Logitech M710
Logitech M710

Review Mouse

Logitech M170, Sederhana dan Nyaman Digunakan

Teknologi teknologi logitech review gadget
Lufthi Anggraeni • 18 Juli 2020 15:11
Jakarta: Logitech telah lama dikenal sebagai produsen perangkat periferal termasuk mouse. Perangkat ini memang masih banyak diandalkan oleh masyarakat pengguna perangkat komputasi, tidak hanya PC tapi juga laptop dan bahkan tablet dan smartphone.
 
Namun untuk smartphone dan tablet, tidak semua perangkat ini mendukung penggunaan mouse, dan umumnya hanya mendukung mouse dengan bekal teknologi Bluetooth. Untuk perangkat komputasi dengan dukungan port USB, Anda dapat memanfaatkan mouse dengan bekal dongle.
 
Dongle ini berfungsi untuk menghubungkan mouse dengan perangkat, baik via kabel maupun nirkabel, seperti yang diusung oleh salah satu mouse karya Logitech yaitu M710. Menyoal desain, Logitech M710 hadir serupa dengan M720 Triathlon yang sebelumnya sudah kami uji.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perbedaan keduanya telah dapat ditemukan saat melihat perangkat untuk pertama kali. Logitech M710 hadir dengan desain lebih sederhana, hanya berbekal tombol klik kanan dan kiri di bagian atas perangkat, mengapit roda gulir.
 
Logitech M170, Sederhana dan Nyaman Digunakan
 
Sementara itu di sisi perangkat, Anda akan menemukan pola segitiga berukuran kecil yang menghiasi bodi perangkat. Tidak hanya mendukung estetika perangkat, pola ini juga bertindak serupa tekstur yang membantu mencegah kesan licin saat menggunakan mouse dalam jangka waktu lama.
 
Tidak hanya di bagian sisi, pola bertekstur ini juga dapat Anda temukan di bagian roda gulir, meski mungkin tidak terlalu kentara mengingat ukuran pola ini lebih kecil, selaras dengan ukuran roda gulir. Unit Logitech M710 yang kami coba ini hadir dalam warna hitam yang dikombinasikan dengan warna abu-abu.
 
Warna tidak mengkilat ini mungkin lebih sesuai untuk konsumen laki-laki, atau Anda yang menggemari warna gelap yang menimbulkan kesan elegan dan tahan lama. Dan serupa dengan mouse pada umumnya, Anda dapat menemukan slot penyimpanan dongle penghubung di bagian bawah perangkat.
 
Slot penyimpanan dongle ini dapat ditemukan berdampingan dengan slot untuk baterai AA setelah membuka bagian bodi penutupnya. Untuk membuka bagian bodi penutup ini, Anda hanya perlu menggesernya ke arah luar pada bagian yang melengkung ke arah dalam, membentuk serupa kawah.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz 16GB (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Sementara itu di atas bagian bawah mouse, Anda juga dapat menemukan tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat, serta sensor optik untuk menavigasikan mouse via pendeteksian permukaan lokasi perangkat ditempatkan.
 
Logitech M170, Sederhana dan Nyaman Digunakan
 
Mouse ini hadir dengan dimensi lebih tebal jika dibandingkan dengan Logitech Pebble M350, yang akan menyuguhkan kenyamanan lebih baik bagi Anda, pengguna dengan metode menangkup permukaan mouse dengan posisi jari di atas tombol klik atau Palm Grip, dan berukuran tangan lebih besar.
 
Logitech tidak memasarkan M710 sebagai mouse silent atau senyap, karenanya Anda akan mendapati suara yang keluar setiap kali mengklik baik tombol kanan maupun tombol kiri. Demikian juga saat menggulirkan roda gulir.
 
Hal ini mungkin sesuai untuk Anda yang menyukai keluaran suara dari perangkat saat mengkliknya. Namun suara yang dikeluarkan oleh roda gulir Logitech M710 ini lebih senyap jika dibandingkan dengan suara yang dihasilkan oleh tombol klik kanan dan kiri.
 
Logitech M710 juga tidak dibekali dengan dukungan konektivitas Bluetooth yang memungkinkannya terhubung dengan perangkat tanpa dukungan port USB, sehingga Anda tidak dapat menggunakannya pada tablet atau smartphone.
 
Logitech M170, Sederhana dan Nyaman Digunakan
 
Absennya fitur konektivitas ini mungkin dapat Anda akali dengan menggunakan adapter micro USB atau USB-C ke USB, sehingga dapat memanfaatkan mouse pada perangkat tablet, meski Anda tetap harus memeriksa kompatibilitas perangkat terlebih dahulu sebelum mencobanya.
 
Kemampuan Logitech M710 terhubung dengan dongle tanpa kabel menyuguhkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan, karena Anda tidak perlu repot mengatur letak kabel atau mengalami keterbatasan ruang gerak akibat untaian kabel.
 
Sementara itu, presisi dan akurasi perangkat saat dinavigasikan juga baik tanpa gangguan lag, meski Bukan dikategorikan sebagai mouse gaming. Tombol klik kanan dan kiri pada Logitech M710 juga tergolong empuk, menyuguhkan pengalaman yang nyaman meski digunakan dalam jangka waktu lama.
 
Di sejumlah ecommerce, Anda dapat membeli Logitech M710 ini dengan harga berkisar sebesar Rp70.000 - Rp75.000.
8
Logitech M710
Plus
  • Tombol klik empuk
  • Roda gulir cukup senyap
  • Bodi lebih tebal, nyaman untuk pengguna bertangan besar
  • Presisi dan akurasi navigasi baik
Minus
  • Tidak tersedia fitur konektivitas secara penuh via Bluetooth

 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif