Instagram dan Facebook dituduh menghapus konten terkait serangan di Palestina yang diunggah di platformnya.
Instagram dan Facebook dituduh menghapus konten terkait serangan di Palestina yang diunggah di platformnya.

Instagram-Facebook Hapus Konten Serangan di Palestina?

Teknologi teknologi facebook instagram
Lufthi Anggraeni • 12 Mei 2021 10:07
Jakarta: Jejaring sosial Facebook dan Instagram dituduh melakukan penghapusan sebagai bagian dari upaya penyensoran pada konten serangan Israel di Kompleks Masjid Al Aqsa dan jalur Gaza, serta ancaman pengusiran pada penduduk Sheikh Jarrah yang terjadi di Palestina.
 
Sejumlah warga Palestina yang merekam serangan dan mengunggah video tersebut ke media sosial dilaporkan Al Jazeera mendapati bahwa konten mereka mengalami penyensoran, pembatasan atau pemblokiran.
 
Seperti yang dikutip Al Jazeera, Anggota Kebijakan Lembaga Pemikir Al Shabaka Marwa Fatafta menyebut bahwa upaya tersebut bukanlah pertama kalinya dan merupakan lanjutan dari sensor sistematis dan diskriminasi lebih luas yang menargetkan, terutama pada pengguna terpinggirkan dan tertindas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fatafta juga menuduh bahwa tindakan pembungkaman suara Palestina saat berjuang untuk kelangsungan hidup mereka kerap dilakukan perusahaan media sosial atas perintah rezim pelaku penindasan.
 
Selain itu, Fatafta mendesak Facebook sebagai perusahaan induk Instagram untuk menghentikan penyensoran yang dilakukannya terhadap konten serangan israel, serta menjelaskan kepada publik alasan penghapusan konten tersebut.
 
Salah satu warga Palestina yang juga merupakan penulis dari Yerusalem, Mohammed el-Kurd, mengaku mengalami tindakan penyensoran yang dilakukan Instagram tersebut. el-Kurd mengaku mendapatkan peringatan saat mengunggah video dan Instagram Story soal kekerasan di Sheik Jarrah, bahwa kontennya berpotensi untuk dihapus.
 
Sementara itu melalui media sosial Twitter, Instagram menjelaskan kesalahan teknis sebagai penyebab sebagian pengguna tidak dapat mengunggah konten mereka di platform tersebut. Selain itu, Instagram turut mengklaim bahwa kesalahan teknis ini juga terjadi secara global.
 
Serangan Israel terhadap Palestina beberapa hari terakhir ini juga menjadi perbincangan pengguna media sosial termasuk Twitter, yang menyuarakan pendapat mereka dengan sematan tagar SaveSheikhJarrah hingga SavePalestine.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif