Momen dua astronaut melakukan spacewalk di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional. (NASA)
Momen dua astronaut melakukan spacewalk di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional. (NASA)

Dua Astronaut Stasiun Luar Angkasa Internasional Melayang Selama 7 Jam

Teknologi antariksa poptech
Cahyandaru Kuncorojati • 21 Juni 2021 19:13
Jakarta: NASA lewat situs resminya mengumumkan keberhasilan dua astronaut yang bertugas di Stasiun Lua Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS). Astronaut bernama Shane Kimbrough dan Thomas Pesquet melayang di angkasa selama tujuh jam.
 
Kimbrough yang merupakan astronaut NASA (Amerika Serikat) dan Pesquet dari ESA (Uni Eropa) melayang di bagian luar badan ISS. Mereka melakukan aksi melayang yang disebut sebagai spacewalk untuk memasang komponen baru dari wahana ISS.
 
Keduanya bertugas memasang solar array atau kumpulan panel solar yang digunakan sebagai alat menangkap cahaya matahari untuk dikonversi menjadi tenaga listrik. Komponen dengan teknologi khusus tersebut diberi nama iROSA yang dijelaskan bisa bertahan hingga usia 15 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


iROSA dijelaskan NASA di situs resminyaa bisa menyediakan pasokan tenaga listrilk hingga 160 kilowat dari satu putaran orbit pada siang hari. NASA sendiri akana memasang enam solar array yang baru dari total delapan unit yang sudah ada sejak lama. Hal ini dilakukan untuk mendukung beragam eksperimen baru di dalam ISS.
 
Durasi spacewalk yang cukup lama saat proses pemasangan karena astronaut harus terlebih dulu menyiapkan konkesi kabel dan pemasangan komponen serta memastikan solar array iROSA berfungsi sebelum kembali ke dalam ISS.
 
Momen spacewalk ini cukup menarik karena sang astronaut melayang di angkasa dengan hanya mengandalkan tali pengamana yang mengikat mereka dengan badan ISS. Kegiatan ini juga dilakukan saat melakukan perawatan ISS.
 
Momen spacewalk juga dinilai mengagumkan karena di sini Bumi bisa terlihat jelas dari kamera yang melekat di pelindung kepala pakaian astronaut serta kamera di bagian luar badan ISS.
 

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif