Redmi Note 11 Pro 5G
Redmi Note 11 Pro 5G

Review Smartphone

Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta

Teknologi gadget xiaomi review gadget
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 19 April 2022 10:36
Jakarta: Smartphone anyar yang meluncur pada paruh pertama tahun 2022 saat ini selayaknya sudah mendukung jaringan 5G.
 
Meskipun ketersediaan jaringan tersebut masih sangat terbatas, beberapa vendor smartphone memastikan produk mereka sudah terlebih dahulu menyediakan ekosistemnya. Tak hanya untuk kelas atas, dukungan ini juga tersedia pada jajaran smartphone dengan harga terjangkau. Redmi Note 11 Pro 5G adalah salah satunya. 
 
Resmi meluncur di Indonesia akhir Maret lalu, Redmi Note 11 Pro 5G menghadirkan beberapa pembaharuan yang langsung terlihat dari desain bodinya. Selain menjadi varian tertinggi dan mendukung jaringan telekomunikasi terkini, ia juga telah menyimpan banyak fitur yang tampaknya ingin merangkul lebih banyak konsumen. Berikut review dari redaksi teknologi Medcom.id.
 

Desain

Redmi Note 11 Pro 5G yang kami uji punya Polar White. Bodi belakangnya dipoles dengan efek glossy bercampur matte, yang membuatnya tak terlalu mencolok tetapi masih keren.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Balutan warna dasar putih dengan tekstur ini rupanya mampu menampilkan beberapa elemen warna lain saat terkena pantulan cahaya. Selain itu, tekstur unik ini juga membuatnya tak terlihat seperti menggunakan material polikarbonat.
 
Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta
 
Desain bodi yang tidak murahan ini semakin lengkap dengan bingkai kamera yang cukup terlihat dan menonjol. Tak lagi dibuat simpel, bingkai kamera Redmi Note 11 Pro 5G ingin memberikan sentuhan ia punya kualitas yang mumpuni di kelasnya. Mengusung desain keseluruhan persegi panjang, bingkai ini menyisakan satu tempat yang lebih menonjol untuk kamera utama. 
 
Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta
 
Punya layar 6,67 inci, sejatinya ia berukuran cukup besar. Redmi Note 11 Pro 5G dirancang agar punya aspek ergonomis yang masih dalam batas wajar. Oleh karena itu, pinggirannya dibuat agak kaku, dan sebagian orang mungkin akan merasa bahwa pinggiran ini cukup tebal.
 
Hasilnya, grip yang dimiliki cukup baik. Layar yang besar ini juga sudah menggunakan panel DotDisplay AMOLED beresolusi FHD+ 2400 x 1080 piksel, tak lupa dengan refresh rate 120Hz. 
 
Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta
 
Di bagian sisi atas dan bawahnya bisa dijumpai lubang speaker. Redmi Note 11 Pro 5G memang menyajikan dual speaker sehingga audio lebih nyaring dan menggelegar. Lubang audiojack untuk headset atau earphone juga masih ditaruh di sisi atas sehingga lebih pas saat digunakan sambil ditaruh di saku.
 
Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta
 
Selain port USB-C, di sisi bawah tersedia slot untuk Dual SIM yang sayangnya mengusung hybrid slot. Jadi apabila Anda mau menggunakan MicroSD maka harus mengorbankan salah slot SIM card kedua.
 

Antarmuka dan Fitur

Redmi Note 11 Pro 5G menggunakan antarmuka MIUI 13 yang berbasis Android 12. Pengguna lama smartphone Xiaomi pastinya akan cepat familier dengan navigasi yang ditawarkan.
 
Antarmukanya cukup ceria dengan desain yang ditawarkan. Di keamanan akses perangkat tersedia pemindai sidik jari di atas layar dan pemindai wajah. Begitu juga fitur IR Blaster membuat Redmi Note 11 Pro 5G masih bisa menjadi remote untuk berbagai perangkat lainnya.
 
Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta
 
Redmi Note 11 Pro 5G juga masih menyediakan Game Turbo untuk meningkatkan performa saat bermain game. Namun, MIUI bukan tak punya kekurangan. Cukup banyak aplikasi pihak ketiga bawaan yang tersedia, ditambah iklan pada lockscreen dan aplikasi rekomendasi yang seringkali kurang personal. 
 

Kamera

Redmi Note 11 Pro 5G hanya punya tiga kamera belakang. Smartphone mengandalkan kamera utama 108MP, kamera makro 2MP, dan kamera ultra-wide 8MP. 
 
Penggunaan tiga kamera ini terbilang memadai di kelasnya. Hasil foto dari kamera Redmi Note 11 Pro 5G cukup memuaskan dan bisa diandalkan. Beberapa contohnya bisa Anda lihat secara lengkap. 
 
Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta
 
Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta
 
Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta
 
Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta
 
Kami juga mencoba mengambil foto dalam kondisi malam hari di sudut jalan protokol kota Jakarta Selatan. Kameranya mampu menangkap cahaya yang berasal dari lampu penerang jalan atau kendaraan seperti mobil dan motor. Sementara saat mengambil foto dalam ruangan seperti pusat perbelanjaan, ia mampu menghasilkan kualitas yang cukup baik.
 
Kamera depannya sendiri mengandalkan lensa 16MP, standar untuk menemani penggunanya mengambil foto selfie kemudian diunggah ke medsos. 

Performa dan Baterai

Redmi Note 11 Pro 5G mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 695, generasi terkini yang sudah menggunakan pabrikasi 6nm. Hanya hadir dalam satu varian, kapasitas RAM 8GB dan memori internal 128GB menurut kami sudah sangat cukup untuk memasang game dan menyimpan banyak foto serta video.
 
Medcom.id kemudian melakukan pengujian menggunakan PCMark dan 3DMark for Android di Redmi Note 11 Pro 5G, begini hasil pengujiannya yang terlihat pada grafik komparasi.
 
Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta
 
Redmi Note 11 Pro 5G 5G kami uji untuk bermain sejumlah game dengan grafis tertinggi. Di PUBG Mobile kualitas grafisnya bisa dimaksimalkan hingga HD dengan frame rate High, gameplay bisa tetap berjalan mulus tanpa patah-patah. Selain itu, ia juga tergolong adem saat dipakai bermain sekitar 30 menit. Hampir tak ada panas yang dihasilkan pada berbagai sisi, termasuk pada bagian sekitar kamera belakang.
 
Redmi Note 11 Pro 5G punya baterai kapasitas 5.000 mAh dengan pengisian cepat 67W. Ini membuat teknologi baterainya tak berbeda dengan seri Xiaomi yang berada di kelas atas.
 
Pengisian 67W memungkinkan daya baterai dari nol hingga 100 persen dalam waktu sekitar 40 menit. Kemudian, daya tahannya kami uji menggunakan aplikasi PCMark for Android. Hasilnya bisa terlihat pada grafik berikut.
 
Review Redmi Note 11 Pro 5G, Gaya Mewah Harga Rp4 Juta
 
Kesimpulan
Redmi Note 11 Pro 5G menurut Medcom.id pantas menjadi pilihan konsumen yang mencari smartphone 5G harga murah, tapi tetap menginginkan performa mumpuni. Ini juga berlaku saat diajak bermain game.
 
Layar AMOLED dan desain bodi yang unik membuatnya tak kalah dengan smartphone kelas menengah bahkan kelas atas. Terlepas dari kekurangan yang dimilikinya, ia punya daya tarik tersendiri, terutama untuk para pengguna lama Redmi.
 
Spesifikasi  Redmi Note 11 Pro 5G
Prosesor Qualcomm Snapdragon 695
GPU Adreno 619
OS Android 12 + MIUI 13
RAM  8GB
Memori Internal 128GB
Kamera Belakang 108MP+8MP+2MP
Depan 16MP
Baterai 5.000 mAh fast charge 67W
Layar  6,67 inci AMOLED FHD+ 120Hz
Harga Rp4.199.000
 
 
8.5
Redmi Note 11 5G
Plus
  • Desain keren
  • Daya pengisian cepat 67W
  • Kualitas visual mumpuni
Minus
  • Kamera
  • Slot MicoSD hybrid

 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif