Berikut ulasan kami terkait Asus ZenBook 13 UX325.
Berikut ulasan kami terkait Asus ZenBook 13 UX325.

Review Laptop

Asus ZenBook 13 UX325, Minimalis Menarik

Teknologi teknologi asus hardware review laptop
Mohammad Mamduh, Lufthi Anggraeni • 22 Januari 2021 16:07
Jakarta: Menjelang akhir tahun lalu, Asus tetap meramaikan pasar laptop dengan jajaran seri yang menyasar berbagai kalangan. ZenBook dikenal sebagai varian yang menawarkan desain tipis dengan fitur dan spesifikasi mumpuni juga punya keluarga baru.
 
Tak hanya tipis, varian laptop yang kami uji kali ini menekankan ukuran layar kecil yang sepenuhnya memberikan nilai lebih ke mobilitas. Laptop ini bernama Asus ZenBook 13 UX325. Kehadirannya bisa dibilang sebagai penutup akhir tahun 2020 dengan manis.
 
Mengapa demikian? Berikut review redaksi teknologi Medcom.id.
 

Desain

Asus ZenBook 13 UX325 mengusung layar dengan ukuran sesuai penamaannya, 13 inci. Untuk memaksimalkan pengalaman visual, bezel tipis terpasang di keempat sisi layar, dengan porsi agak besar di sisi atas dan bawah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sisi atas layar masih bisa ditempatkan kamera, dan sisi bawa terpasang logo Asus ZenBook. Mengusung engsel Ergo Lift, bodi laptop akan langsung terangkat begitu layar dibuka. Ini memberikan ruang lebih pada bodi untuk sirkulasi udaranya.
 
Selain layar yang mungil, bodinya juga ringan, sekitar 1,11 kg, dan ketebalannya hanya sekitar 13 mm.  Desain keyboard laptop ini juga mengusung konsep minimalis tetapi tetap punya travel distance dan ukuran yang nyaman.
 
Asus ZenBook 13 UX325, Minimalis Menarik
 
Sejauh pengalaman penggunaan, keyboard ini mampu memberikan respon yang akurat dan pengalaman yang enak. Satu hal yang menarik adalah kehadiran baris tombol tambahan pada sisi kanan, dengan posisi paling atas terdapat tombol power, kemudian fungsi lain yang biasanya disatukan dengan tombol lain.
 
Secara estetika, ini memberikan ruang lebih agar keyboard juga bisa menyediakan tombol empat arah. Penggunaan tombol ini mungkin masih memerlukan adaptasi untuk penggunanya karena posisi yang tak biasa.
 
Area touchpad yang besar memungkinkan pergerakan kursor yang lebih luas. Tak lupa dengan fitur khas Asus yang dapat menampilkan dan menjalankan fungsi numpad di area yang sama. Di sebelah kanan touchpad ada stiker berisi beberapa fitur dari Asus ZenBook 13 UX325, dan di sisi lainnya terdapat logo prosesor Intel yang tertanam.
 
Asus ZenBook 13 UX325, Minimalis Menarik
 
Untuk speakernya sendiri menggandeng produsen Harman Kardon, dan komponennya terpasang pada kedua pinggir bawah bodi laptop. Sejauh pengalaman penggunaan, posisi speaker ini memang mampu memberikan pengalaman audio yang cukup baik untuk sebuah laptop mungil. 
 
Beralih ke antarmuka, Asus ZenBook 13 UX325 menyediakan dua port USB-C yang merangkap sebagai Thunderbolt 3, dan satu port HDMI pada pinggir kiri. Port USB-C yang manapun bisa dipakai untuk mengisi baterai laptop ini.
 
Adopsi port ini juga secara langsung mempermudah pengoperasian laptop. Sedangkan pada pinggir berlawanan terpasang satu port USB, slot micro SD, dan indikator status laptop, seperti menyala atau sedang mengisi baterai.
 
Desain Asus ZenBook 13 UX325 secara keseluruhan cukup menarik berkat bodi yang minimalis. Satu kekurangan yang terlihat adalah desain penutup layar dengan motif yang terbilang tidak lebih keren dari varian ZenBook lainnya.

Fitur

Dari aspek software, Asus ZenBook 13 UX325 menawarkan aplikasi MyAsus. Fitur utama yang ditawarkan adalah sinkronisasi secara cepat antara laptop dan smartphone, dan menghadirkan fungsi yang dapat meningkatkan produktivitas.
 
Contohnya adalah transfer video dan foto, menjadikan smartphone sebagai layar tambahan, menjawab panggilan telepon di smartphone via laptop, hingga terhubung dengan layanan purna jual. 
 
Asus ZenBook 13 UX325, Minimalis Menarik
 
Fitur lainnya berupa aspek hardware yang sudah dijelaskan dari sisi desain. Seperti Ergo Lift yang akan mengangkat sudut laptop ketika dibuka, memberikan sirkulasi udara dan kenyamanan penggunaan lebih baik.
 
Kemudian speaker harman kardon yang terpasang di bodi bawah, memberikan pengalaman audio yang memadai di kelasnya. Fitur berikutnya adalah kamera yang dapat berfungsi sebagai webcam dan telah dilengkapi inframerah.
 
Asus ZenBook 13 UX325, Minimalis Menarik
 
Ini berarti ia mendukung penguncian atau buka layar lewat Windows Hello. Standar militer MIL-STD-810G juga merupakan keunggulan Asus ZenBook 13 UX325, yang telah diuji ketahanan seperti jatuh dari ketinggian tertentu, sampai pengoperasian pada suhu ekstrem.
 

Performa

Asus ZenBook 13 UX325 yang kami uji menyematkan resolusi layar Full HD dan prosesor Intel Core i5-1035G1. Prosesor ini memastikan performa yang ditawarkan dalam mendukung produktivitas penggunanya sehari-hari lebih dari cukup.
 
Tak lupa dengan dukungan RAM 8GB dan penyimpanan SSD M.2 NVMe 512GB. Memori yang besar ini memastikan keseimbangan terhadap performa prosesor. Anda juga tak perlu khawatir dengan performa kecapatan jaringan karena ia telah mendukung teknologi WiFi 6.
 
Untuk lebih jelas mengenai performanya, kami telah mengujinya dengan beberapa aplikasi standar benchmark, yang hasilnya secara angka bisa dilihat di bawah ini. Mengenai daya tahan baterai, Asus ZenBook 13 UX325 mengklaim bisa bertahan hingga 16 jam.
 
Pengujian  PCMark 10 Modern Office 3D Mark Sky Diver Cinebench R20 single/multi-core
Skor 3233 5952 408 / 1074

Klaim ini masih tepat, mengacu pada pengujian baterai PCMark yang menghasilkan skor 15 jam 22 menit. Ini berarti ia dapat mendukung produktivitas pengguna seharian. Seandainya baterai habis, laptop ini dapat mengisi daya hingga 60 persen dalam waktu 49 menit. Faktor pendukungnya adalah port USB-C.
 
Kesimpulan
Di Indonesia, harga Asus ZenBook 13 UX325 versi prosesor Intel Core i5 adalah Rp14.299.000. Harganya termasuk wajar untuk sebuah laptop yang telah mengadopsi prosesor Intel generasi terkini.
 
Desain minimalis dan bobot ringan merupakan dua kelebihan yang layak dipertimbangkan, tak lupa dengan performa yang ditawarkan. Seandainya masih kurang, ia menawarkan daya baterai yang irit, ditambah pengisian daya cepat.
 
Jika Anda sedang mencari laptop minimalis yang memadai, Asus ZenBook 13 UX325 bisa menjadi pertimbangan.
 
Spesifikasi  Asus ZenBook 13 UX325
Prosesor Intel Core i5-1035G1 1.0GHz hingga 3.0GHz
RAM 8GB DDR4
Memori Internal  512GB SSD NVMe
Layar 13,3 inci, FHD, 1920 x 1080 piksel
GPU Intel UHD Graphics
Bobot  1,11 Kg
Harga Rp14.299.000
 
8.5
Asus ZenBook 13 UX325
Plus
  • Bodi ringan dan tipis
  • Keyboard nyaman
  • Baterai awet
Minus
  • Desain bodi layar

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif