Asus TUF Gaming VG259QR.
Asus TUF Gaming VG259QR.

Review Monitor

Review Asus TUF Gaming VG259QR, Fitur Gaming Esensial

Teknologi asus hardware review monitor
Mohammad Mamduh • 26 April 2022 11:17
Jakarta: Monitor gaming saat ini menyediakan teknologi visual yang semakin canggih. Seiring dengan semakin banyak yang mengkhususkan diri pada segmen gaming, berbagai teknologi terbaru yang identik dengan visual kebanyakan tersedia pada monitor segmen ini.
 
Dukungan resolusi yang semakin tinggi juga semakin ramai. Kita melihat monitor dengan resolusi 2K dan 4K mulai membanjiri pasar. Namun, monitor dengan resolusi Full HD masih menjadi produk yang ramai dibeli konsumen. 
 
Asus TUF Gaming VG259QR ingin menawarkan segudang inovasi dan fitur di balik resolusi layar Full HD untuk segmen gaming. Produk ini telah tiba di meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id, dan langsung kami review.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum membicarakan fitur yang hadir dalam aspek visual, kami ingin membahas desainnya. Asus sendiri sudah punya jam terbang tinggi untuk urusan monitor, termasuk monitor gaming.
 
Review Asus TUF Gaming VG259QR, Fitur Gaming Esensial
 
TUF merupakan rumpun gaming milik Asus yang menawarkan kemampuan gaming esensial , dan varian lain dari ROG. Ia punya karakteristik desain kukuh tanpa banyak hiasan gaming. Tampilannya memang menyediakan nuansa gaming standar, tetapi tetap ada hal-hal esensial. Salah satunya adalah model kaki persegi yang cukup besar. Kemudian tampilan TUF pada bodi belakang yang menyerupai logonya.
 
Review Asus TUF Gaming VG259QR, Fitur Gaming Esensial
 
Satu hal yang menarik adalah pemasangan kaki yang sangat mudah karena secara keseluruhan monitor ini terpisah dalam dua komponen utama. Layarnya sudah menyatu dengan penyangga, dan alas terpisah bisa langsung dipasang tanpa menggunakan alat tambahan sama sekali. Begitu kaki dan alas tersambung, monitor bisa diputar horizontal dan siap digunakan. 
 
Review Asus TUF Gaming VG259QR, Fitur Gaming Esensial
 
Untuk gamer yang tidak ingin memasang alasnya, penyangga monitor bisa dicopot dan diganti dengan mounting VESA. Monitor ini sendiri menyediakan sudut pandang yang cukup luas. Selain ketinggiannya bisa naik dan turun, ia juga bisa menghadap kanan dan kiri hingga 90 derajat, dan menghadap atas dan bawah hingga 33 derajat. Satu kekurangan pada desainnya ini adalah ketinggiannya yang dirasa kurang memadai.
 
Review Asus TUF Gaming VG259QR, Fitur Gaming Esensial
 
Asus TUF Gaming VG259QR menyediakan paket penjualan yang simpel. Tersedia kabel HDMI dan DisplayPort, kemudian manual dan kartu garansi. Dukungan port cukup minimalis, terdiri dari dua port HDMI, satu port DisplayPort, jack audio 3,5mm, dan port power. Tersedia lima tombol pengaturan pada sisi kanan bodi belakang, termasuk satu tuas untuk menggerakkan pilihan saat mengakses pengaturan spesifik.
 
Review Asus TUF Gaming VG259QR, Fitur Gaming Esensial
 
Tuas ini memberikan akses kepada semua pengaturan visual layar, dari pilihan preset untuk gaming sampai ke pengaturan yang lebih spesifik. Beberapa pilihan preset memang sudah dirancang untuk jenis game tertentu, sepeti MOBA, RPG, Racing, atau FPS. Tombol lainnya menyediakan fitur yang mungkin dirasa “curang”, seperti mode crosshair yang otomatis muncul di tengah layar. 
 
Review Asus TUF Gaming VG259QR, Fitur Gaming Esensial
 
Monitor gaming ini mengusung ukuran layar 24,5 inci beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Salah satu fitur yang diunggulkan adalah dukungan Nvidia G-Sync 165Hz, termasuk tinggi untuk ukuran layar ini.
 
Asus TUF Gaming VG259QR menggunakan panel IPS, dengan beberapa fitur seperti Extreme Low Motion Blur untuk meningkatkan fps saat menampilkan efek yang cukup berat. Tentunya ada juga fitur Low Blue Light untuk mencegah mata cepat lelah. 
 
Selama kami menggunakannya, fitur-fitur yang tersedia memang mendukung kenyaman dan kualitas visual yang ditawarkan Asus TUF Gaming VG259QR. Beberapa jenis game yang kami mainkan seperti Far Cry 6, Anno 1800, dan Cyberpunk 2077.
 
Elemen warna yang hadir sangat baik dan melengkapi beberapa teknologi dari Nvidia yang saat ini tertanam pada jajaran kartu grafis GeForce RTX 3000 Series.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-12900K
Motherboard  MSI MAG Z690 Tomahawk WiFi
RAM  Kingston Fury Beast DDR5 16GB (2x8GB)
VGA  Nvidia GeForce RTX 3070 Ti Reference
Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black
Storage WD Black SN770 1TB
PSU  Corsair RM 850X
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Kesimpulan
Asus TUF Gaming VG259QR adalah monitor gaming menarik yang mampu menunjukkan ciri khas sekaligus kualitas Asus. Harganya di pasar Indonesia sekitar Rp3,8 juta, cukup bisa menarik perhatian gamer yang menginginkan monitor gaming dengan refresh rate melebihi 144Hz. Perlu diingat bahwa ia merupakan satu dari sekian banyak monitor gaming yang tidak menyediakan fitur atau efek RGB.
 
 
8.5 
Asus TUF Gaming VG259QR
Plus
  • G-Sync 165Hz
  • Pilihan profil visual lengkap
  • Sudut pandang luas
  • Pemasangan mudah
Minus
  • Desain kurang tinggi
  • Tidak ada RGB

 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif