Samsung Galaxy Tab A7 Lite menawarkan pengalaman cukup baik, dengan harga terjangkau.
Samsung Galaxy Tab A7 Lite menawarkan pengalaman cukup baik, dengan harga terjangkau.

Review Tablet

Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Mungil Bersahabat

Teknologi teknologi samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 22 Juni 2021 08:00
Jakarta: Samsung secara resmi memperkenalkan Galaxy Tab A7 Lite secara global bersamaan dengan Galaxy Tab S7 FE 5G, meski di Indonesia, perangkat ini menyapa konsumen tanpa didampingi oleh saudaranya tersebut.
 
Seperti nama yang diusungnya, Samsung Galaxy Tab A7 Lite merupakan model dengan dukungan spesifikasi lebih rendah, dan ditawarkan dengan harga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy A7.
 
Sebagai informasi, Samsung Galaxy A7 dipasarkan di Tanah Air seharga Rp4.999.000, dengan dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 622, dengan layar berukuran 10,4 inci dan beresolusi 2000 x 1200 piksel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun merupakan model berspesifikasi lebih rendah dan dipasarkan dengan harga lebih terjangkau, benarkah Samsung Galaxy Tab A7 Lite menawarkan performa dan pengalaman penggunaan tidak sebaik pendahulunya? Simak ulasan kami berikut ini.
 

Desain

Ditawarkan dengan harga terjangkau tidak menjadikan Samsung mengabaikan sisi desain dan bahan bodi dari Galaxy tab A7 Lite ini. Pada bagian belakang, Samsung membalut tablet ini dengan bahan alumunium, menjadikan bobot perangkat ini tergolong ringan.
 
Bobot ringan ini mendukung kenyamanan saat harus menggenggam perangkat dalam jangka waktu lama, dan memudahkan saat menggenggam tablet dengan satu tangan. Bahan aluminium tersebut juga mengusung tekstur, sehingga memperkokoh genggaman sebab tidak mudah licin.
 
Kehadiran tekstur ini turut mendukung keindahan tampilan perangkat, sebab mengurangi peluang bodi kotor akibat noda sidik jari. Kenyamanan menggenggam tablet ini juga didukung oleh ukuran layarnya yang tergolong kecil.
 
Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Mungil Bersahabat
 
Mengusung bodi kecil, tidak berarti layar perangkat ini juga kecil, sebab jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy Tab A7, Samsung Galaxy Tab A7 Lite hadir dengan ukuran bezel lebih tipis, sehingga layar lebih luas dari tablet lain dengan dimensi serupa.
 
Hal ini turut mendukung kenyamanan saat memainkan game yang mengharuskan Anda menggenggam perangkat, sebab lebih mudah digenggam namun dengan tampilan yang luas. Sebagai informasi, Samsung Galaxy Tab A7 Lite hadir dengan layar TFT berukuran 8,7 inci dan beresolusi 1.340 x 800 piksel.
 
Sayangnya, berbeda dengan bodi bagian belakang, layar perangkat ini mudah kotor oleh noda sidik jari. Pada bodi tablet ini, Anda akan dapat menemukan jack headphone 3,5mm di sisi bawah bodi, didampingi oleh port USB-C dan lubang speaker, sedangkan slot microSD dan kartu SIM dapat Anda temukan di sisi kiri bodi tablet.
 
Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Mungil Bersahabat
 
Anda juga dapat menemukan jajaran lubang speaker kedua di sisi atas bodi tablet, sejajar dengan speaker yang tersemat di sisi bawah. Salah satu keunikan kami temukan pada posisi penyematan tombol daya dan volume pada Galaxy Tab A7 Lite ini.
 
Pada tablet ini, Samsung menyematkan tombol daya di atas tombol volume, berbeda dari posisi penyematan kedua tombol fisik ini pada sebagian besar perangkat. Sebagai pengingat, umumnya Samsung menyematkan tombol volume di atas tombol daya, atau saling berseberangan di beberapa model, seperti smartphone Galaxy S9+.
 
Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Mungil Bersahabat
 
Hal ini mungkin akan mengecoh pengguna yang terbiasa dengan layout standar pada periode penggunaan awal, meski saat telah terbiasa, hal ini tidak akan menjadi hambatan berarti. Selain itu, Anda juga akan menemukan satu kamera di bodi bagian belakang, serta satu kamera di atas layar.
 
Dan Anda tidak akan menemukan sensor pemindai sidik jari fisik, baik di bagian belakang, di tombol daya, ataupun di bawah layar.
 

Software

Samsung Galaxy Tab A7 Lite hadir dengan dukungan antarmuka pengguna terbaru Samsung, One UI 3.1, berbasis sistem operasi Android 11. Secara umum, pengoperasian dan navigasi pada tablet ini tidak jauh berbeda dari tablet karya Samsung lainnya.
 
Samsung turut membekali Galaxy A7 Lite ini dengan fitur One Hand Operation, yang kian menghadirkan kemudahan saat menggunakan tablet ini. Sebagai informasi, fitur ini merupakan fitur yang umumnya tersedia pada perangkat premium karya Samsung.
 
Salah satu fungsi fitur ini dapat terlihat saat akan membuka kunci dengan menggunakan pola sandi. Anda akan menemukan tanda panah di sebelah kanan dan kiri bagian input pola sandi di halaman Lockscreen.
 
Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Mungil Bersahabat
 
Tanda panah ini akan memungkinkan Anda memindahkan bagian input ke sisi kanan atau kiri, sesuai dengan tangan yang digunakan untuk menggenggam perangkat. Selain itu dengan fitur ini, Anda juga dapat mengaktifkan switch untuk menambahkan tiga tipe gestur Swipe and Hold.
 
Selain itu, Samsung juga membekali fitur Auto Hotspot pada Galaxy Tab A7 Lite ini, mempermudah dan mempercepat dalam berbagi koneksi internet. Untuk dapat berbagi koneksi internet tanpa perlu memasukan password dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat menggunakan mengaktifkan Samsung Account di perangkat lainnya.
 
Ditujukan sebagai perangkat pendamping aktivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi, Samsung juga membekali Galaxy Tab A7 Lite ini dengan teknologi audio surround Dolby Atmos, guna menyuguhkan keluaran suara jernih dan keras sehingga dapat didengarkan oleh penggunanya.
 
Selain itu, Galaxy A7 Lite juga berbekal fitur Samsung yang tergolong baru yaitu Auto Switch. Fitur ini menyuguhkan kemudahan dalam menghubungkan satu perangkat Galaxy ke perangkat Galaxy lainnya, seperti antara smartphone, tablet, dan earphone karya Samsung, Galaxy Buds Pro.
 

Kamera

Pada umumnya, perangkat tablet memang tidak ditujukan sebagai alat yang pertama kali terlintas di benak pengguna menyoal memotret atau merekam video dari suatu obyek. Karenanya, kualitas gambar yang dihasilkan kamera tablet, baik foto diam atau video bergerak bukanlah prioritas utama setiap produsen.
 
Tidak terkecuali Samsung yang membekali Galaxy Tab A7 Lite ini dengan kamera belakang beresolusi 8MP dan kamera depan beresolusi 2MP. Ditujukan sebagai alat penunjang aktivitas bekerja dan belajar dari rumah, kamera tablet ini cukup mampu menangkap gambar dengan jernih dan tajam saat digunakan pada layanan konferensi video.
 
Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Mungil Bersahabat
 
Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Mungil Bersahabat
 
Namun, kamera tablet ini juga mampu menghadirkan hasil foto tergolong baik untuk sekadar di bagikan ke media sosial dalam kondisi pencahayaan cukup, meski tidak demikian dengan foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan redup.
 
Selain itu, Samsung juga menambahkan mode foto dengan dukungan filter Augmented Reality (AR) menarik. Sebagai pengingat, filter AR serupa juga pernah disematkan Samsung pada smartphone unggulan keluaran tahun 2017 lalu, lini Samsung Galaxy S8.
 
Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Mungil Bersahabat
 
Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Mungil Bersahabat
 
Dengan demikian, Anda dapat lebih berkreasi dengan foto yang dipotret dengan kamera tablet ini, meski Samsung tidak membekali fitur kamera menarik lain tablet ini. Selain itu, dimensinya yang tidak seringkas smartphone mungkin akan menyulitkan Anda saat ingin menggunakan kamera pada tablet ini untuk memotret.
 
Berbeda dengan pendahulunya, Galaxy Tab A7 yang sudah menyematkan kamera depan di bezel bagian sisi perangkat, Samsung kembali menyematkan kamera depan pada Galaxy Tab A7 Lite ini di bezel bagian atas perangkat.
 
Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Mungil Bersahabat
 
Hal ini sedikit mengecoh arah pandangan mata saat menggunakan tablet saat mengikuti konferensi video yang umumnya dilakukan dengan orientasi layar horisontal. Selain itu, letak penyematan kamera depan ini juga kerap menjadikannya tertutup tangan secara tidak sengaja saat memindahkan atau memperbaiki posisi tablet.
 

Performa

Samsung membekali Galaxy Tab A7 Lite dengan chipset prosesor Mediatek MT8768T Helio P22T dan RAM 3 GB. namun, dukungan kedua komponen ini kurang mampu untuk menghadirkan performa mulus saat menggunakan tablet untuk aktivitas sehari-hari.
 
Beberapa kali, kami menemukan lag pada animasi saat mengoperasikan tablet, termasuk saat menggulirkan tampilan antarmuka tablet dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Kami juga menemukan jeda satu hingga dua detik saat mengakses aplikasi, sebelum aplikasi menampilkan tampilan utama.
 
Selain itu, performa kurang cepat ini juga terasa saat memuat game PUBG Mobile pada Galaxy Tab A7 Lite ini. Saat memainkan game ini, tablet secara default akan mengatur permainan pada pengaturan grafis terendah yaitu Smooth dan Frame Rate tertinggi, yaitu Medium.
 
Meskipun demikian, memainkan game PUBG Mobile pada tablet ini tergolong menyenangkan, sebab lag tersebut tidak terasa dan permainan tergolong mulus, terlebih saat fokus menikmati permainan yang kian didukung keluaran suara surround sound dari Dolby Atmos.
 
Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Mungil Bersahabat
 
Permainan masih dapat disuguhkan dengan baik saat pengaturan grafis diganti ke Balanced, meski lag sedikit lebih terasa. Selain itu, pengalaman bermain game menyenangkan ini juga didukung oleh bentang layar yang tergolong luas, dengan tampilan jernih dan tajam, serta dimensi bodi tergolong kecil sehingga mudah untuk digenggam. 
 
Menyoal baterai, tablet ini berbekal baterai berkapasitas besar yaitu 5.100mAh dan telah didukung oleh teknologi pengisian daya cepat berdaya 15W. Samsung juga membekali Galaxy Tab A7 Lite ini dengan charger bawaan dalam kotak kemasan penjualannya.
 
Sayangnya, teknologi pengisian daya cepat tidak kami rasakan saat memanfaatkan charger bawaan tersebut untuk mengisi daya baterai Galaxy Tab A7 Lite ini. Charger itu membutuhkan waktu sekitar tiga setengah jam untuk dapat mengisi daya baterai dari 10 persen hingga 100 persen.
 
Sementara itu, baterai Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini mampu bertahan dalam jangka waktu lama, selama beberapa hari dalam mode stand by, dan selama lebih dari satu hari jika digunakan dalam skenario tidak terlalu sibuk.
 
Namun, saat digunakan secara intensif untuk bermain game dan menggunakan berbagai aplikasi jejaring sosial dan produktivitas, tablet ini mampu bertahan selama sekitar enam jam dan menyisakan daya baterai 10 persen.
 
Sedangkan saat diuji dengan menggunakan aplikasi benchmark PCMark, baterai Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini mampu bertahan selama 11 jam 59 menit.
 
Kesimpulan
Samsung Galaxy Tab A7 Lite mampu menawarkan performa baik, jika digunakan sekadar untuk menjadi perangkat pendamping aktivitas konferensi video Anda, seperti tujuan awal Samsung menghadirkan tablet ini ke pasar.
 
Karenanya, sebaiknya Anda tidak menaruh harapan berlebih pada tablet ini. Meskipun demikian, dengan penawaran harga terjangkau dan bodi yang terkesan cukup premium, Samsung Galaxy A7 Lite ini sesuai untuk Anda yang menginginkan tablet namun beranggaran terbatas.
 
Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7 Lite
Prosesor Mediatek MT8768T Helio P22T
GPU PowerVR GE8320
OS Android 11, OneUI 3.1
RAM 3GB
Memori Internal  32GB
Kamera 8MP+2MP
Baterai 5.100mAh
Layar 8,7 inci TFT 1340 x 800 piksel
Harga Rp2.499.000
 
 
8
Samsung Galaxy Tab A7 Lite
Plus
  • Harga Terjangkau
  • Desain dan bahan bodi terkesan premium
  • Teknologi audio menyenangkan
Minus
  • Layar mudah kotor
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif