Dokumentasi yang menampilkan bentuk Satelit Palapa A1. (Asean Records)
Dokumentasi yang menampilkan bentuk Satelit Palapa A1. (Asean Records)

8 Juli 1976, Indonesia Terbangkan Satelit Pertamanya

Teknologi indonesia antariksa
Cahyandaru Kuncorojati • 08 Juli 2020 15:23
Jakarta: Bukan cuma SpaceX yang punya prestasi bersejarah dalam misi antariksa, Indonesia juga punya prestasi serupa. Hari ini di tahun 1976, kita berhasil menerbangkan satelit pertama Palapa A1 dari basis NASA di Amerika Serikat.
 
Tanggal 8 Juli 1976, Indonesia menerbangkan satelit komunikasi pertamanya dari Cape Canaveral Florida, Amerika Serikat, yang merupakan lokasi bersejarah dalam setiap misi antariksa NASA.
 
Dikutip dari laman situs Space Legal Issues, Indonesia saat itu menjadi negara keempat di dunia yang memiliki satelit komunikasi domestik di antarika. Tiga negara lainnya adalah Uni Soviet (Rusia), Kanada, dan Amerika serikat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat itu Indonesia belum merakit sendiri satelitnya. Satelit Palapa A1 dirakit oleh Boeing Sattelite System. Kontruksi satelit ini punya panjang sekitar tiga meter 40cm dan ukuran diameter sekitar dua meter.
 
8 Juli 1976, Indonesia Terbangkan Satelit Pertamanya
 
Pemilihan nama Palapa diputuskan karena terinspirasi oleh sumpah Patih Gajah Mada dari Majapahit yang ingin mempersatukan nusantara. Palapa A1 menjadi satelit komunikasi yang digunakan mendukung jaringan telepon, telegram, dan televisi di Indonesia.
 
Indonesia diklaim berinvestasi senilai USD180 juta di tahun itu untuk proses pembuatan satelit. Boeing menciptakan Palapa A1 sebagai satelit dengan 12 transponder yang setara dengan kemampuan menyiarkan 12 slauran televisi berwarna.
 
Satelit Palapa A1 saat itu dirancang untuk bisa berfungsi hingga tujuh tahun. Boeing sendiri dipercaya untuk menyediakan stasiun sistem komunikasi di Bumi untuk Indonesia. Selain Boeing ada dua perusahaan Amerika lain yang juga menerima kontrak untuk proyek ini.
 
Pereumtel menjadi perusahaan telekomunikasi Indonesia yang mengoperasikan satelit Palapa A1. Mereka mulai menyediakan layanan pada tanggal 17 Agustus 1976 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-31.
 
Saat itu satelit Palapa A1 sudah bisa menyediakan cakupan jaringan komunikasi di seluruh Indonesia hingga negara tetangga di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif