Facebook mengumumkan cara baru bagi kreator untuk menghasilkan uang via Facebook Reels.
Facebook mengumumkan cara baru bagi kreator untuk menghasilkan uang via Facebook Reels.

Facebook Reels Kini Bisa Jadi Sumber Uang untuk Kreator

Lufthi Anggraeni • 23 Februari 2022 15:03
Jakarta: Facebook mengumumkan perluasan jangkauan Facebook Reels untuk perangkat iOS dan Android ke lebih dari 150 negara di seluruh dunia. Facebook juga memperkenalkan cara lebih baik untuk membantu kreator menghasilkan uang, alat kreasi baru dan lainnya.
 
Facebook menyebut bahwa format konten video saat ini mendominasi sebagian besar waktu yang dihabiskan masyarakat di Facebook dan Instagram. Karenanya, Reels disebut sebagai format konten dengan perkembangan tercepat dalam perjalanan Facebook.
 
Jejaring sosial ini mengaku berfokus untuk menjadikan Reels sebagai cara terbaik bagi kreator untuk lebih mudah ditemukan, terhubung dengan audiens, dan menghasilkan uang. Facebook juga mengungkap ingin membuat Reels lebih menyenangkan dan mudah bagi orang untuk menemukan dan berbagi konten relevan dan menghibur.

Facebook mengumumkan telah menciptakan berbagai peluang bagi kreator untuk mendapatkan penghasilan melalui konten di Reels mereka. Peluang tersebut salah satunya melalui program bonus Reels Play.
 
Program ini merupakan bagian dari investasi Facebook untuk kreator senilai USD1 miliar (Rp14,3 triliun), ditujukan untuk membantu kreator konten dengan jumlah hingga USD35.000 (Rp502,1 juta) berdasarkan jumlah views Reels mereka.
 
Dalam beberapa bulan mendatang, Facebook menyebut memperluas program ini ke lebih banyak negara. Facebook juga membangun opsi monetisasi langsung untuk Facebook Reels melalui bagi hasil iklan dan dukungan penggemar.
 
Selain itu, Facebook juga memperluas pengujian Facebook Reels Overlay ke semua kreator di wilayah Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, dan ke lebih banyak negara dalam beberapa pekan mendatang.
 
Opsi monetisasi ini dimulai Facebook dengan dua format yaitu iklan spanduk atau banner yang muncul sebagai format semi-transparan di bagian bawah Reel Facebook, dan iklan stiker, yaitu iklan gambar statis yang dapat ditempatkan kreator di mana saja di dalam reel mereka.
 
Iklan stiker, jelas Facebook, memungkinkan kreator memperoleh sebagian dari pendapatan iklan. Opsi monetisasi lainnya yaitu Stars di Facebook Reels, yang mulai diuji dalam beberapa pekan mendatang.
 
Opsi Stars di Facebook Reels ini memungkinkan pengguna platform jejaring sosialnya untuk membeli dan mengirim Stars sambil menonton Reels guna mendukung kreator. Facebook menyebut bahwa iklan overlay dan Stars dirancang agar semakin banyak orang dapat melihat dan berinteraksi dengan Reels di Facebook, sehingga pemasukan kreator dapat meningkat.
 
Facebook juga meluncurkan fitur kendali kesesuaian merek atau brand suitability controls, termasuk Publisher Lists, Blocklists, Inventory Filters, dan Delivery Reports untuk Iklan Spanduk (Banner) dan Stiker di Facebook Reels di setiap wilayah ketersediaan fitur tersebut.
 
Fitur ini diklaim Facebook akan memberikan kendali lebih bagi pengiklan agar iklan tidak muncul di tempat yang kurang sesuai dengan merek atau produk mereka. Facebook juga telah menguji iklan full-screen dan imersif diantara Facebook Reels sejak Oktober tahun lalu, dan akan meluncurkannya ke lebih banyak wilayah di seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan