Super Blood Moon. (NASA)
Super Blood Moon. (NASA)

Hanya 195 Tahun Sekali, Saksikan Gerhana Bulan Total Malam Ini

Teknologi antariksa poptech
Cahyandaru Kuncorojati • 26 Mei 2021 09:49
Jakarta: Indonesia masuk dalam belahan Bumi yang bisa menyaksikan fenomena alam langka yaitu Gerhana Bulan Total yang dikenal sebagai Super Blood Moon. Di momen yang bertepatan dengan perayaan Hari Raya Waisak tahun Gerhana Bulan akan terlihat dengan warna merah darah.
 
Fenomena alam Gerhana Bulan Total Super Blood Moon termasuk langka karena hanya terjadi setiap 195 tahun sekali. Di fenomenanya ini Bulan berada pada titik atau jarak terdekat dengan Bumi atau disebut sebagai posisi Perigee yaitu sekitar 357.316 kilometer, dikutip dari halaman Edukasi Sains Antariksa Lapan.
 
Kondisi ini membuat Bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang dibandingkan saat dia berada di titik atau jarak terjauh dari Bumi atau Apogee.Durasi fenomena alam ini disebut berlangsung singkat yaitu sekitar 14 menit 30 detik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di kondisi ini posisi Bulan dan Matahari terhalang oleh Bumi yang berada di antara keduanya. Saat Bulan berada di balik bayangan Bumi (umbra) sebetulnya cahaya Matahari masih bisa sampai ke Bulan lewat pantulan dari atmosfer Bumi. Hal tersebut yang menyebabkan Bulan menjadi terlihat berwarna merah. 
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam informasi yang dibagikan mengklaim bahwa Indonesia bisa melihat fenomena Gerhana Bulan Total Super Blood Moon menggunakan mata sendiri alias tanpa alat bantuan. Di Indonesia, Gerhana Bulan Total Super Blood Moon akan terjadi pada sekitar pukul 18.18 WIB.
 
Tidak cuma Indonesia dan negara di Asia Tenggara yang bisa menyaksikan fenomena alam ini. Negara di kawasan Asia Timur, Australia, Selandia Baru, Oseania, dan sebagian di benua Amerika kecuali Kanada bagian timur bisa menyaksikan Gerhana Bulan Total Super Blood Moon.
 
BMKG juga menyiapkan situs khusus untuk setiap orang menyaksikan Gerhana Bulan Total Super Blood Moon secara live streaming lewat pantauan mereka. Di situs tersebut tersedia tautan untuk menyaksikan fenomena alam langka tersebut dari pantauan di berbagai lokasi di seluruh Indonesia.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif