LAPAN merilis foto nebula Amerika Utara yang dihasilkan oleh astronom Indonesia.
LAPAN merilis foto nebula Amerika Utara yang dihasilkan oleh astronom Indonesia.

Fenomena Langit Nebula Berhasil Diabadikan Astronom Indonesia

Teknologi antariksa teknologi
Lufthi Anggraeni • 24 September 2020 17:07
Jakarta: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) merilis foto langit dengan tampilan cantik, bertajuk Nebula Amerika Utara (NGC 7000). Foto tersebut diabadikan oleh Astronom Planetarium dan Observatorium Jakarta, Muhammad Rayhan, dan Astronom BPON Kupang, M. Dio Danarianto.
 
NGC 7000 merupakan daerah tempat kelahiran bintang baru di sekitar ekor rasi bintang bernama Rasi Cygnus, di langit utama. LAPAN juga menjelaskan bahwa nebula ini merupakan emisi yang terbentuk dari sekumpulan awan dan debu molekuler.
 
Awan dan debu molekuler tersebut terpendar akibat ionisasi di wilayah H II, dengan gas hidrogen terionisasi oleh radiasi bintang baru dengan suhu tinggi. Barisan awan ini disebut sebagai Dinding Cygnus dan merupakan konsentrasi pembentukan bintang paling rapat di wilayah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


LAPAN juga menjelaskan bahwa di atas Dinding Cygnus ini terdapat nebula berwarna gelap menutupi bintang yang menjadi tenaga seluruh pendaran nebula. Selain itu, daerah Nebula Amerika Utara yang ditampilkan foto LAPAN dipotret pada panjang gelombang H-alpha, O III, dan S II di BPON Kupang.
 
Foto ini, lanjut LAPAN, dihasilkan dari berbagai gambar hasil observasi selama 4 jam 40 menit. Tidak hanya foto nebula tersebut, LAPAN juga menghasilkan foto yang menampilkan lokasi bintang dengan usungan nama J20555125+4352246.
 
Bintang J20555125+4352246 diperkirakan sebagai sumber tenaga dari pendaran cahaya nebula tersebut, dan merupakan bintang ganda muda dengan kelas spektrum O3 dan O8 yang memiliki suhu hingga 40.000K.
 
LAPAN menjelaskan bahwa bintang ini dikelilingi oleh awan debu padat dan rapat menjadikan sinarnya terhambur sehingga tampak redup dan kemerahan.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif