Redmi 8.
Redmi 8.

Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi

Teknologi teknologi gadget xiaomi review gadget
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 22 Desember 2019 11:09
Jakarta: Menjelang akhir tahun, Xiaomi masih meluncurkan satu smartphone lagi yang menyasar kelas harga terjangkau. Redmi 8 dan Redmi 8A hadir sebagai pelengkap Xiaomi di akhir 2019.
 
Seperti yang sudah kita ketahui, Redmi merupakan seri utama dari Xiaomi untuk pasar Indonesia. Hal yang menarik adalah smartphone ini mendapatkan peningkatan dari berbagai aspek, bukan hanya dari spesifikasi.
 
Xiaomi tampaknya sadar bahwa mereka harus menawarkan sesuatu yang lebih, karena kompetitornya juga mulai menawarkan hal yang sama: spesifikasi menarik dengan harga yang menggiurkan. Redmi 8 bisa dibilang sebagai produk yang bisa menjawab tantangan di pasar Indonesia. Berikut ulasan Redmi 8 dari Medcom.id.

Warna tanpa Kesan Murahan

Redmi 8 mengusung desain bodi kelas menengah. Oleh karena itu, Anda akan menemukan elemen warna yang lebih cerah, tetapi tanpa gradasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Xiaomi tampaknya ingin menonjolkan satu warna dengan kesan yang lebih mengikat. Unit pengujian yang kami jajal mengusung warna Ruby Red, merah terang tetapi tidak memberikan kesan murahan.
 
Material bodi belakang ini tetap plastik, tetapi saat dipegang, terasa kualitasnya cukup baik. Bodi belakang ini sekaligus menjadi penyangga utama semua komponen, sehingga pengguna tidak akan menemukan pemisah di sisi pinggir.
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Balutan warna ini juga memberikan alur yang asimetris saat memantulkan cahaya. Sayangnya, bodi ini meninggalkan bekas sidik jari yang cukup terlihat.
 
Selain dari warna, Redmi 8 ingin menampilkan kesan premium dari tulisan “Design by Xiaomi” di tengah bodi belakang secara vertikal. Dua komponen kamera terbungkus dalam satu bingkai hitam, tak jauh darinya ada tulisan redmi dengan bingkai tipis berwarna hitam.
 
Di tengahnya Anda juga bisa melihat pemindai sidik jari yang cukup besar. Sementara untuk antarmukanya, Redmi 8 menyediakan tombol volume dan power di pinggir kanan, slot triple SIM di sisi berlawanan.
 
Pinggir bawah terpasang port USB-C, jack audio 3,5mm, lubang mikrofon, dan lubang speaker. Terakhir, pinggir atas yang menyediakan inframerah dan mikrofon.
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Untuk tampilan depan, Redmi 8 tidak berbeda dengan model Redmi lainnya. Layar 6,22 inci dengan rasio layar ke bodi 81,8 persen membuat smartphone ini masih menyisakan bezel yang dapat dilihat.
 
Porsi bezel cukup besar pada sisi bawah, dengan logo Redmi warna perak yang terbenam. Sementara komponen kamera depan dibungkus dengan poni, dan speaker terpasang tipis di pembatas bodi.
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi

MIUI 11 Lebih Personal

Redmi 8 mengadopsi antarmuka terkini buatan Xiaomi. MIUI 11 ini menggunakan Android 9 sebagai dasar, dengan kustomisasi mendalam dari aspek desain ikon, fitur tambahan, sampai elemen warna khas MIUI.
 
Antarmuka ini tidak menghapus fitur esensial yang sudah menjadi bawaan Android, dan menambah beberapa fungsi yang membuat penggunanya mengakses beberapa informasi yang lebih personal. Dari beberapa fitur tersebut, saya melihat ada tiga fitur yang tampil beda dari antarmuka merek lainnya.
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Fitur pertama adalah Emergency SOS. Menu ini tersedia secara terpisah pada bagian Pengaturan. Sesuai namanya, Redmi 8 bisa mengaktifkan dan mengirimkan pesan darurat kepada kontak telepon yang dipilih.
 
Akses izin aplikasi kini juga bisa dilihat secara spesifik pada menu Permissions. Pada menu yang menjadi fitur unik kedua ini, Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang mendapatkan akses ke perangkat tertentu, seperti kamera, daftar kontak, sampai memori penyimpanan.
 
Permissions memberikan informasi akses apa saja yang telah diizinkan untuk satu aplikasi. Pengguna juga dapat menentukan aplikasi yang bisa berjalan setiap ponsel baru menyala.
 
Beralih ke fitur ketiga. Ada shortcut yang menampilkan beberapa informasi penting terkait smartphone dan informasi yang sedang ramai di internet. Redmi 8 punya bloatware yang cukup minim. Anda bisa menghapus beberapa aplikasi ini.
 
Minusnya di Redmi 8 adalah smartphone ini tidak mendapatkan mode Game Booster seperti saudaranya yaitu Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro.

Kualitas Jepret Sesuai Kelas

Dibandero pada harga mulai dari Rp1,8 juta jelas posisi Redmi 8 ada di smartphone kelas terjangkau. Spesifikasi kameranya dibekali kamera belakang ganda 12MP+2MP dengan teknologi Dual Pixel. Di kamera belakangnya ada kemampuan 8MP. Keduanya menyediakan fitur HDR namun sayangnya tidak ada Night Mode.
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Kamera belakang atau utama dari Redmi 8 tidak buruk untuk kelasnya. Kualitas fotonya tajam dengan warna yang cukup kaya, namun dalam beberapa kondisi pencahayaan bisa berwarna agak kuning.
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Kemampuan kameranya tidak didukung mode AI atau kecerdasan buatan. Namun untuk kemampuan foto Macro atau dalam jarak dekat kualitas foto dari Redmi 8 masih bisa diandalkan.
 
Kemampuan foto di kondisi malam hari juga tidak buruk. Kemampuan kamera depan Redmi 8 juga sudah mencukupi untuk pamer di media sosial.
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi

Duet Snapdragon 439 dan RAM 4GB

Redmi 8 tetap menawarkan spesifikasi yang sesuai di kelas harganya. Ia mengadopsi chipset Snapdragon 439, berduet dengan RAM 4GB dan memori 64GB. Untuk harga kurang dari Rp2 juta, ia merupakan salah satu smartphone dengan RAM terbesar.
 
Dalam pengujian beberapa aplikasi benchmark, terlihat Redmi 8 masih kalah dengan beberapa kompetitornya untuk PCMark. Bahkan, generasi sebelumnya lebih unggul hampir 1.000 poin. Perlu diingat bahwa skor ini tidak mutlak mempengaruhi performa dalam penggunaan sehari hari.
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Berdasarkan spesifikasi yang dibawa Redmi 8, smartphone ini tidak akan mungkin bisa diajak bermain game dengan resolusi grafis tinggi. Di awal game PUBG Mobile, spesifikasi smartphone ini dibaca oleh sistem lebih optimal untuk bermain game di kualitas grafis rendah. Resolusinya mentok di HD dan tanpa dukungan efek Anti-Aliasing.
 
Pengalaman menjajal Redmi 8 untuk bermain PUBG Mobile, hanya ada sedikit efek patah atau tersendat yang tidak begitu mengganggu. Suhu panas yang dihasilkan dalam durasi bermain selama setengah jam tanpa henti masih bisa ditoleransi.
 
Sementara untuk baterai, Redmi 8 menawarkan kapasitas daya 5.000 mAh. Kapasitas yang sangat besar di kelasnya ini membuat Redmi 8 jauh lebih unggul dibandingkan beberapa kompetitor, termasuk Redmi 7.
 
Redmi 8, Lebih Berwarma dan Tidak Murahan Lagi
 
Ia mampu bertahan hingga 17 jam dalam pengujian baterai PC Mark. Ini memastikan Anda tidak perlu mengisi baterainya hingga satu hari pemakaian, dengan skenario sering membuka media sosial atau menonton film lewat YouTube.
 

Kesimpulan
Redmi 8 cukup menjadi modal Redmi bersaing di tengah sesaknya pasar smartphone kelas terjangkau. Bagi konsumen yang ingin produk lebih terjangkau lagi, Redmi sudah menyediakan Redmi 8A. Namun, tentu saja smartphone ini masih akan lebih mumpuni untuk bermain game dibandingkan adiknya.
 
Di sisi spesifikasi, Redmi 8 menawarkan kemampuan baterai kelas menengah yaitu 5.000 mAh dengan konsumsi daya yang hemat. Tampilan smartphone ini juga naik kelas menjadi jauh lebih baik dibandingkan seri Redmi terdahulu.
Spesifikasi Redmi 8
Prosesor Qualcomm Snapdragon 439
GPU Adreno 505
OS Android 9.0 Pie + MIUI 11
RAM 4GB
Memori Internal 64GB
Kamera Belakang 12MP+2MP, Depan 8MP
Baterai 5.000 mAh
Layar 6,2 inci
Harga Rp1.849.000
8
Redmi 8
Plus
  • Desain lebih menarik
  • Triple slot Dual SIM+MicroSD
  • Port USB-C dan audiojack terpisah
  • Kapasitas baterai besar dan hemat
Minus
  • Performa gaming
  • Tidak ada Game Booster

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif