Desain konsep lander NASA yang akan mengirim sampel material Planet Mars ke Bumi. (NASA)
Desain konsep lander NASA yang akan mengirim sampel material Planet Mars ke Bumi. (NASA)

NASA Siapkan Peluncuran ke Mars Selanjutnya di 2026

Teknologi antariksa teknologi nasa SpaceX
Cahyandaru Kuncorojati • 31 Juli 2020 13:07
Jakarta: Misi penjelajahan ke Mars yang dilakukan NASA tidak akan selesai saat robot rover Perseverance melakukan tugasnya di planet tersebut. Satu misi selanjutnya adalah bagaimana mengirim hasil penelitian tersebut yaitu material Planet Mars ke Bumi.
 
NASA sebelumnya menjelaskan bahwa Perseverance akan mengambil beberapa sampel material seperti batuan atau benda lainnya dari Planet Mars. Artinya, misi yang dilakukan Perseveranca hanya bagian awal saja. Mereka harus mencari cara agar sampel tadi selamat tiba di Bumi.
 
Dikutip dari situs resmi NASA, mereka tengah menyiapkan konsep tersebut bersama badan antariksa Uni Eropa, ESA (European Space Agency). Misi ini direncanakan dimulai pada tahun 2026 dengan mengirim sebuah pesawat lander.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbeda dari rover atau robot penjelajah, lander akan mendarat di titik yang ditentukan dan tidak bisa bergerak. NASA akan menerbangkan lander menuju Planet Mars pada tahun 2026 dan mendarat di Kawah Jezero, lokasi penelitian Perseverance.
 
BACA: Melihat Kecanggihan Robot Perseverance NASA untuk Misi di Mars
 
ESA akan mengirimkan sebuah pesawat orbiter atau satelit mengelilingi Planet Mars. Orbiter ini nantinya akan menerima sampel yang dikirim oleh lander Mars untuk kemudian dilontarkan menuju Bumi.
 
Di situsnya, NASA sudah mencantumkan perhitungan rencana ini. Di Juli 2026 NASA akan mengirimkan lander untuk bertemu dengan Perseverance. ESA di September 2026 akan menerbangkan orbiter Mars yang akan bersiap mengirim sampel yang diterima ke Bumi.
 
Proses tersebut akan memankan waktu. NASA memprediksi bahwa sampel berisi material Planet Mars akan ditiba di Bumi pada tahun 2031. Artinya, misi ini akan memakan waktu sekitar lima tahun.
 
Meskipun tidak menjelaskan alasan durasi misi ini sangat lama, kemungkinan berkaitan dengan masa penelitian yang dilakukan oleh rover Perseverance. Kemudian mereka juga harus menunggu Planet Mars berevolusi atas Matahari hingga dalam posisi satu garis lurus dengan Bumi sehingga jarak terbang lebih dekat.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif