Perusahaan telekomunikasi itu memperluas jangkauan layanan internet cepatnya ke Sumatera dan Jawa Tengah seiring dengan semakin banyaknya pengguna yang memanfaatkan layanan data. Untuk kawasan Sumatera, XL akan fokus di Bandar Lampung.
"Secara nasional, tren akses ke layanan data digital oleh pelanggan kami memang terus meningkat di hampir semua wilayah layanan XL Axiata, termasuk di area pinggiran kota. Yang menarik, trafik layanan Data paling dominan adalah akses ke video, sekitar 40 persen," ujar Chief Service Management Officer, XL Axiata, Yessie D. Yosetya.
XL memutuskan untuk menyediakan layanan 4G di kota-kota yang tidak hanya siap secara ekosistem, tapi juga memiliki poteni bisnis. Prioritas utama XL adalah ibukota provinsi. Kemudian, mereka juga akan membangun jaringan di kota dan ibukota tingkat kabupaten.
Menurut pantauan XL, 88 persen pelanggan di Lampung dan sekitarnya telah menggunakan layanan data, sementara di Padang, terdapat 70 persen pelanggan menggunakan layanan data, dan di Purwokerto 70 persen. Peningkatan trafik data di Lampung juga cukup tinggi, yaitu 109 persen. Sementara di Padang terdapat peningkatan sebesar 28 persen.
Untuk menjangkau 13 kota/kabupaten di Lampung, XL menyediakan 200 BTS 4G, sementara untuk 18 kota/kabupaten di Sumatera Barat, mereka menyediakan 240 BTS 4G. Hingga akhir tahun ini, XL berencana untuk memperluas jangkauan layanan 4G mereka hingga lebih dari 20 kota di Sumatera.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News