
PC gaming Asus ROG Strix GA15 (G15DH).

Review PC Gaming

Review Asus ROG Strix GA15, Performa Sekaligus Desain Memuaskan

Teknologi teknologi asus hardware review pc gaming asus rog
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 09 Agustus 2020 16:22
Untuk melengkapi jajaran produk yang menggunakan prosesor AMD Ryzen generasi terbaru, Asus lewat merek gaming ROG menghadirkan PC yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan gaming konsumen.
 
Mereka belum lama ini meluncurkan Asus ROG Strix GA15, sebuah PC built-in yang telah dilengkapi dengan spesifikasi terkini. Target utamanya tentu saja konsumen yang menginginkan bermain game dengan kualitas tertinggi. Sebagai PC gaming, ia tak hanya menghadirkan spesifikasi.
 
Apa saja fitur yang ditawarkan? Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangannya? Berikut review Asus ROG Strix GA15 oleh tim redaksi teknologi Medcom.id.

Desain

Begitu dikeluarkan dari kardusnya, Anda bisa langsung melihat casing gaming khas ROG, yang tidak lain dari logonya yang cukup besar di panel depan. Demi memberikan kesan gaming yang lebih kuat, ia punya beberapa motif garis diagonal yang dilengkapi dengan panel RGB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Benar saja, begitu dinyalakan, garis diagonal ini langsung memancarkan cahaya RGB khas, dengan palet warna utama di merah dan biru. Tak jauh dari logo ROG ini ada penyangga kecil untuk meletakkan headset, yang bisa Anda langsung kenali bentuknya.
 
Review Asus ROG Strix GA15, Performa Sekaligus Desain Memuaskan
 
Pada sisi atas casing ini terdapat pegangan yang memang memudahkan pemindahan PC saat pertama kali pemasangan. Pada sisi ini juga tersedia lubang udara yang cukup banyak dengan desain tak simetris. Beberapa garis membentuk motif diagonal ke kiri, dan beberapa lainnya membentuk motif berlawanan tanpa bersinggungan langsung.
 
Ini pastinya membantu sirkulasi udara agar komponen di dalamnya tidak menghasilkan panas berlebihan. Kecuali monitor, dalam paket penjualannya juga telah tersedia mouse dan keyboard.
 
Review Asus ROG Strix GA15, Performa Sekaligus Desain Memuaskan
 
Untuk memamerkan efek RGB, Asus ROG Strix GA15 menyediakan panel samping transparan dengan kualitas material yang cukup bagus, kukuh dan tebal. Efek RGB ini nantinya bisa dikelola lebih spesifik lewat aplikasi Armoury Crate.
 
Di dalam casing mid-tower ini terpasang motherboard Micro-ATX, yang mungkin punya kendala ketika pengguna ingin upgrade karena hanya tersedia satu slot RAM. Di sisi lain, spesifikasi yang terpasang diharapkan tak perlu lagi penggunanya menambahkan komponen lain.
 
Review Asus ROG Strix GA15, Performa Sekaligus Desain Memuaskan
 
Selain itu, pemasangan kabel juga terlihat cukup rapi, sehingga sejatinya Anda bisa langsung memainkan game favorit begitu ia menyala. Untuk spesifikasinya, Asus ROG Strix GA15 (G15DH) menyediakan beberapa pilihan spesifikasi, dengan prosesor AMD Ryzen generasi terbaru.
 
Unit yang kami uji menggunakan prosesor Ryzen 7 3800X, yang berduet dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 Super 8GB dan RAM 8GB. Untuk penyimpanannya ia menggunakan satu unit SSD M.2 512GB dan HDD 1TB. Anda juga tak perlu repot lagi menghubungkannya dengan kabel LAN karena ia telah mendukung konektivitas wireless 802.11ac dan Bluetooth 5.1.
 
Review Asus ROG Strix GA15, Performa Sekaligus Desain Memuaskan
 
Ketersediaan antarmuka belakang cukup lengkap, bahkan ia masih menyediakan port PS/2 untuk mouse dan keyboard klasik. Tampilan antarmuka fisik dapat Anda lihat pada foto di bawah ini. Sejak awal, Asus menyebutkan rumpun Asus ROG Strix GA15 dirancang untuk gamer dan penggemar esports.
 
Pada prakteknya, Anda bisa saja memainkan game AAA dengan kualitas tinggi. Penambahan komponen RAM memang diperlukan jika dirasa kurang, tetapi motherboard yang digunakan punya keterbatasan dalam opsi upgrade.

Bagaimana Performanya?

Medcom.id melakukan pengujian Asus ROG Strix GA15 (G15DH) dalam performa bawaan alias tidak ada fitur performa yang ditingkatkan atau overclock. Tujuannya untuk mengetahui performa bawaan produk ini.
 
Mengingat Asus ROG Strix GA15 (G15DH) datang dengan paket PC yang dilengkapi mouse dan keyboard dalam paket penjualan, kami menambahkan beberapa aksesori pelengkap dari testbed Medcom.id.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Pertama, kami melakukan pengujian kemampuan komputasi menggunakan beberapa software benchmark yang biasa Medcom.id gunakan pada pengujian hardware maupun laptop gaming. Hasilnya, skor performa yang dikantongi Asus ROG Strix GA15 (G15DH) termasuk memuaskan.
PENGUJIAN: PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R20 (multi) Cinebench R20 (single)
SKOR: 6624 19427 4582 483

Kini beralih ke pengujian kedua yaitu untuk memainkan game. Medcom.id menggunakannya untuk bermain game di resolusi 1920x1080. Game yang dimainkan adalah Assassin's Creed Odyssey di Ultra High, World War z di Ultra, dan Gears 5 di Ultra.
 
Frame rate rata-rata (average) selama game berjalan di Asus ROG Strix GA15 (G15DH) termasuk sangat memuaskan. Di game Assassin's Creed Odyssey frame rate rata-rata yang disajikan bisa menyentuh 75fps saat kualitas grafis diubah ke High.
 
Review Asus ROG Strix GA15, Performa Sekaligus Desain Memuaskan
 
Kesimpulan
Asus ROG Strix GA15 (G15DH) hadir sebagai sebuah PC gaming mumpuni dengan desain keren khas ROG. ia menyediakan spesifikasi yang mumpuni untuk memainkan game kelas berat saat ini, ditambah ketersediaan fitur esensial seperti konektivitas nirkabel yang memberikan kemudahan untuk pengoperasian.
 
Satu-satunya kekurangan adalah pilihan upgrade yang cukup terbatas karena form-factor motherboard. Namun, tanpa upgrade juga ia tetap bisa menemani Anda dalam produktivitas atau bermain game dalam waktu setidaknya sampai tiga tahun ke depan.
SPESIFIKASI: Asus ROG Strix GA15 (G15DH)
Prosesor AMD Ryzen 7 3700X
RAM 8GB DDR4
Storage SSD M.2 NVMe 512GB + HDD 1TB
Kartu Grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 SUPER 8GB
Harga Rp24.999.000
9
Asus ROG Strix GA15 (G15DH)
Plus
  • Spesifikasi mumpuni
  • Desain khas ROG dan finishing bagus
  • Ringkas dna punya fitur esensial
Minus
  • Fitur upgrade terbatas

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif