Ilustrasi.
Ilustrasi.

SpaceX Temukan Penyebab Meledaknya Crew Dragon

Teknologi antariksa poptech
Ellavie Ichlasa Amalia • 17 Juli 2019 18:28
Jakarta:SpaceX berkata, mereka telah mengetahui apa yang menyebabkan pesawat yang tengah diuji pada April meledak.
 
Bahan bakar pesawat bocor melalui sebuah katup, memulai reaksi berantai yang menyebabkan roket terbakar.
 
Setelah penyebabnya diketahui, SpaceX berkata bahwa mereka akan menggantikan komponen tersebut di masa depan untuk memastikan bahwa kebocoran yang bisa menyebabkan ledakan ini tak lagi terjadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pesawat yang meledak adalah versi pengujian dari Crew Dragon, kapsul yang dikembangkan untuk membawa astronaut NASA dari dan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kapsul ini merupakan Crew Dragon pertama yang pernah SpaceX luncurkan ke luar angkasa.
 
Pada Maret kapsul itu berhasil mendarat di ISS tanpa awak. Setelah itu, ia kembali ke Bumi tanpa ada masalah. Namun, dalam pengujian rutin pada April, kapsul itu meledak dan terbakar, menurut laporan The Verge.
 
SpaceX dengan segera membuat tim investigasi untuk menentukan apa yang menyebabkan kejadian itu. Sejak saat itu, mereka juga telah bekerja sama dengan NASA.
 
Namun, sampai enam minggu lalu, SpaceX masih belum mengetahui apa yang menyebabkan ledakan tersebut. Dengan ditemukannya kebocoran ini, SpaceX berkata bahwa penyelidikan mereka telah 80 persen selesai.
 
"Sulit untuk dikatakan... berapa lama waktu yang kita perlukan untuk menyelesaikan ini," Kata Hans Koenigsman, Vice President of Build and Flight Realibility di SpaceX.
 
"Tapi, Anda ingin memastikan bahwa kapsul ini -- semua bagiannya -- Anda ingin memastikan bahwa kita telah mengambil langkah yang tepat."
 
SpaceX percaya, masalah ini muncul pada sistem pembatalan darurat dari Crew Dragon. Sistem itu terdiri dari beberapa thruster kecil yang tertanam pada kapsul.
 
Jika tidak ada masalah, thruster ini seharusnya tidak pernah digunakan. Namun, jika ada masalah dalam peluncuran, thruster itu bisa menyala dan membawa Crew Dragon aman dari roket yang mengalami masalah.
 
SpaceX berkata, katup yang bocor ini menyebabkan bahan bakar yang diperlukan untuk thruster tersebut masuk ke sistem lain, yang memiliki tekanan tinggi. Ketika hal ini terjadi, cairan bahan bakar terbanting dengan daya tinggi, menyebabkan kegagalan pada komponen penting dan berakhir pada meledaknya kapsul itu.
 
Koenigsman mengaku bahwa mereka tidak mempertimbangkan kebocoran ini akan terjadi. Meskipun katup yang bocor memang diketahui telah memiliki masalah kebocoran. Pada akhirnya, dia mengaku bahwa memang ada masalah pada desain.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif