Miniatur rover Zhurong (SCMP)
Miniatur rover Zhurong (SCMP)

Robot Penjelajah Mars Tiongkok Zhurong Tiba, Siap Jalankan Misi

Teknologi air telah ditemukan di mars antariksa Tiongkok poptech
Cahyandaru Kuncorojati • 16 Mei 2021 16:34
Jakarta: Penjelajahan antariksa Tiongkok siap mencapai babak baru terutama untuk misi di Planet Mars. Wahana antariksa Tianwen-1 jenis lander dilaporkan berhasil mendarat di planet tersebut dengan selamat. Diketahui bahwa wahana ini membawa rover atau robot penjelajah bernama Zhurong.
 
Hal ini menandakan bahwa Tiongkok siap menjelajahi Planet Mars seperti Amerika Serikat dengan menggunakan Perseverance NASA namun dipastikan keduanya tidak akan bertemu meskipun berada di satu planet yang sama.
 
Dikutip dari Space.com bahwa lander Tianwen-1 berhasil mendarat kemarin setelah terbang memutari Planet Mars selama lebih dari tiga bulan. Proses peluncuran lander berpisah dari orbiter diklaim berlangsung mulus. Di sini lander juga mengalami momen yang dikenal sebagai “Teror Tujuh Menit”.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadi lander melaju dengan kencang menembus atmosfer Planet Mars dan berusaha menurunkan kecepatan dalam hitungan detik agar bisa mendarat dengan mulus. Lander juga mengandalkan sebuah mesin roket untuk membuat kecepatan laju semakin pelan mendekati daratan Planet Mars.
 
Zhurong dikabarkan akan keluar dari lander menggunakan ramp lipat kemudian melakukan misi selama 90 hari waktu Mars atau sekitar 93 hari waktu Bumi. Zhurong akan melakukan penelitian terkait komposisi material Mars dan mencari tanda material air dalam bentuk es.
 
Zhurong mendarat di lokasi bernama utopia Plantia yang diyakini sebagai kawasan penuh es di balik permukaannya. Lokasi ini bukan kali pertama dijelajahi karena di tahun 1976 NASA sudah lebih dulu melakukan pendaratan rover bernama Viking 2.
 
Meskipun begitu orbital Tianwen-1 yang saat ini masih memutari Planet Mars akan tetap berfungsi. Wahana ini akan menjadi perantara komunikasi antara Zhurong dan Bumi. Orbiter ini dirancang untuk bisa berfungsi selama satu tahun waktu Mars atau sekitar 687 hari waktu Bumi.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif