Google Doodle hari ini.
Google Doodle hari ini.

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Sir William Henry Perkins, Siapa Dia?

Teknologi internet google
Ellavie Ichlasa Amalia • 12 Maret 2018 10:04
Jakarta:Google merayakan ulang tahun Sir William Henry Perkins yang ke-180 dengan Doodle hari ini. Perkins adalah seorang ahli kimia asal Inggris yang secara tidak sengaja menemukan cara untuk membuat cat sintetis.
 
Ketika dia masih berumur 18 tahun, Perkins bekerja sebagai asisten di laboratorium. Saat dia membersihkan kotoran pada gelas kimia setelah eksperimen yang gagal, dia sadar bahwa bahan tersebut meninggalkan warna ungu terang ketika dicampur dengan alkohol.
 
Menurut penjelasan Google di halaman Doodle miliknya, Perkins kemudian fokus untuk mempatenkan, membuat dan menjual cat berwarna ungu itu, yang dia namai "mauveine".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menariknya, waktu Perkins untuk menemukan cat berwarna ungu sangat tepat, mengingat ketika itu, baju berwarna ungu memang banyak dicari.
 
Sayangnya, baju berwarna ungu tidak hanya berharga mahal, tapi warnanya cepat pudar. Berkat mauveine buatan Perkin yang murah dan tahan lama, baju berwarna ungu menjadi mudah untuk ditemukan.
 
Hal itu membuat masyarakat semakin tergila-gila dengan fesyen berwarna ungu. Dalam Doodle hari ini yang dibuat oleh ilustrator asal Inggris, Sonny Ross, ditunjukkan bahwa Ratu Victoria juga menggunakan gaun berwarna ungu pada Royal Exhibition pada 1982.
 
Setelah sukses mengomersilkan cat mauveine yang dia temukan, Perkins kemudian kembali untuk melakukan riset di laboratorium. Dia mendapatkan gelar Sir pada 1906, 50 tahun setelah dia menemukan cat berwarna ungu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif