Model rover yang dikirimkan ke Mars. (Photo by WANG ZHAO / AFP)
Model rover yang dikirimkan ke Mars. (Photo by WANG ZHAO / AFP)

Tiongkok Bakal Kirimkan Rover ke Mars Pada 2020

Teknologi antariksa poptech
Ellavie Ichlasa Amalia • 10 Juli 2019 14:01
Jakarta:Tiongkok mengumumkan bahwa mereka telah selesai membangun rover untuk menjelah Mars pertama mereka. Rover itu rencananya akan diluncurkan ke Mars pada 2020.
 
Tujuan utama dari rover tersebut adalah untuk mencari tanda-tanda kehidupan. Namun, rover itu juga akan digunakan untuk menjelajah Planet Merah, menentukan apakah Mars bisa ditransformasi sehingga ia bisa ditinggali oleh manusa, lapor RT.
 
Selama di Mars, rover ini akan mengambil informasi tentang atmosfer, topografi, geologis, dan magnetik di Mars. Ini merupakan bagian dari studi untuk menentukan apakah Mars akan bisa dijelajah kembali di masa depan serta kemungkinan kolonisasi planet tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Waktu peluncuran rover ini akan bersamaan dengan waktu ketika Mars berada pada jarak paling dekat dengan Bumi, yang terjadi setiap 26 bulan dan berlangsung selama satu bulan.
 
Mengingat ada jeda 10 menit dalam komunikasi antara Bumi dan Mars, rover ini harus membuat keputusan sendiri dalam mendaratkan diri ke Mars. Sejauh ini, dari 45 misi yang diadakan ke Mars, hanya 19 misi yang sukses. Sebagian besar misi itu hanyalah terbang mendekati Planet Merah tersebut.
 
Masalah lain yang harus dihadapi oleh peneliti Tiongkok adalah memastikan bahwa rover ini cukup tangguh untuk melewati badai debu di Mars, yang memiliki kekuatan layaknya taifun berkekuatan 12 di Bumi.
 
Sun Zezhou, Chief Designer dari Chang'e-4 mengatakan bahwa proses pengembangan rover Mars ini dipenuh dengan masalah. Namun, dia percaya, tekanan justru bisa mendorong kemajuan teknologi.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif