Logitech Signature M650.
Logitech Signature M650.

Review Mouse

Logitech Signature M650, Mouse Ergonomis Senyap

Teknologi hardware logitech review mouse
Cahyandaru Kuncorojati • 28 Januari 2022 10:31
Jakarta: Logitech Signature M650 menjadi mouse berikutnya yang datang ke meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id. Satu hal yang cukup menarik saat pertama kali melihatnya adalah penamaan Signature. Anda juga mungkin sudah mengetahui bahwa Logitech merupakan pemain lama untuk produk mouse.
 
Logitech Signature M650 kali ini ingin menyasar segmen pekerja yang memerlukan mouse proporsional dengan konektivitas nirkabel. Tak seperti mouse standar, ia tercipta dengan beberapa fitur unggulan. Berikut review Logitech Signature M650.
 
Mendukung mobilitas tinggi, Logitech Signature M650 menyediakan dimensi yang tepat. Tampil beda, mouse ini hadir dalam dua ukuran: standar dan besar. Pihak Logitech mengatakan ukuran ini demi menyesuaikan kenyamanan pengguna, sehingga mereka tak lagi harus menyesuaikan penggunaan mouse dalam waktu yang lama. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Logitech Signature M650, Mouse Ergonomis Senyap
 
Kotak penjualan mouse ini sama dengan beberapa mouse mereka lainnya yang dipasarkan dengan kotak penjualan yang kurang cocok untuk disimpan kembali, seperti seri MX atau gaming. Begitu pertama kali dipakai, mouse ini menyediakan kontur khusus pada bagian ibu jari, tentu untuk menyediakan grip.
 
Bodinya menggunakan material plastik yang bagus, dengan lapis karet pada sisi pinggir demi memberi kesan ergonomis dan grip saat dipakai dalam waktu lama. Material karet berarti punya tekstur matte dan dapat menyerap keringat.
 
Logitech mengklaim Signature M650 diproduksi menggunakan material daur ulang, dengan komposisi hingga 64 persen untuk warna Graphite. Berhubung punya lebih dari satu pilihan ukuran, pengguna akan langsung merasakan grip yang nyaman berkat dimensi yang tergolong proporsional. 
 
Logitech Signature M650, Mouse Ergonomis Senyap
 
Sebagai mouse ringkas, Logitech Signature M650 menyediakan rumah untuk receiver, dan menggunakan satu unit baterai AA untuk pengoperasian. Anda bisa membuka sisi bawahnya untuk memasang baterai dan menyimpan receiver.
 
Pemakaian satu unit baterai AA memungkinkan ia beroperasi lebih dari tiga bulan, walaupun secara intensif. Ini karena dukungan non aktif otomatis saat mouse tidak dipakai Pada sisi bawah ini juga terpasang switch power. 
 
Sementara terkait antarmuka lainnya, mouse ini bisa terbilang cukup mumpuni. Tombol scroll baru yang disebut Smartwheel. Ia diklaim memiliki akurasi yang lebih baik dalam mendukung produktivitas pengguna, seperti saat menggunakan aplikasi Microsoft Office atau yang  sejenisnya.
 
Sebagai gantinya, ia tidak menyediakan dua fungsi scroll geser kiri dan kanan. Tetap tersedia dua tombol pada bagian ibu jari. Di belakang scroller terdapat indikator konektivitas yang menyala saat ia belum terhubung dengan perangkat manapun. 
 
Logitech Signature M650 bisa terhubung dengan dua perangkat sekaligus. Sebagai contoh, Anda bisa menghubungkannya dengan PC dan laptop di saat yang sama, cukup lewat konektivitas receiver dan bluetooth. Satu hal unik berikutnya adalah receiver Logi Bolt, yang bisa diganti seandainya hilang.
 
Logitech Signature M650 merupakan salah satu mouse yang mendukung fitur Logitech Flow, yaitu pengoperasian yang tersambung pada dua perangkat. Contoh mudahnya, Anda bisa memindahkan beberapa jenis data dari PC ke laptop hanya dengan menggeser kursor ke ujung layar sampai pindah ke layar lain.
 
Logitech Signature M650, Mouse Ergonomis Senyap
 
Fitur ini dapat aktif setelah menginstal aplikasi Logi yang disarankan begitu mouse pertama kali terpasang. Lewat aplikasi ini Anda juga bisa mengkustomisasi fungsi beberapa tombol. 
 
Dari aspek hardware, Logitech Signature M650 menggunakan komponen klik yang cukup sunyi. Logitech mengklaim bahwa bunyi klik pada mouse ini berkurang hingga 90 persen. Selama menggunakannya, harus diakui klaim tersebut sesuai.
 
Hampir tak ada bunyi klik yang biasanya menjadi penanda perintah berhasil masuk. Meskipun sunyi, tombol klik ini tetap memberikan respons yang sesuai, seperti tak ada komponen yang dikorbankan.
 
Kini saatnya membicarakan pengalaman penggunaan. Logitech Signature M650 mampu memberikan akurasi yang cukup baik untuk keperluan kantoran. Namun, tidak disarankan memakainya untuk bermain game yang memerlukan presisi tinggi.
 
Jika Anda masih ingin menggunakannya untuk bermain game, pilihlah judul game yang tak menuntut kecepatan tangan kanan, seperti game strategi atau turn-based.
 
Kesimpulan
Di Indonesia, Logitech Signature M650 dijual dengan harga resmi Rp599.000. Harganya cukup ekonomis cenderung menarik berkat beberapa fitur yang tidak ditemukan pada mouse standar. Selain punya ukuran yang tepat, ia juga menyediakan klik sunyi yang sangat nyaman. Anda tak lagi mendengar bunyi mouse saat bekerja.
 
Fitur spesial tersedia secara software dan hardware, tak lupa dengan daya tahan baterai yang sangat baik. Satu kekurangan yang kami lihat pada Logitech Signature M650 adalah desain tombol back dan forward yang tidak sekeren komponen lainnya.
 
 
9
Logitech Signature M650
Plus
  • Bunyi klik senyap
  • Daya tahan baterainya panjang
  • Tersedia lebih dari satu ukuran
  • Pilihan warna bagus
Minus
  • Desain tombol back dan forward

 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif