Ilustrasi bentuk satelit Hope milik Uni Emirat Arab.
Ilustrasi bentuk satelit Hope milik Uni Emirat Arab.

Masuk Orbit Mars, Satelit Uni Emirat Arab Mulai Misi Antariksa

Teknologi air telah ditemukan di mars antariksa poptech
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Februari 2021 10:06
Jakarta: Uni Emirat Arab berhasil menjadi negara pertama di kawasan Timur Tengah yang melakukan misi antariksa yaitu di Planet Mars. Dini hari tadi probe atau wahana antartika bernama probe berhasil masuk ke garis orbit planet tersebut.
 
Probe bernama Hope merupakan wahana antariksa berupa satelit yang akan melayang memutari Planet Mars selama satu tahun waktu planet tersebut atau setara dengan durasi dua tahun di Bumi.
 
Dikutip dari Space, proses masuknya satelit Hope milik Uni Emirat Arab berjalan mulus. Pencapaian ini mengakhiri perjalanannya selama hampir tujuh bulan dari Bumi pada bulan Juli setelah meluncur dari Tanegashima Space Center di Jepang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di bulan Juli, satelit Hope meluncur ke angkasa menggunakan roket Mitsubishi H-2A. Proyek misi antariksa ini didanai langsung oleh Uni Emirat Arab dengan mitra sejumlah universitas di Amerika Serikat tapi di bawah koordinasi Mohammed Bin Rashid Space Centre.
 
Kini satelit Hope milik Uni Emirat Arab akan bertugas untuk memantau perkembangan atmosfer Planet Mars. Misi ini akan mengungkap penyebab hilangnya air di planet tersebut dan kemungkinan atmosfer yang ada untuk mendukung kelangsungan hidup penghuninya.
 
Diketahui bahwa sejumlah pihak seperti NASA Amerika Serikat dan Tiongkok juga meluncurkan misi nirawak seperti Uni Emirat Arab ke Planet Mars dalam waktu yang berdekatan.
 
Amerika Serikat dan Tiongkok sendiri akan mendaratkan robot penjelajah atau rover ke Planet Mars untuk melakukan penelitian serupa, mencari pendukung kehidupan organisme di planet tersebut. Rencananya keduanya bakal mendarat di planet ini beberapa hari ke depan.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif