Google Earth mengunggah video timelapse di saluran YouTube resmi, menampilkan perubahan Bumi selama 37 tahun terakhir.
Google Earth mengunggah video timelapse di saluran YouTube resmi, menampilkan perubahan Bumi selama 37 tahun terakhir.

Melihat Perubahan Bumi Selama 37 Tahun di Google Earth

Teknologi antariksa teknologi
Lufthi Anggraeni • 21 April 2021 11:24
Jakarta: Pada akhir pekan lalu, Google Earth mengunggah video yang menampilkan timelapse dari perubahan yang terjadi di Bumi selama 37 tahun terakhir pada saluran resmi Google Earth di YouTube.
 
Video ini menampilkan tiga kategori perubahan, yaitu kondisi visual perkotaan, hutan, dan laut. Perubahan yang ditampilkan video Google Earth tersebut tergolong signifikan, salah satunya pada bagian visual kota.
 
Pada kategori visual kota ini, Bumi tampil semakin padat dengan semakin banyak rumah yang mengisi lahan di permukaan Bumi. Sedangkan pada kategori hutan, video ini menampilkan pengurangan lahan hutan secara signifikan dan cepat dalam kurun waktu 37 tahun sejak tahun 1984.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, video ini juga secara tidak langsung memberikan peringatan kepada masyarakat menyoal perubahan iklim. Mengutip Interesting Engineers, Direktur Earth Engine & Outreach Google Earth Rebecca Moore menjelaskan bahwa Bumi mengalami perubahan lingkungan cepat dalam setengah abad terakhir.
 
Moore juga mengungkap bahwa dirinya menjadi salah satu korban perubahan iklim, yaitu pengungsi dari proses evakuasi yang dilakukan pemerintah California, Amerika Serikat, akibat kebakaran hutan yang terjadi pada tahun 2020 lalu.
 
Gambaran lebih jelas yang dimiliki tim Google Earth, lanjut Moore, tidak hanya menunjukan masalah, namun juga solusi dan fenomena alam indah yang terungkap selama beberapa dekade terakhir.
 
Pada saluran resmi Google Earth di YouTube, setidaknya terdapat total 290 video yang terkait dengan timelapse perubahan kondisi Bumi pada daftar putar khusus. Video timelapse ini diklaim akan membantu kelompok yang terfokus pada penyelamatan Bumi dari perubahan iklim.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif