LAPAN mengumumkan rencana strategis yaitu meneliti exoplanet untuk menemukan planet layak huni.
LAPAN mengumumkan rencana strategis yaitu meneliti exoplanet untuk menemukan planet layak huni.

LAPAN Juga akan Cari Planet Layak Huni

Teknologi antariksa teknologi
Lufthi Anggraeni • 27 Oktober 2020 16:26
Jakarta: Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) akan melakukan penelitian guna mendeteksi dan melakukan karakterisasi planet di luar tata surya Bimasakti pada tahun 2021 mendatang. Penelitian ini dilaporkan telah berada dalam rencana strategis LAPAN.
 
“Dalam strategi ini, salah satunya Indonesia, akan mulai mencari kehidupan lain atau alien dan langkah awal dalam pencarian kehidupan lain di luar Bumi adalah mencari planet dengan kondisi yang dinilai layak huni," ujar Peneliti LAPAN Rhorom Priyatikanto.
 
Tidak hanya layak huni, LAPAN juga menyebut akan memulai penelitian exoplanet lain terkait fenomena transien. LAPAN menjelaskan bahwa exoplanet merupakan salah satu bentuk dari fenomena yang terjadi secara insidental tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian fenomena transien ini ditujukan untuk mendeteksi dan mengkarakterisasi exoplanet. Sebagai informasi, obyek transien adalah benda langit dengan cahaya tidak tetap, kerap muncul secara tiba-tiba namun menghilang secara perlahan.
 
Berdasarkan definisi tersebut, Nova, Supernova, semburan sinar gamma (GRB), dan suar AGN atau suar yang dilepaskan oleh inti galaksi aktif termasuk sebagai obyek transien. Sementara itu, exoplanet baru dapat terdeteksi sebagai fenomena transien saat dalam perjalanan transit atau melewati bintang induk.
 
Metode ini mencatat penurunan kecerahan cahaya dari planet sebagai indikator obyek melintasi bintang induk. Sementara itu, LAPAN optimis pihaknya mampu melakukan penelitian exoplanet karena telah didukung oleh Observatorium Nasional Timau di Nusa Tenggara Timur.
 
Indonesia menjadi salah satu negara yang mulai menegaskan ketertarikannya dalam meneliti exoplanet melalui rencana strategis tersebut. Sebelumnya, sejumlah negara lain telah terlebih dahulu menegaskan upayanya dalam menyeriusi penelitian ini.
 
Dan belum lama ini, dua peneliti menyampaikan peluang menyoal keberadaan kehidupan di exoplanet yang menjadi fokus proses identifikasi mereka. Hingga saat ini, kedua peneliti tersebut telah mengidentifikasi menemukan 1.004 deret bintang dengan peluang kehidupan tinggi.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif