Ilustrasi pesawat Chang'e-4. (China National Space Administration/EPA)
Ilustrasi pesawat Chang'e-4. (China National Space Administration/EPA)

Tiongkok Sukses Daratkan Pesawat di Sisi Jauh Bulan

Teknologi antariksa poptech
Ellavie Ichlasa Amalia • 04 Januari 2019 12:27
Jakarta:Tiongkok mengatakan mereka telah berhasil mendaratkan pesawat robot di sisi jauh bulan. Ini adalah kali pertama sukses dilakukan.
 
Pada pukul 10.26 waktu Beijing, pesawat Chang'e-4 yang tidak memiliki kru, mendarat di Basin Kutub Selatan Aitken, ungkap media Tiongkok. Pesawat itu membawa berbagai peralatan untuk menganalisis geologi dari kawasan Bulan yang belum terjelajah serta melakukan eksperimen biologi.
 
Pendaratan ini dianggap sebagai pencapaian besar dalam sejarah penjelajahan luar angkasa, menurut laporan BBC.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam beberapa tahun ini, ada beberapa misi ke Bulan yang diluncurkan. Namun, kebanyakan misi itu adalah penerbangan ke orbit atau sekadar melewati Bulan. Terakhir kali misi berkru ke Bulan dilakukan adalah menggunakan Apollo 17 pada 1972.
 
Chang'e-4 telah mengirimkan gambar pertama dari permukaan Bulan, yang dibagikan oleh media nasional Tiongkok. Dengan tidak ada hubungan komunikasi langsung, semua gambar dan data yang dikumpulkan Chang'e-4 dikirimkan ke satelit yang berbeda sebelum dikirimkan ke Bumi.
 
Misi ini dianggap sebagai pencapaian karena selama ini, pendaratan ke Bulan biasanya hanya dilakukan di permukaan yang menghadap Bumi. Ini adalah pertama kalinya sebuah pesawat mendarat di kawasan Bulan yang belum pernah dijelajahi.
 
Selama ini, ada beberapa pesawat yang mencoba untuk mendarat di sisi jauh Bulan, tapi mereka justru menabrak permukaan karena kegagalan sistem atau menabrak setelah misi selesai.
 
Ye Quanzhi, ahli astronomi di Caltech mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya Tiongkok melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan negara-negara lain.
 
Chang'e-4 diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Tiongkok pada 7 Desember. Pesawat itu sampai di orbit Bulan pada 12 Desember. Ia kemudian perlahan mencoba mendarat di permukaan Bulan, dengan hati-hati mengidentifikasi dan menghindari halangan yang ada.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif