Fitur pencarian cerdas ini didukung oleh Vertex AI Google Cloud, memungkinkan sistem untuk memahami secara mendalam perilaku dan preferensi unik setiap pelanggan. Dengan kapabilitas ini, pencarian layanan mulai dari paket data, fitur gaya hidup, hingga program loyalitas seperti IMPoin dan Bons Tri akan disesuaikan secara dinamis, memastikan setiap pengguna mendapatkan rekomendasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.
Bilal Kazmi, Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyoroti pentingnya kolaborasi ini. "Dengan dukungan Google Cloud, kami menghadirkan sistem pencarian yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memberikan nilai tambah nyata, baik dari sisi kenyamanan pengguna maupun peningkatan nilai bisnis," ujar Bilal.
Ia menambahkan bahwa inisiatif ini merupakan langkah strategis Indosat untuk menghadirkan pengalaman digital yang lebih pintar, personal, dan relevan, sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memanfaatkan teknologi demi mempermudah hidup dan memberdayakan Indonesia di era digital.
Senada dengan Bilal Kazmi, Fanly Tanto, Country Director, Indonesia, Google Cloud, menjelaskan peran Vertex AI Search dalam inovasi ini. "Sebagai pelopor dalam program Indonesia BerAI dari Google Cloud, Indosat berada di garis depan dalam menghadirkan inovasi berbasis AI," kata Fanly.
Ia menegaskan bahwa Vertex AI Search dirancang untuk memahami pertanyaan dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris, termasuk makna semantik di balik pertanyaan dan variasi ejaannya. Hal ini krusial dalam memberikan rekomendasi layanan digital yang lebih relevan untuk jutaan pengguna myIM3 dan bima+.
Menariknya, teknologi Semantic Search ini juga diperkuat oleh Sahabat-AI, sebuah model bahasa besar (LLM) open source berbahasa Indonesia. Sahabat-AI dirancang khusus untuk memahami konteks lokal, termasuk dukungan terhadap berbagai bahasa daerah dan dialek, menjadikan interaksi pelanggan lebih dekat, relevan, dan bermakna, tidak hanya di kota besar tetapi hingga pelosok Indonesia.
Pentingnya personalisasi dalam dunia digital saat ini tidak bisa diremehkan. Riset McKinsey dalam "Next to Personalization" menunjukkan bahwa 71% konsumen menginginkan interaksi yang personal dari sebuah merek. Dengan teknologi Semantic Search berbasis AI ini, Indosat tidak hanya menjawab ekspektasi pasar yang terus berkembang tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.
Sebagai bagian dari peluncuran ini, Indosat juga meluncurkan kampanye interaktif "30 Hari Mencari Harta Karun" yang berlangsung dari 21 Agustus hingga 19 September 2025.
Melalui gamifikasi pencarian berbasis AI, pelanggan diajak mencari kata kunci atau kueri penelusuran di akun Instagram resmi IM3 dan Tri, kemudian mengaksesnya di kolom pencarian aplikasi myIM3 atau bima+. Pengguna paling aktif berkesempatan memenangkan berbagai hadiah e-voucher dengan total hingga Rp5,5 juta.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id