realme X.
realme X.

realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship

Teknologi gadget review gadget realme
Cahyandaru Kuncorojati • 02 September 2019 15:28
Jakarta: realme mengklaim dirinya sebagai mereka smartphone anak muda yang mengunggulkan desain dan spesifikasi, tapi mempertahankan harga ramah kantong. Kenyataannya realme juga cukup berani mengadopsi fitur terkini.
 
Salah satu fitur terkini tersebut adalah model kamera pop-up atau yang tersembunyi di balik bodinya dan muncul menonjol keluar dari bagian atas smartphone. Fitur ini sejatinya banyak diperkenalkan merek lain sebagai seri flagship.
 
realme X diperkenalkan dalam dua varian kapasitas RAM yaitu 4GB dan 8GB yang masing-masing dibanderol Rp3.499.000 dan Rp4.199.000 saat peluncurannya. Apakah realme X bisa jadi kesempatan bagi konsumen dengan dana terbatas untuk memiliki smartphone dengan kamera model pop-up?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desain

realme X hadir tanpa memiliki poni, karena kamera depannya beralih ke model pop-up. Hal ini jelas membuat layarnya memiliki ukuran penuh dengan bezel tipis. Jadi sangat menghadirkan kesan smartphone berlayar lega dengan mengusung ukuran 6,53 inci.
 
Dari ukuran ini jelas realme X terasa cukup lebar, di tangan tapi bobotnya masih terbilang ringan di genggaman. Di bagian sisi atas, ada sebuah bidang persegi yang akan muncul saat kamera depan diaktifkan.
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
realme mengklaim dalam skenario terburuk saat smartphone ini akan jatuh maka kamera depan pop-up akan secara otomatis menarik ke dalam untuk menghindari patah atau benturan. Bodi sisi kanan dan kiri dibuat agak melengkung sehingga ergonomis di genggaman tangan.
 
Di sisi kanan tersedia tombol volume dan slot Dual SIM sementara di sisi kiri ada tombol volume. Lubang audio jack berada di sisi bawah bersama dengan grill speaker dan port USB-C. Ya, jenis port ini didukung dengan fitur quick charge bawaan VOOC Flash Charge.
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
Beralih ke bagian belakang, realme X masih setia menyajikan permainan gradasi warna. Bodi dnegan bahan polikarbonat ini dibalut gradasi warna ungu dan biru yang disebut sebagai versi Space Blue dengan coating mengkilap.
 
Efeknya sangat memikat perhatian saat terpantul cahaya, tapi coating mengkilap juga memantulkan sidik jari yang tertinggal di bodi. realme tidak menyebutkan bahwa bagian ini dibalut coating pelindung, jadi sebaiknya digunakan casing tambahan.
 
Bagian belakangnya hanya tersedia sebuah kamera belakang ganda dengan flash LED. Absennya pemindai sidik jari di bodi belakang karena kini fitur tersebut pindah ke atas layarnya.
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
Layarnya yang mengusung ukuran 6,53 inci hadir dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 pikse) menggunakan panel Super AMOLED. realme menyebutkan layarnya dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Seperti biasanya, layar dengan panel AMOLED menyediakan kecerahan yang tinggi dengan warna yang kuat.
 

Antarmuka dan Fitur

realme X hadir dengan sistem operasi terkini yaitu Android 9.0 Pie yang juga sama seperti saudaranya realme 3 dan realme 3 Pro yaitu menggunakan Color OS 6.0. Tampilan dan aplikasi bawannya tergolong sama, demikian juga fitur dari antarmukanya.
 
Antarmuka Color OS 6.0 terasa ringan dan memiliki tampilan sekaligus ikon yang berbeda dari merek smartphone Android lain. Hal ini menyajikan pengalaman yang khas pada jajaran smartphone realme.
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
Meskipun menjagokan kamera pop-up, realme X tetap masih memanjakan gamer dengan kehadiran Game Space. Fungsinya menonaktifkan notifikasi yang bisa mengganggu keseruan di tengah game dan mengoptimalisasi performa perangkat sekaligus game yang dimasukkan ke fitur ini.
 
Untuk fitur keamanan, realme X mengandalkan pemindai sidik jari di balik layarnya. Dari pengalaman Medcom.id pemindai sidik jarinya bekerja dengan baik meskipun jari dalam kondisi sedikit basah, menurut kami performanya masih kurang cepat.
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
Satu lagi hampir terlupakan adalah kamera depannya juga mendukung sistem keamanan face unlock yang mampu memindah wajah penggunanya. Performanya cukup baik dalam kondisi minim cahaya dan gesit meskipun masih lebih gesit menggunakan pemindai sidik jari.
 
Tidak ketinggalan face unlock ini bisa digunakan seperti pemindai sidik jari untuk mengunci akses beragam aplikasi. Namun cari ini mungkin tidak lebih praktis ketimbang pemindai sidik jari karena setiap saat kamera depan harus muncul dari atas realme X.
 

Kamera

Sebelum membahas kamera depannya, terlebih dahulu Medcom.id akan menampilkan kualitas kamera belakangnya. realme X memiliki kamera ganda yang memadukan 48MP sensor Sony IMX586 aperture f/1.7 dan kamera sekunder 5MP aperture f/2.4.
 
Mode kualitas superior 48MP bisa dihasilkan dengan terlebih dahulu mengaktifkan mode 48MP di fitur kamera. Kualitas resolusi tersebbut dicapai realme X dengan teknologi Quad-in-One atau Binning Pixel.
 
Hasil fotonya memang lebih tajam dari mode standar. Perbedaannya akan terlihat saat hasil foto diperbesar atau zoom. Hasil foto mode 48MP akan memiliki tinggkat ketajaman yang masih tergolong tinggi saat diperbesar, tidak mudah blur atau pecah.
 
Medcom.id mencoba menjajal kemampuan standar atau bawaan kamera belakang. Hasilnya tidak buruk. Tersedia juga fitur unggulan seperti Chroma Boost dan Nightscape.
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
Fitur Chroma Boost membuat warna yang tertangkap kamera semakin kuat, tetapi fitur ini harus digunakan saat dibutuhkan saja. Kadang, fitur ini mengakibatkan warna yang terlihat natural menjadi terlihat lebih halus atau menjadi warna pastel sehingga menurunkan kualitas foto.
 
Fitur mode Nightscape di kamera realme X mampu menghasilkan foto minim cahaya dengan hasil tangkapan pendar cahaya yang tajam dan tidak berlebihan. Medcom.id cukup puas dengan mode NIghtscape kameranya.
 
Hampir lupa mode AI Scene Recognition juga tersedia di kamera belakang. Dalam setiap pengujian kamera smartphone Medcom.id selalu menonaktifkan fitur AI di kamera. Beralih ke kamera depan pop-up realme X. Disajikan kamera beresolusi 16MP aperture f/2.0 dengan mode AI Beauty.
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
Kamera depan pop-up tersebut muncul keluar dari bodinya cukup cepat dengan bunyi pergerakan mekanisme kameranya yang tergolong senyap. Dalam pengujian yang dilakukan Medcom.id kamera depannya mampu diandalkan dalam kondisi minim cahaya sekalipun.
 

Bagaimana Performanya?

Dapur pacu realme X ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 710 Octa-core. Medcom.id menguji versi kapasitas RAM 8GB. Perlu dicatat bahwa smartphone ini tidak lagi menyediakan slot untuk microSD.
 
Absennya fitur tersebut tidak salah, realme X kapasitas RAM 4GB maupun 8GB sama-sama dibekali memori 128GB. Kapasitas ini sudah sangat besar, dan tidak lagi membutuhkan dukungan microSD.
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
Pengujian pertama realme X Medcom.id gunakan untuk bermain game PUBG Mobile. Sistem game langsung mendeteksi konfigurasi awal spesifikasi realme X ternyata cocok bermain di kualitas grafis High. Konsumsi baterainya tergolong hemat, berkurang tiga hingga empat persen setiap 10 menit.
 
Menariknya suhu panas sama sekali tidak muncul di bagian layar maupun bodinya saat bermain lama dengan tingkat kecerahan layar 50 persen. Hanya ada sedikti rasa hangat yang sama tidak terlalu terasa.
 
realme X, Kelas Menengah Punya Fitur Flagship
 
Kini Medcom.id menguji realme X menggunakan aplikasi benchmark PCMark Android 2.0 dan 3DMark Android. Hasilnya, performa realme X tergolong tinggi dengan angka pengujian yang dikantongi. Termasuk daya tahannya yang bisa mencapai sembilan jam bermodalkan kapasitas baterai 3.765 mAh.
 
Kesimpulan
Berdasarkan pengalaman, realme X tergolong memuaskan untuk merasakan kemampuan kamera pop-up yang sedang tren. Desain smartphone ini memang tidak bisa dibilang memiliki tampilan flagship tapi tidak buruk.
 
Kemampuannya bermodalkan chipset kelas menengah masih sangat memuaskan. Daya tahan baterainya yang lumayan serta tidak ada rasa panas yang muncul dari perangkat saat bermain game cukup lama.
 
Soal kameranya, baik kamera belakang maupun kamera depan pop-up sama-sama menghasilkan foto yang cukup memuaskan. Sayangnya, melihat harga varian RAM 8GB yang mencapai Rp4 juta ternyata realme X masih belum dibekali fitur NFC.
 
Spesifikasi realme X
Prosesor Qualcomm Snapdragon 710
GPU Adreno 616
OS Android 9.0 Pie / Color OS 6.0
RAM 4GB / 8GB
Memori Internal 128GB
Kamera Belakang 48MP+5MP, Depan 16MP
Baterai 3.765 mAh
Layar 6,53 inci Full HD+ (1080x2380p)
Harga Rp3.499.000 (RAM 4GB+128GB)
Rp4.199.000 (RAM 8GB+128GB)
9
realme X
Plus
  • Desain cukup menarik tapi gradasi warna tidak baru
  • Performa kamera depan pop-up memuaskan, termasuk kamera belakang
  • Dapur pacu
  • Baterai hemat
Minus
  • Bekas sidik jari membekas di bodi belakang
  • Tidak ada NFC

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif