Foto Matahari yang direkam oleh NASA.
Foto Matahari yang direkam oleh NASA.

Video Ini Tunjukkan Wujud Matahari Selama 10 Tahun

Teknologi antariksa nasa poptech
Cahyandaru Kuncorojati • 29 Juni 2020 11:43
Jakarta: Lembaga antariksa Amerika Serikat NASA merilis sebuah video berdurasi satu jam lebih satu menit 17 detik yang berisi pergerakan Matahari. Menariknya video ini adalah rangkuman dari perputaran benda menakjubkan tersebut selama 10 tahun.
 
NASA SDO (Solar Dynamic Obervatory) telah bertugas memantau aktivitas Matahari selama 10 tahun, yaitu sejak tanggal 2 Juni 2010 hingga 1 Juni 2020. Video ini dibuat menggunakan time-lapse, tapi tidak berdasarkan data video yang direkam terus menerus, melainkan kumpulan foto.
 
NASA SDO menggunakan kumpulan 425 juta foto resolusi tinggi yang diambil tiap 0,75 detik selama 10 tahun. Satu detik di dalam foto hasil time-lapse mewakili periode satu hari dari Matahari. Semua foto tersebut diklaim NASA tersimpan dalam file digital berukuran 20 juta Gigabyte.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila Anda melihat video tersebut yang kami lampirkan di bawah akan terlihat keterangan tanggal yang terus berganti di sudut kiri bawah video. Hasilnya video ini terlihat sangat menakjubkan.
 

 
Terlihat bahwa selama beberapa tahun Matahari mengalami sebuah fenomena ledakan di permukaannya termasuk titik hitam yang muncul akibat titik tersebut memiliki suhu lebih rendah atau disebut sunspots.
 
Kemudian terlihat selama beberapa tahun fenoma gelombang yang muncul di permukaan Matahari dan masa di mana aktivitasnya sangat tenang. Di beberapa detik Matahari tidak akan terlihat sama sekali, NASA menjelaskan bahwa saat itu sedang terjadi fenomena gerhana.
 
Fenomena gerhana ini sempat menutup instrumen kamera di satelit NASA SDO sehingga tidak bisa mengambil foto. Di tahun 2016 instrumen tersebut sempat bermasalah dan berfungsi kembali seminggu kemudian.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif