Empat astronaut yang akan terbang ke ISS dalam misi NASA SpaceX Crew-2 di tahun 2021 terdiri dari astronaut NASA, JAXA, dan ESA. (NASA)
Empat astronaut yang akan terbang ke ISS dalam misi NASA SpaceX Crew-2 di tahun 2021 terdiri dari astronaut NASA, JAXA, dan ESA. (NASA)

NASA Umumkan Misi Menuju ISS Bersama SpaceX di 2021

Teknologi antariksa teknologi nasa SpaceX
Cahyandaru Kuncorojati • 29 Juli 2020 13:39
Jakarta: NASA bakal kembali berduet dengan SpaceX milik Elon Musk dalam penerbangan berawak menuju stasiun luar angkasa internasional atau International Space station (ISS). Kali ini mereka mengumumkan misi ketiganya bernama SpaceX Crew-2.
 
Berbeda dari misi uji coba SpaceX Demo-2 yang menerbangkan dua astronaut yang menuju ISS untuk tes keselamatan pesawat Crew Dragon buatan SpaceX. Misi SpaceX Crew-2 akan menjadi misi penerbangan komersial kedua yang bakal dilaksanakan pada tahun 2021.
 
Dikutip dari situs resmi NASA, mereka sudah mengumumkan empat astronaut yang akan terbang dalam misi SpaceX Crew-2. Misi penerbangan komersial adalah bentuk kerja sama NASA dan perusahaan swasta seperti SpaceX.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BACA: SpaceX Siap Terbangkan kembali Astronaut NASA ke ISS
 
Misi SpaceX Crew-1 sendiri akan dilaksanakan pada akhir bulan September ini yang akan bergantung kepada kesuksesan pendaratan pesawat SpaceX Demo-2 di Bumi pada 2 Agustus 2020. Apabila pendaratan sukses artinya teknologi pesawat Crew Dragon buatan SpaceX sudah layak untuk digunakan.
 
Sama seperti misi SpaceX Crew-1, NASA menyiapkan empat astronaut untuk terbang di misi SpaceX Crew-2 yang dijadwalkan pada musim semi tahun 2021 yaitu di rentang bulan September. Kali ini empat astronaut tersebut terdiri dari dua astronaut NASA, satu astronaut Jepang JAXA, dan satu lagi dari Uni Eropa ESA.
 
Keempatnya adalah Megan McArthur and Shane Kimbrough dari NASA, Akihiko Hoshide JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency), dan Thomas Pesquet ESA (European Space Agency). Berbeda dari misi SpaceX Crew-1 di bulan September nanti yang terdiri dari tiga astronaut NASA dan satu orang dari JAXA.
 
BACA: Astonaut NASA Crew Dragon Pulang ke Bumi Bulan Depan
 
Kedua misi ini juga akan disusul oleh tiga astronaut lain yang terbang menggunakan pesawat Soyuz buatan Roscosmos Rusia dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan. Jadi total akan ada tujuh astronaut yang bertugas di ISS.
 
Semuanya akan melakukan misi full-time di ISS dengan durasi selama enam bulan. SpaceX dipastikan akan sangat diuntungkan dari misi penerbangan komersial ini mengingat kompetitornya yaitu Boeing baru akan melakukan uji coba dengan NASA di awal tahun depan.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif