Foto RA Kartini yang disimpan Arsip Nasional Republik Indonesia.
Foto RA Kartini yang disimpan Arsip Nasional Republik Indonesia.

Peringatan Hari Kartini Bergema di Internet

Teknologi media sosial Hari Kartini twitter google
Cahyandaru Kuncorojati • 21 April 2022 10:36
Jakarta: 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini yang juga merupakan hari lahir dari perempuan bernama lengkap Raden Adjeng Kartini di tahun 1879 yang kemudian dikenal sebagai peloppor kebangkitan perempuan pribumi nusantara.
 
Putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yang merupakan anak dari Pangeran Ario Tjondronegoro IV tersebut menerima menerima gelar sebagai pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964 oleh Presiden Soekarno.
 
Di era modern digital saat ini sosoknya tetap dikenang dan setiap tahun kerap menggema di jagat internet. Pada hari ini momen yang sama juga bisa ditemukan di media sosial, misalnya di Twitter, pagi ini keyword Selamat Hari Kartini ramai digunakan.
 
 
 
Tidak hanya itu, keyword ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ juga menyusul kepopuleran di Trending Topic sebanyak 4.595 cuitan. Di sini bisa ditemukan ucapan dari netizen untuk memperingati Hari Kartini.
 
Halaman situs Google Trends juga menampilkan informasi bahwa keyword Hari Kartini muncul dalam lebih dari 500 ribu pencarian sejak kemarin. Sayangnya hari ini, 21 April 2022, Google Doodle bertemakan ‘Hari Kartini’ tidak terlihat seperti peringatan di tahun sebelumnya.
 
‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ merupakan judul dari buku berisi kumpulan tulisan atau surat Kartini tersebut disusun oleh JH Abendanon yang saat itu merupakan teman Kartini dan saat itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda.
 
RA Kartini yang berasal daari keluarga bangsawan saat itu mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan formal. Dia pernah bersekolah di Europese Lagere School hingga usia 12 tahun dan menguasai Bahasa Belanda.
 
Sayangnya keyword dan tagar terkait peringatan Hari Kartini di Twitter tidak bertahan lama karena kalah populer dari kata kunci dan tagar lain di Trending Topic. Penggunaan keyword 'Hari Kartini' dan 'Habis Gelap Terbitlah Terang' juga beberapa kali melekat pada cuitan yang konteksnya tidak sesuai.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif