Corsair CV550.
Corsair CV550.

Review PSU

Corsair CV550, PSU Terjangkau dari Merek Besar

Teknologi teknologi hardware review peripheral corsair
Cahyandaru Kuncorojati • 27 Maret 2020 15:13
Jakarta: Redaksi kanal Teknologi Medcom.id beberapa waktu lalu kedatangan salah satu produk terbaru Corsair. Mereka baru saja merilis produk di kategori PSU (Power Supply Unit) yaitu seri Corsair CV550.
 
Melihat desainnya memang diakui bahwa Corsair CV550 hadir untuk menargetkan PC builder dengan dana terjangkau. Model atau desainnya sangat sederhana dibandingkan seri PSU Corsair di kelas yang lebih tinggi.
 
Namun, mengingat produk ini membawa merek yang sudah terkenal di periferal dan komponen PC gaming maka PSU sederhana tersebut pasti akan dilirik oleh PC builder. Ditambah kapasitas daya yang disediakan termasuk besar dan mendukung untuk spesifikasi kelas mid-high.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Corsair juga mengklaim bahwa PSU ini jauh lebih ramping dibandingkan PSU standar kebanyakan. Panjang enclosure Corsair CV550 hanya 125mm sehingga muat untuk sasis PC beragam ukuran saat ini.
 
Corsair CV550, PSU Terjangkau dari Merek Besar
 
Corsair CV550 hadir dengan balutan warna hitam putih dan daya 550W. Efisiensi PSU ini juga sudah megantongi sertifikasi 80 Plus Bronze. Menyoal konektivitas, kami menemukan PSU ini punya konektor kabel yang tidak modular (non-modular).
 
Artinya, pengguna akan memiliki keterbatasan dalam mengatur kabel atau manajemen kabel dari PSU ke setiap komponen. Padahal untuk PSU saat ini seharusnya sudah bisa menyediakan fitur konektor modular di kelas terjangkau sekalipun.
 
Kami menemukan bahwa model kabel konektor yang tersedia memiliki desain yang rentang rusak karena bukan braided wire. Terlihat jelas bahwa kabel menuju konektor PCIe hanya dibalut dengan sebuah jaring berwarna hitam.
 
Melihat konektor PCIe yang tersedia sebetulnya Corsair CV550 cukup lengkap atau seperti yang disebutkan tadi, bisa mendukung spesifikasi tinggi.Tersedia konektor PCIe 8pin (6+2) yang bisa digunakan untuk kartu grafis kelas tinggi.
 
Melihat bagian dalamnya, Corsair CV550 menggunakan kipas pendingin ukuran 120mm dan disebutkan memiliki fitur PWM. Jadi kipas akan berputar lebih renda saat beban kerja rendah.
 
Kipas pendinginnya tidak mendukung fitur Zero RPM sehingga kipas akan tetap berputar dan menghasilkan bising meskipun pelan. Satu lagi, karena power supply ini tidak termasuk digital power supply maka performanya tidak bisa dipantau melalui software Corsair iCUE.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Kesimpulan
Menurut Medcom.id kualitas dari PSU Corsair CV550 cukup berkualitas meskipun menargetkan budget PC. Produk ini dibanderol mulai dari Rp700 ribu dan menurut kami harganya cukup bisa dipertimbangkan untuk target tersebut.
 
Di kisaran harga yang sama sudah ada PSU yang menawarkan fitur konektor modular, bukan non-modular seperti Corsair CV550. Namun, yang menjadi nilai tambah dari produk ini selain merek adalah efisiensinya yang sudah mengantongi sertifikasi 80 Plus Bronze.
Corsair CV550
Plus
  • Build quality bagus
  • Desain ramping
  • Konektor PCIe lengkap
  • Sertifikasi 80 Plus Bronze
Minus
  • Desain konektor masih non-modular

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif