Vivo X60 Pro menawarkan performa menyenangkan, termasuk soal kamera.
Vivo X60 Pro menawarkan performa menyenangkan, termasuk soal kamera.

Review Smartphone

Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss

Lufthi Anggraeni • 29 Mei 2021 09:04
Jakarta: Bukan nama baru di pasar smartphone Indonesia, vivo tidak termasuk dalam daftar produsen yang rajin merilis smartphone terbarunya, terutama pada awal tahun 2021 ini. Hal ini berbeda dari sejumlah produsen lain yang sudah memeriahkan pasar dengan produknya di awal tahun.
 
Meskipun demikian, hal tersebut dilakukan vivo bukan tanpa alasan, sebab produsen smartphone asal Tiongkok ini sibuk mempersiapkan hasil kolaborasinya dengan perusahaan lensa dunia, Zeiss, yang dihadirkan via X60 Pro.
 
vivo X60 Pro mengusung sejumlah keistimewaan, namun sebagai produk hasil kolaborasi dengan Zeiss, Anda pasti sudah dapat menebak bahwa salah satu keunggulan yang diusung ponsel cerdas ini adalah di bidang kamera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lantas, keunggulan apa lagi yang diusung vivo X60 Pro ini? Dan bagaimana pengalaman penggunaan yang disuguhkan smartphone ini? Simak ulasan kami berikut ini.
 

Desain

vivo X60 Pro hadir dengan desain tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya, yaitu vivo X50 Pro, mengusung nuansa premium dan elegan, salah satunya berkat dukungan lapisan tidak mengkilat pada bodi belakang perangkat ini.
 
Dukungan lapisan tersebut tidak hanya mendukung keindahan tampilan perangkat, namun juga membantu menjaga bodi tidak mudah kotor akibat noda sidik jari. Meskipun demikian, bahan tidak mengkilat ini kurang mampu mengurangi kesan licin saat digenggam.
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Karenanya, kami menyarankan Anda untuk melapisi X60 Pro ini dengan sasis silikon yang tersedia di kotak kemasan penjualannya. Sementara itu, selain tipis, ponsel ini mampu menghadirkan kenyamanan saat digenggam dan mengoperasikan dengan satu tangan karena mengusung bodi dengan dimensi lebar yang cukup sempit.
 
Namun, vivo tetap berupaya menghadirkan layar berukuran luas sehingga mampu mendukung kenyamanan saat digunakan untuk menikmati konten. Karenanya, vivo menghadirkan layar dan bodi dengan bentuk yang lebih memanjang.
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Bentuk ini memang mendukung kesenangan saat menggunakan layar ponsel saat menikmati konten multimedia di layar, namun justru menimbulkan sedikit kerepotan saat perlu mengakses bar notifikasi yang mengharuskan kami menggunakan dua tangan saat mengoperasikannya.
 
Selain itu di bagian belakang, Anda akan dapat menemukan lokasi penyematan kamera pada bagian yang lebih menonjol jika dibandingkan dengan bagian bodi lainnya. Bagian berbentuk persegi ini hadir dengan area berwarna hitam sebagai lokasi penyematan tiga kamera yang tersusun dalam formasi segitiga, dan bagian berwarna keperakan sebagai lokasi penyematan lampu flash, didampingi merek Zeiss dan sejumlah informasi spesifikasi kamera.
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Sementara itu, vivo memusatkan penyematan lokasi tombol fisik dan port lainnya di sisi kanan dan bawah bodi perangkat. Di bagian sisi kanan, Anda akan menemukan tombol daya yang berdampingan dengan tombol volume, sedangkan di sisi bawah, terdapat lubang speaker, port USB-C serta slot kartu SIM dan microSD. Sayangnya, vivo X60 Pro ini tidak berbekal jack audi 3,5mm.
 

Antarmuka & Fitur

vivo X60 Pro menggunakan sistem operasi terbaru karya vivo yaitu Origin OS, berbasis Android 11. Tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya, FunTouch OS, tampilan antarmuka pengguna Origini OS ini mengusung sedikit perbedaan sebab lebih ringkas dan sederhana.
 
Salah satunya terlihat dari daftar notifikasi yang lebih rapi dan mengusung desain dengan sudut membulat. Vivo turut menghadirkan tambahan tuas geser untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar ke pengaturan auto, yang pada tampilan antarmuka pengguna umum, terkubur di menu pengaturan.
 
Berbasis Android 11, sistem operasi Origin OS pada vivo X60 Pro ini juga mengusung sejumlah khas sistem operasi Google tersebut, salah satunya adalah pengelompokan notifikasi. Notifikasi yang diterima perangkat dimasukan ke dalam kelompok, sehingga notifikasi tidak tumpang tindih satu sama lain dan terlupakan.
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Namun, jika melewatkan notifikasi tanpa sengaja, Anda dapat menjelajahi riwayat notifikasi yang tersedia di perangkat ini. Fitur Android 11 lain yang mendukung vivo X60 Pro termasuk fungsionalitas notifikasi serupa aplikasi pesan instan dan perekam aktivitas di layar.
 
Vivo X60 Pro juga hadir dengan kemampuan yang memungkinkan Anda untuk mengatur perangkat AIoT di rumah secara langsung hanya dengan menahan tombol power selama beberapa saat, serta kemampuan terintegrasi dengan Google Home, Mi Home dan aplikasi sejenis.
 
Anda juga dapat menemukan menu Dynamic Effects, berfungsi untuk mengatur hampir seluruh efek dari cara layar menyala saat tombol daya ditekan, animasi pengenalan wajah dan sidik jari, hingga efek saat port USB dihubungkan ke smartphone.
 
Bagi penyuka game, vivo X60 Pro berbekal fitur Ultra Game Mode dengan mode Esports khusus, memungkinkan Anda memainkan game dengan performa perangkat paling optimal. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan Anda bermain tanpa gangguan sebab berbekal kemampuan untuk menjadikan sejumlah notifikasi senyap sehingga tidak mengganggu saat bermain game.
 
Sayangnya, kesenangan memainkan game tidak didukung oleh suguhan audio sebab vivo X60 Pro berbekal speaker mono. Sebagai informasi, vivo X60 Pro hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,56 inci, beresolusi Full HD+ serta refresh rate 120Hz dan kecepatan respon 240Hz yang mendukung kesenangan saat memainkan game.
 

Kamera

Kamera menjadi nilai jual utama vivo X60 Pro yang merupakan perangkat pertama vivo setelah menjalin kerjasama dengan Zeiss. Ponsel cerdas ini hadir dengan tiga kamera di bagian belakang, terdiri dari kamera utama bersensor Sony IMX598 48MP, kamera ultrawide 13MP dan lensa portrait 13MP.
 
Untuk bagian depan, vivo menyematkan kamera 32MP pada bagian layar dengan desain Punch Hole. Pada kamera utamanya, vivo membekali X60 Pro dengan Gimbal Stabilization 2.0 turut menjadi salah satu fitur yang diunggulkan pada smartphone ini.
 
Selain itu, vivo juga membekali kamera X60 Pro dengan kemampuan stabilisasi 5-axis, memungkinkan ponsel menghasilkan rekaman video lebih stabil meski tanpa bantuan peralatan eksternal tambahan.
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Kemampuan stabilisasi ini turut membantu menghasilkan foto baik dalam kondisi pencahayaan redup, mengingat dalam kondisi ini, getaran menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada bukaan rana kamera selama proses perekaman dan pemotretan.
 
Fitur menarik lain yang mendukung vivo X60 Pro adalah Pixel Shift Ultra HD Imaging. Fitur ini memanfaatkan getaran tangan atau gimbal untuk menggeser piksel dalam menghasilkan satu gambar dengan detail yang ditingkatkan.
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Selain itu, kamera vivo X60 Pro juga didukung oleh sejumlah model seperti mode Sports, Kids snapshot, Astro Mode dan lainnya. Ponsel cerdas ini juga didukung teknologi kecerdasan buatan (AI) pada fitur kamera, menghadirkan kemudahan saat memotret sebab mampu mendeteksi kondisi dan mengubah ke pengaturan yang sesuai secara otomatis.
 
Kemampuan ini salah satunya membantu saat memotret di malam hari, sebab AI secara otomatis mengubah pengaturan kamera ke Night Mode, sehingga foto akan tampil lebih terang namun dengan noise yang dapat teredam.
 

Performa

Didukung Qualcomm Snapdragon 870, RAM LPDDR5 dan ruang penyimpanan UFS 3.1, vivo X60 Pro mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan dan tanpa gangguan lag selama kami mencoba perangkat ini.
 
Tidak hanya soal lag, kenyamanan juga kami rasakan saat menggunakan perangkat ini untuk memainkan game berkat suguhan suhu yang tetap terjaga meski ponsel digunakan untuk berbagai aktivitas termasuk mengakses sejumlah aplikasi secara bergantian dan memainkan game.
 
Kesenangan saat memainkan game di perangkat ini juga didukung oleh bekal Virtual RAM berkapasitas 3GB sebagai tambahan, yang dihadirkan vivo untuk meningkatkan performa saat bermain game, salah satunya adalah PUBG Mobile.
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Sebagai informasi, saat memainkan game FPS tersebut, vivo X60 Pro secara default mengatur pengaturan grafis dan frame rate pada pengaturan HD dan High. Namun, game ini masih dapat dimainkan dengan nyaman setidaknya hingga pengaturan grafis HDR.
 
Performa yang disuguhkan perangkat ini juga tercatat pada skor hasil pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark 3DMark dan PCMark. Pada pengujian melibatkan 3DMark Slingshot Extreme OpenGL, vivo X60 Pro memperoleh skor sebesar 8401.
 
Sedangkan pada pengujian yang melibatkan 3DMark Slingshot, smartphone ini tampil unggul dengan skor Maxed Out, dan pada pengujian melibatkan PCMark Work 2.0, memperoleh skor 9608. Menyoal baterai, vivo membekali X60 Pro dengan baterai berkapasitas 4.300mAh dan dukungan teknologi pengisian daya cepat 33W.
 
Vivo X60 Pro, Suguhkan Keindahan Zeiss
 
Teknologi ini memungkinkan baterai perangkat terisi hingga 70 persen dalam kurun waktu 30 menit, dan kurang dari satu jam untuk terisi hingga penuh, dari kondisi kosong. Sementara itu, saat diuji dengan aplikasi benchmark PCMark Work 2.0 Battery, baterai ponsel ini mampu bertahan selama 16 jam 3 menit.
 
Sedangkan saat digunakan sehari-hari dengan skenario penggunaan umum, termasuk sesekali mengakses media sosial, menerima pesan via aplikasi pesan instan, dan sesekali memotret, perangkat ini mampu bertahan hampir selama satu hari penuh.
 
Kesimpulan
vivo cukup mampu membuktikan klaim terkait keunggulan di ranah kamera pada X60 Pro ini. Sebab vivo X60 Pro mampu menghadirkan pengalaman memotret menyenangkan termasuk dalam kondisi pencahayaan redup, berkat teknologi yang dibenamkannya.
 
Selain kamera, kami juga dimanjakan dengan performa yang terbilang baik saat digunakan dalam aktivitas sehari-hari, salah satunya untuk memainkan game cukup berat. Hal ini mendukung kesenangan kami saat menggunakan vivo X60 Pro, selain karena desainnya yang indah dan daya tahan baterai yang lama.
 
Sayangnya, kesenangan memainkan game pada perangkat ini kurang didukung oleh gelagaran audio yang mumpuni, mengingat speaker yang mendampingi ponsel yang ditawarkan dalam dua varian warna yaitu Midnight Black dan Shimmer Blue ini masih merupakan speaker mono dan bukan stereo. 
 
Spesifikasi vivo X60 Pro
Prosesor Qualcomm Snapdragon 870
GPU Adreno 650
OS Origin OS, Android 11
RAM 12GB
Memori Internal  256GB
Kamera  Belakang  48MP + 13MP + 13MP, Depan 32MP
Baterai 4.5000 mAh
Layar AMOLED 6,56 inci, Full HD+, refresh rate 120Hz
Harga Rp9.999.000
 
 
8.8
vivo X60 Pro
Plus
  • Kemampuan kamera menawan
  • Performa baik
  • Desain menarik di kelasnya
  • Refresh rate 120Hz
  • Baterai cukup tahan lama
Minus
  • Speaker masih mono
  • Tidak berbekal sertifikasi tahan air

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif